Anak Tunggal Sulit Bergaul? | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - PSIKOLOGI - Anak tunggal sering diidentikkan dengan sifat-sifat negatif seperti manja, egois, dan suka menuntut. Karena terbiasa menjadi pusat perhatian, mereka juga cenderung lebih sulit bekerjasama dan bersosialisasi dengan orang lain. Benarkah demikian?

Jangan khawatir, meski tidak memiliki saudara di rumah, ternyata anak tunggal tidak selalu memiliki keterampilan sosial yang buruk. Penelitian di Amerika terhadap 13.000 anak usia 11-18 tahun membuktikan, dalam hal berteman anak tunggal tak kalah dengan rekan mereka yang memiliki saudara.


Kendati begitu, penelitian yang dilakukan oleh tim dari Ohio State University itu menemukan, pada usia pra-sekolah dan TK, keterampilan sosial si anak tunggal memang masih perlu diasah. Orangtua disarankan untuk memberi anak kesempatan seluas-luasnya untuk bergaul dengan teman sebayanya di lingkungan rumah atau saudara sepupunya.

Orangtua juga bisa melatih kemandirian anak sejak kecil agar ia tidak selalu bergantung pada orang lain. Latih kemampuannya bekerja sama dengan orang lain. Sesekali, ajaklah anak berlibur bersama dengan sepupu-sepupunya atau menginap di rumah kerabat yang memiliki anak sebaya.

"Walaupun tidak bisa berinteraksi dengan saudara di rumah, anak-anak tetap bisa mengejar ketinggalannya dengan bergaul di sekolah atau lingkungan rumah," kata Donna Bobbitt Zeher.(MB-21)
Artikel Lainnya di Kategori ini klik disini
*** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar