Kaya Raya dari Bisnis Kecap Hingga Pasta Gigi | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Majalah Forbes belum lama ini kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia pada 2010. Nilai kekayaan 40 orang super kaya itu mencapai US$71 miliar atau sekitar Rp640 triliun.

Jumlah tersebut meningkat pesat dibandingkan tahun lalu yang tercatat US$42 miliar atau hampir Rp380 triliun.

Pada urutan pertama, pemilik grup Djarum, Budi dan Michael Hartono, tercatat sebagai orang paling kaya di Indonesia. Total kekayaannya senilai US$11 miliar atau hampir Rp100 triliun.

Sementara itu, di antara daftar orang terkaya itu terdapat tujuh pendatang baru dengan total kekayaan lebih dari US$8 miliar atau sekitar Rp72 triliun.

Di industri barang-barang konsumsi, nama pebisnis yang mengendalikan Grup ABC selama 62 tahun bersama dua saudara laki-lakinya, Husain Djojonegoro, juga menjadi salah satu yang terkaya. 

Pria berusia 61 tahun itu memiliki kekayaan US$545 juta atau sekitar Rp4,9 triliun. Perusahaan yang dikelolanya didirikan pertama kali oleh ayahnya, Chandra Djojonegoro dan pamannya.

Grup ABC awalnya berkembang pesat sebagai perusahaan pembuat batu baterai terbesar di Indonesia. Setelah itu, sejumlah produk makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga yang cukup populer di masyarakat juga diproduksi grup perusahaan ini. Sebut saja kecap ABC, wafer Tango, Vitacharm Prebiotik Milk, NĂ¼ Green Tea, hingga pasta gigi Formula.

Dalam buku ilmu bisnis Tionghoa disebutkan Husain memimpin usaha Grup ABC atau yang dikenal juga dengan Grup Orang Tua itu sejak 1988. Sebelumnya, dia sudah ikut bergelut di grup perusahaan itu sejak berusia 20 tahun.

Generasi kedua Djojonegoro ini tidak hanya mampu mengembangkan bisnisnya di bidang lain, namun berhasil membawa perusahaan melewati masa krisis ekonomi. Grup Orang Tua ini pun memiliki sekitar 50 anak usaha yang memproduksi berbagai macam kebutuhan rumah tangga yang beberapa di antaranya menjadi pemimpin pasar.

Karena keberhasilannya itu, Husain juga sudah masuk daftar 40 orang terkaya versi Forbes pada 2007 dengan kekayaan US$305 juta. Mesin uangnya juga dikontribusi dari sejumlah perusahaan seperti PT Ultra Prima Pangan Makmur, PT Heinz ABC, dan PT Asia Sejahtera Pharmaceutical.

Ultra Prima Pangan Makmur adalah produsen wafer Tango, sedangkan Asia Sejahtera Pharmaceutical penghasil minuman dengan merek Kratingdaeng.(MB-563)
 
***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar