Hotel Mewah Terapung : Queen Elizabet | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Ratu Inggris, Elizabeth II, Senin (11/10) di Southampton, Inggris, menamai sebuah kapal pesiar raksasa mewah, Queen Elizabeth. Ratu meresmikannya dengan memecahkan sebotol anggur putih di bagian haluan pada hari yang cerah bersinar itu.

Ratu Elizabeth II kemudian dibawa berkeliling di kapal berbobot mati 92.000 ton buatan Italia yang dioperasikan oleh perusahaan Inggris-Amerika Serikat, Cunard Line.

”Saya menamai kapal ini Queen Elizabeth. Semoga Tuhan memberkatinya dan semua yang berlayar di dalamnya,” kata Ratu yang mengenakan mantel dan topi warna hijau di hadapan ratusan tamu.

Dia kemudian memencet sebuah tombol untuk menggerakkan sebotol anggur putih Rothschild, yang kemudian menghantam bagian depan kapal.

Keluarga Kerajaan Inggris telah meresmikan tujuh kapal dengan nama kerajaan sejak Ratu Mary tahun 1934. Kapal terbaru itu merupakan yang ketiga yang diberi nama sama, yakni Queen Elizabeth.

Ratu Elizabeth II juga pernah meluncurkan kapal pesiar mewah pertama yang memakai nama Queen Elizabeth pada tahun 1938. Lalu pada tahun 1967, Ratu Elizabeth meluncurkan Queen Elizabeth 2 (QE2) yang dipakai Cunard sampai dua tahun lalu.

Kapal pesiar baru ini memiliki panjang 294 meter dengan 16 dek serta dapat mengangkut 2.068 penumpang, di luar 996 awak. Queen Elizabeth bergabung dengan kapal-kapal lain, seperti Queen Mary 2 (QM2) dan Queen Victoria dalam armada Cunard dan hanya kalah soal ukuran dari QM2.

”Kami semua yang bekerja di Cunard merasa sangat bangga dengan kapal baru kami dan juga pada upacara hari ini,” kata Presiden Direktur Cunard Peter Shanks.

Queen Elizabeth akan memulai pelayaran perdana ke Madeira, Portugal, dan Kepulauan Canarias hari Selasa. Tiket untuk perjalanan selama dua pekan itu langsung habis dalam sekejap ketika mulai dijual bulan April 2010.

Sangat luks
Kapal itu menampilkan interior art deco yang mengingatkan masa jaya kapal pesiar raksasa dekade 1930-an. Di dalamnya terdapat sebuah teater dengan kapasitas lebih dari 800 orang. Di sana para penumpang bisa menonton pertunjukan model West End.

Fasilitas mewah itu dijual dengan harga pelayaran perdana mulai dari 1.489 poundsterling (sekitar 21 juta) per orang untuk sebuah ruang yang menghadap bagian dalam kapal. Harga tertinggi adalah 15.799 poundsterling (sekitar Rp 225 juta) per orang untuk sebuah grand suite, dengan fasilitas luar biasa mewah.

Lewat tayangan di televisi CCN terlihat pula interior kapal itu layaknya istana mewah, dengan bahan-bahan supermahal dan mengilap. Nuansa di ruang- ruang tidur kapal ini mirip dengan ruang-ruang di kamar hotel berbintang lima plus-plus.

Dengan keberadaan sekitar 140 koki, para tamu bisa menikmati aneka hidangan, mulai dari menu Perancis hingga makanan Asia lainnya.

Berada di dalam kapal itu tak akan terasa seperti berada atau terapung di laut. Para penumpang dijamin tak akan bosan karena sajian berbagai jenis hiburan dan juga toko-toko mewah.

Menaiki kapal supermewah ini akan terasa seperti berada di lingkungan permukiman aristokrat Inggris. (MB-89)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar