Tips Berhenti Merokok ! | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - MENGHENTIKAN kebiasan merokok tidak mudah. Jika Anda merasa belum siap berhenti segera, menguranginya bisa menjadi langkah ke arah yang benar daripada tidak sama sekali.

Untuk mengurangi kebiasan merokok, Anda harus melakukannya dengan serius; menelusuri berapa banyak persisnya Anda merokok, dan memastikan kemajuan yang Anda raih.



Berikut, tip mengurangi kebiasaan merokok, seperti dikutip Health24:

- Untuk menelusuri seberapa banyak Anda merokok, buatlah data tertulis. Jika Anda kerap merokok secara otomatis—tanpa menyadarinya—, maka mudah bagi Anda untuk merokok lebih banyak. Tanyakan pada diri Anda sebelum merokok, apakah aku benar-benar membutuhkannya? Dapatkah aku menunda keinginan merokok? Berlatihlah untuk bisa mengontrol keinginan tersebut.

Anda dapat menggunakan cara lain untuk membuat diri lebih menyadari setiap batang rokok yang dihisap, seperti merokok di tempat tertentu yang tidak biasa (coba menghadap ke sudut, misalnya), atau menggunakan tangan untuk menahan asap rokok.

- Analisa kebiasaan Anda yang lain, misalnya makan, minum, minuman beralkohol, menghabiskan waktu dengan komunitas perokok, dan sebagainya. Upayakan untuk menghindari lingkungan yang kondusif untuk merokok agar keinginan merokok bisa dibendung.

- Putuskan berapa banyak Anda akan merokok esok hari, dan buang sisa rokok yang masih ada di pak rokok hari ini.

- Tundalah waktu untuk menyalakan rokok pertama Anda sedikit demi sedikit setiap harinya.

- Jangan merokok hingga mendekati puntung. Hisap rokok cukup setengah atau sepertiga batang.

- Ganti rokok dengan merek yang tidak Anda sukai. Atau, coba ganti ke merek rokok yang lebih ringan beberapa minggu sebelum tanggal berhenti untuk membantu tubuh Anda terbiasa dengan rokok rendah nikotin. Tetapi, pastikan Anda tidak merokok lebih banyak rokok mild, menghisapnya lebih dalam, atau menutup lubang di bagian filter.
- Jangan kosongkan asbak Anda agar Anda bisa menghitung berapa banyak rokok yang Anda hisap setiap hari.

- Letakkan rokok Anda di tempat-tempat yang tak biasa (seperti rak tinggi), atau menyimpannya di dalam kontainer yang sulit dibuka. Hal ini juga membantu Anda lebih menyadari setiap batang rokok yang akan dihisap.

- Habiskan satu bungkus sebelum Anda membeli rokok lagi, dan jangan membeli rokok dalam jumlah besar.

- Jangan membawa rokok saat pergi.

- Jangan meminta atau menerima rokok dari perokok lain.

- Tanyakan kiat sukses mantan perokok dan apa metode yang mereka gunakan untuk bertahan pada kebiasaan tidak merokok. Lalu, pertimbangkan kiat mereka untuk diterapkan ke dalam kehidupan Anda.(MB-7)
 
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar