Inilah kisah awal diciptakannya situs Facebook. | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MalangBisnis.com - Facebook, satu kata yang beberapa tahun belakangan begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Jejaring sosial satu ini seolah menjadi teman setia khusus bagi para pecinta dunia maya.

Namun, bagaimana bila 'Facebook' difilmkan? Entah fiksi atau nyata, film 'The Social Network' yang bercerita tentang Facebook, nyatanya sempat bertahan di posisi pertama Box Office

selama beberapa pekan di awal peluncurannya.

Di awal film, Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) yang baru saja putus dari pacarnya, mabuk dan meracau di blog-nya. Mahasiswa jenius yang dibantu temannya, Eduardo Saverin (Andrew Garfield) itu kemudian menjebol sistem keamanan Harvard dengan situs 'Facemash' yang ia buat. Lewat situs iseng itu pengguna bisa menilai siapa yang terseksi di antara dua wanita yang ada di layar komputer.



Keisengan Mark rupanya mencuri perhatian si kembar Winklevoss (Armie Hammer dan Josh Pence). Mereka lalu meminta Mark untuk bergabung menjadi programmer dalam menciptakan situs pertemanan khusus untuk Harvard.

Mark menyanggupi. Tapi yang terjadi selanjutnya, ia malah asyik membuat situs theFacebook bersama teman-temannya. Ia sibuk menambahkan beberapa coding untuk aplikasi theFacebook yang baru.

Konflik terjadi setelah Mark dituntut oleh Winklevoss bersaudara. Mark dituduh mencuri ide mereka karena Mark menggunakannya dalam theFacebook.

Sementara itu, di tempat lain, Mark dan Eduardo bertemu dengan penemu Napster, Sean Parker (Justin Timberlake). Sean lah yang mengusulkan untuk menghilangkan kata 'the', dan jadilah 'Facebook'.

Sekilas, film yang skenarionya ditulis oleh penulis 'The West Wing', Aaron Sorkin ini mungkin agak sedikit membingungkan lantaran alurnya yang maju mundur. Dialog cepat yang dilontarkan oleh Mark juga mungkin agak memusingkan di awal film.
Namun, sutradara David Fincher berhasil membawa penonton ke dalam kisah Mark dalam film ini. Simak saja beberapa kejadian yang akhirnya membuat Mark menemukan beberapa aplikasi baru dalam Facebook. Misalnya saja status 'Single' atau 'In a Relationship' yang tersedia di Facebook.

Diadaptasi dari novel 'The Accidental Billionaires' karya Ben Mezrich. Film ini sempat menjadi kontroversi lantaran dianggap sebagai lelucon belaka oleh tokoh asli dalam film ini, Mark Zuckerberg.

Penasaran dengan kisahnya? Film 'The Social Network' dapat Anda saksikan di Bioskop-bioskop kesayangan Anda. (mb-8)

Sumber : http://kompas.com/


Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom







Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile (otomatis), Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar