Sukses Mengembangkan Diri karena Menikmati Profesi | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Setiap individu memiliki potensi besar yang bisa digali. Jangan heran jika melihat selebriti memiliki banyak peran dan profesi sekaligus. Sebagai penyanyi, bintang film, presenter, semua bisa. Bukan sekadar mencuri peluang dan memanfaatkan kesempatan saja penyebabnya, tetapi juga mengembangkan diri dengan melihat kapasitas dan kemampuan diri.

Pesinetron Vira Yuniar (29) memilih untuk mengembangkan dirinya tak hanya dengan bermain sinetron. Vira juga melakoni seni peran di atas panggung teater bersama sejumlah pemain teater kawakan seperti Renny Jayusman, Remy Sylado, dan Jose Rizal Manua. Berperan sebagai Tukiyem di pertunjukan Sandiwara Menyanyi di Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu (5/2/2011) lalu, Vira berhasil membawakan dialog mengenai musik dan nyanyian.

"Ini pertama kalinya saya tampil di panggung teater. Saya diajak Remy Sylado," aku Vira kepada Kompas Female. Kunci sukses Vira dalam menjajal sesuatu yang baru dan berbeda ini adalah dengan memahami bahwa pekerjaannya masih punya akar yang sama, yakni seni peran. Namun memang teknik antara sinetron dan teater berbeda.

"Bermain teater memerlukan gerakan, gestur, dan terutama vokal yang berbeda," aku Vira, yang merasa kesulitan dengan penyesuaian atas kebutuhan vokal  pada teater. "Vokal harus powerful di teater," katanya.

Bagi Vira, menjalani sesuatu yang baru sah saja untuk pengembangan diri, asalkan dinikmati. Selain juga dengan mengenali sejauhmana kemampuan diri untuk memasuki area yang benar-benar baru tersebut. Untungnya, Vira melakoni dunia peran sejak puluhan tahun silam, jadi tak sulit melakukan penyesuaian dengan sandiwara di panggung dan tampil langsung di depan ratusan penonton.

Manfaat mengembangkan diri

Menjajal profesi atau peran baru bukan hanya membawa pengalaman berharga. Keberanian mengembangkan diri juga membuka kesempatan belajar dengan orang-orang besar dan jauh lebih berpengalaman di bidangnya. "Ada nilai plusnya kalau belajar dengan orang besar," jelas Vira. Apalagi jika mereka yang lebih berpengalaman menyambut dengan hangat dan mau mengajarkan kita hal-hal baru, lanjutnya. Namun meski mengaku bahwa teater memberikan seni tersendiri yang menarik, Vira menyatakan belum akan fokus menjadi pemain teater.

Tak ada salahnya mencoba pekerjaan yang berbeda asalkan dinikmati. Inilah pesan yang juga kentara dari pilihan Vira. Bagaimana dengan Anda? (MB-21)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar