DAPUR GAYA & INOVATIF | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - Ruang bawah tangga amat ideal dijadikan gudang. Gudang tersebut tentu bisa dibuatkan pintu atau dibangun lemari dengan penampilan yang cantik hingga siapa pun yang melihat, tidak menyadari di dalam lemari tersebut hanyalah gudang. Nah, ada lagi cara unik menyamarkannya yakni dengan membangun dapur di depannya.


Tak ada yang menyangka bahwa di balik dapur dapur bersih berukuran mungil (3 x 3 meter persegi) ini, tersembunyi sebuah kamar mini yang berfungsi sebagai gudang. Karena begitu pandainya si pemilik rumah dalam memanfaatkan pintu penghubung antara dapur dan ruang gudang yang sebetulnya juga merupakan pemanfaatan ruang di bawah tangga. Bukan hanya itu kepiawaian pasangan arsitek pemilik rumah ini dalam menciptakan kenyamanan dapurnya. Banyak trik-trik khusus yang membuat dapur ini fungsional sekaligus enak dilihat. Gambar berikut memperlihatkan trik-trik tersebut.


 
 Gambar 1.


Penampakan dapur dari depan. Rak di samping kanan oven sebetulnya merupakan pintu penghubung antara dapur dan dan gudang. Tetapi karena bentuknya sebagai rak bumbu, tak bisa kita duga bahwa di baliknya tersembunyi sebuah gudang. Perhatikan juga kanopi dari kayu yang tergantung di atas dinding. Kanopi ini pun punya fungsi khusus yakni menyembunyikan AC dari pendangan mata.


 
Gambar 2.


Bila pintu rak dibuka, terlihatlah gudang yang letaknya di bawah tangga itu. Di dalamnya tersimpan perangkat makan dan beberapa perabot lain yang mendukung keperluan dapur. Dengan begitu, kita tidak perlu pergi jauh-jauh bila memerlukan perabot tertentu. Praktis sekali.


 
Gambar 3.


Dalam gambar 1 terlihat, ada sebuah lemari yang dibangun tinggi, yang memisahkan dapur dengan ruang di depannya (ruang makan). Pantry ini sengaja dibangun tinggi agar di balik ketinggian itu nyonya rumah bisa menyimpan segala pernak-pernik dapur tanpa harus kelihatan dari depan.


Gambar 4.
 
Salah satu cara menyiasati ruang yang terbatas adalah "menanam" segala perangkat dapur dalam dinding. Selain efisiensi ruang, sesungguhnya cara ini juga membuat dapur kelihatan indah karena perabot seperti dispenser, microwave, dan oven terbungkus rapi dalam lemari.

Nah, dengan dapur cantik seperti ini, tak seorang pun nyonya rumah merasa lelah bekerja di dalamnya. Anda pun bisa membuat dapur seindah ini. Yang penting, hanya mengefisiensikan ruang secermat mungkin hingga yang kecil pun jadi indah.(MB-3)


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar