Berlebaran Sehat Bagi Orang Diabetes | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com, Lebaran akan segera tiba dan biasanya pada hari tersebut banyak tersaji makanan atau kue-kue manis yang sangat menggiurkan. Lalu bagaimana mensiasatinya agar penderita diabetes bisa tetap berlebaran dengan sehat?

"Ada anggapan nggak lebaran kalau nggak makan kue. Bagi penderita diabetes boleh saja mengonsumsi kue-kue manis ini, tapi jumlahnya harus tertakar dengan baik, tidak boleh semena-mena dan jangan terlalu banyak," ujar dr Sandra Utami Widiastuti, SpPD.

Lebih lanjut dr Sandra menuturkan pada kue lebaran biasanya mengandung kadar karbohidrat dan gula yang tinggi, karena itu untuk mengimbangi agar tidak berlebihan sebaiknya penderita diabetes membatasi atau mengurangi asupan karbohidrat dan gula dari sumber makanan yang lain.

Karena jika seseorang mengabaikan semua pantangan yang ada, maka akan berisiko mengalami peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) atau gula darah yang tidak terkontrol. Kondisi ini tentu saja akan memicu timbulnya komplikasi diabetes, baik yang akut (cepat terjadi) atau yang kronis (butuh waktu jangka panjang).


Komplikasi akut yang mungkin timbul adalah infeksi yang sulit sembuh, koma hiperglikemik (koma yang terjadi akibat kadar gula darah seseorang sangat tinggi) biasanya ditandai dengan gejala semakin cepat haus, semakin banyak minum dan tubuh semakin lemas. Sedangkan untuk komplikasi kronis seperti kelainan pembuluh darah halus (mikroangiopati), gangguan mata (retinopati), gangguan ginjal (nefropati), stroke atau serangan jantung.

"Untuk mengimbanginya, penderita diabetes tetap harus melakukan olahraga secara teratur dan jangan sampai lupa mengonsumsi obat-obatan atau insulin," ujar dokter yang berpraktek di Siloam Hospital Kebun Jeruk.

dr Sandra juga menyarankan penderita diabetes untuk melakukan pemantauan kadar gula darah secara mandiri, misalnya pagi hari saat sebelum dan sesudah makan, siang hari saat sebelum dan sesudah makan atau malam hari saat sebelum dan sesudah makan.

"Bisa juga pengukuran dilakukan secara random, biasanya penderita diabetes sudah diberitahu oleh dokter kapan saja waktu pemantauan. Selain itu penderita diabetes juga harus memeriksa gula darahnya jika sudah timbul gejala hipoglikemia atau hiperglikemia," ungkapnya.

Karena itu meski lebaran identik dengan kue dan makanan manis yang menggiurkan, orang dengan diabetes tetap harus hati-hati dalam menjaga pola makannya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan, tetap melakukan olahraga secara teratur, rutin mengonsumsi obat dan mengontrol gula darah. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi yang mungkin timbul.(MB-3)
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar