MALANG-BISNIS.com - Ajang penghargaan untuk usaha kecil dan menengah semakin semarak. Citi-Micro Entrepreneurship Award (CMA) hasil kerja sama Citi Peka bersama UKM Center FE-UI adalah salah satunya. Sejumlah kriteria, seperti lama usaha, jumlah karyawan, dan nilai omzet, ternyata tak cukup untuk menilai 18 finalis yang terseleksi dari ajang CMA 2010. Aspek psikologis juga penting diperhatikan untuk menilai sejauh mana sikap mental para entrepreneur dalam menjalankan usahanya.

Ditta Amahorseya, Director Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, mengatakan, salah satu juri yang dilibatkan dalam CMA adalah psikolog. Menurutnya, faktor psikologi memegang peranan penting sebagai bagian dari penjurian.

"Jiwa entrepreneurship seseorang juga perlu diketahui. Bagaimana ia meng-handle usaha setelah menerima award. Karena tidak semua penerima CMA award yang 100 persen tetap berjalan usahanya, bahkan justru menurun. Umumnya karena mereka sering kali diminta menjadi pembicara. Mereka lantas sibuk dan lupa menjalani usahanya," papar Ditta kepada Kompas Female, di sela pengumuman pemenang CMA Award 2010, di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (10/11/2010).

CMA Award 2010 yang memasuki tahun keenam memilih tiga pemenang dari setiap kategori, mereka adalah:

Kategori Perdagangan dan Jasa* Pemenang I, I Wayan Riden dengan usaha pembuatan pupuk organik dari Bali.
* Pemenang II, Edy Purwanto dengan usaha suku cadang motor bekas dari Lampung.
* Pemenang III, Fathy F Bahanaan dengan bisnis tanaman hias dan merangkai mawar di Malang, Jawa Timur.

Kategori Makanan, Minuman, dan Bahan Pangan* Pemenang I, Burhanuddin dengan usaha manisan Halua khas daerah Langkat tanpa bahan pemanis buatan dan pengawet dari Sumatera Utara.
* Pemenang II, Jasman dengan usaha penyulingan daun cengkih untuk pembuatan minyak daun cengkih sebagai campuran obat dan bumbu masak, dari Jawa Tengah.
* Pemenang III, Anggraini dengan usaha kerupuk kemplang dan dodol dari Sumatera Selatan.

Kategori Kerajinan dan Produk Lainnya* Pemenang I, Novie Indah Kurnia dengan usaha bros sisik ikan dari limbah ikan berasal dari Jawa Timur.
* Pemenang II, Denota Yehandiati dengan usaha tas dari tali kur berasal dari Jawa Timur.
* Pemenang III, Agha Agus Cahyono dengan usaha pembuatan mainan edukatif berbahan kayu jati, berasal dari Jawa Tengah.(MB-4)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM