Hidup Sehat dan Bugar dengan 5 S | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Hidup sehat dan bugar hingga usia lanjut. Bagaimana bisa menikmati dan menjalani hidup bila tubuh tidak sehat? Namun, dengan tekanan pekerjaan dan tuntutan hidup membuat kita sulit dan tertantang untuk menjaga pola hidup agar tetap sehat dan seimbang. Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK menyarankan pedoman 5 S untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh hingga usia lanjut.

"Saya seringnya mengatakan hidup sehat dan bugar, tak hanya hidup sehat. Hidup sehat dan bugar artinya melakukan pola hidup yang benar-benar menunjang kesehatan hidup Anda. Caranya, dengan memperhatikan 5 S. Makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan yang sehat," jelas dr Samuel saat peluncuran kampanye Mulai Hidup Sehat dari Sekarang dari Danone Aqua, Rabu, 16 Maret 2011, di Djakarta Theatre, Jakarta.

Menurut dr Samuel, Indonesia adalah negara berkembang, yang membuat seluruh lapisan masyarakatnya sedang berupaya untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Upaya-upaya tersebut membuat masyarakat sibuk dan lupa untuk berolahraga maupun menjaga pola makan yang sehat. Waktu yang sempit pun mengkontribusikan pola hidup yang kurang sehat.

Meski terlihat simpel atau klise, tetapi 5 S tadi bukan hal yang mudah dilakukan jika tidak ada komitmen dalam diri. Karena itulah Aqua meluncurkan kampanye Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang. "Karena hidup sehat dari sekarang itu seperti tabungan yang akan dirasakan di usia lanjut nanti, dan untuk menjalankannya butuh komitmen serta kesiapan dari dalam diri untuk melawan kebiasaan-kebiasaan yang buruk bagi kesehatan," jelas dr Samuel.

Makan sehat itu, menurut dr Samuel dilakukan dengan mengatur waktu makan yang baik, menjaga jumlah makanan yang cukup, mengatur makanan sesuai kebutuhan, menjaga dan mengasup jenis makanan yang sehat, serta memastikan jadwal makanan teratur. Berpikir sehat adalah menjaga pikiran tetap positif karena pikiran negatif atau stres, seperti jamak diketahui, akan berdampak pada kesehatan tubuh. Beristirahat sehat adalah dengan memperhatikan waktu dan kualitas istirahat agar tidak kurang, baik dengan jumlah istirahat yang berkisar antara 6-8 jam semalam, juga kualitas tidur harus terjaga. Aktivitas sehat adalah bagaimana mengatur pola gerak dan aktivitas fisik yang cukup dan menyehatkan. Lingkungan sehat, tentu merupakan upaya menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

"Tidak terlalu sulit untuk memulainya. Pola hidup sehat dan bugar bisa dimulai dengan mengasup air minum yang berkualitas. Karena seringkali kita tidak menyadari tubuh kita sedang mengalami dehidrasi. Pria dan wanita berbeda tingkat dehidrasi ringannya. Dehidrasi bisa memengaruhi tiga hal dalam tubuh; aspek kognisi (daya pikir), aspek fisik, dan suasana hati. Kebiasaan minum sangat umum dilupakan. Padahal, adalah hal yang penting, karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Termasuk otak yang butuh cairan untuk berproses," jelas dr Samuel.

Namun, dr Samuel mengingatkan, supaya berfungsi tepat dan baik bagi tubuh, pemilihan air minum berkualitas sangat diperlukan. "Unsur air adalah H20, tetapi itu saja belum cukup untuk tubuh. Dalam tubuh ada kandungan lain, yakni mineral yang disebut juga elektrolit. Hal ini harus dijaga supaya otot bisa terus bergerak. Mineral yang diperlukan antara lain, natrium, kalium, khlor, dan lainnya," papar dokter yang sering menjadi nara sumber dalam acara-acara kesehatan itu. 

Dr Samuel mengingatkan bahwa nasihat untuk minum 2 liter air per hari adalah hal yang bagus, namun bukan berarti minum sebanyak itu dalam sekali waktu. "Pastikan Anda minum air yang cukup dalam sehari. Persering minum sebelum merasa haus. Sedikit demi sedikit, jangan dalam jumlah banyak sekaligus. Jadikan kebiasaan. Lakukan hal ini selama 6-8 minggu secara ketat, lama kelamaan akan terjadi otomatis," pungkasnya lagi.(MB-9)

1 komentar:

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

5S' hmmmm bener juga ya,, coba ah

Posting Komentar