TIPS Agar Puasa Tak Ganggu Konsentrasi Kerja | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MALANG-BISNIS.com - Simak tips berikut agar Anda bisa tetap fokus bekerja sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jam berbuka masih beberapa jam lagi, tapi sepertinya konsentrasi Anda sudah tidak fokus. Sulit berkonsentrasi saat bepuasa biasanya muncul sebagai reaksi dari berkurangnya pasokan gula darah ke dalam otak. Karena, gula darah adalah bahan baku utama bagi otak dalam menjalankan fungsinya. Sumber terbesar gula darah adalah karbohidrat dan gula.

Untuk menyiasatinya, pilihlah karbohidrat kompleks untuk sajian sahur. Karbohidrat jenis ini lebih lama terurai menjadi gula darah (sehingga lebih tahan lama memasok gula darah di dalam tubuh) dan tidak membuat hormon insulin cepat meningkat (sehingga gula darah juga tidak cepat menurun).

Agar puasa tak mengganggu konsentrasi kerja, coba praktekkan tiga strategi berikut:

- Saat sahur, ketimbang mengonsumsi gula pasir, madu, dan sirup (sumber karbohidrat mono), lebih baik pilih nasi, kentang, singkong, dan ubi (sumber karbohidrat kompleks).

- Majukan waktu tidur malam sedikit demi sedikit, misalnya lima belas menit setiap hari.

- Gunakan istirahat kantor untuk tidur. Usahakan tidur, setidaknya 15 menit hingga 30 menit. Agar siklus lengkap tidur Anda tercapai.(MB-1)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar