Memaksimalkan Kartu Debit dan Kartu Kredit | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com — Bingung ingin berbelanja menggunakan kartu kredit atau kartu debit? Tak perlu memilih. Maksimalkan saja keduanya.

Kartu kredit
1. Berbelanja online

Anda bisa menggunakan kartu kredit pada saat berbelanja online, seperti membeli tiket pesawat atau berbelanja di Amazon.com. Biasanya toko-toko online besar akan meminta Anda membayar transaksi melalui kartu kredit. Mengapa? Karena kartu kredit menawarkan perlindungan yang lebih besar jika terjadi fraud (penipuan atau penggelapan).

2. Memanfaatkan promo
Banyak bank penerbit kartu kredit bekerja sama dengan merchant untuk mengadakan program promosi. Ini saatnya Anda memanfaatkan kartu kredit. Anda bisa membeli barang, misalnya peralatan olahraga atau gadget mahal, dengan harga khusus atau dengan cicilan ringan. Anda juga bisa menggunakannya untuk makan di restoran-restoran yang memberikan diskon khusus jika Anda menggunakan kartu kredit tertentu atau sekadar membeli bensin jika merchant itu memberikan program cash back.

Selain itu, Anda boleh memanfaatkan kartu kredit jika kartu kredit Anda memberikan program akumulasi insentif tambahan atau reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah tertentu. Dengan catatan, utang tersebut tetap harus Anda bayar dengan disiplin.

3. Jalan-jalan ke luar negeri
Jika Anda ingin berlibur ke luar negeri, kartu ajaib ini sangat membantu sebagai alat pembayaran nontunai yang sifatnya universal. Dengan kartu kredit, Anda tak perlu repot-repot menukar uang ke money changer sebelum melakukan transaksi. Dengan begitu, Anda juga meminimalkan kerugian karena selisih nilai tukar mata uang.

Kartu debit
1. Membeli kebutuhan harian

Untuk pembelanjaan yang tidak terlalu banyak atau untuk barang-barang yang dikonsumsi, sebaiknya Anda menggunakan kartu debit. Pasalnya, jika dengan kartu kredit, Anda akan membayar lebih mahal, terutama saat Anda terlambat membayar tagihan.

Jadi, saat berbelanja kebutuhan harian di minimarket dan Anda tidak memiliki cukup uang tunai, kartu debit bisa dimanfaatkan. Namun, perlu diingat, beberapa minimarket biasanya menerapkan minimum purchase atau pembelian minimum. Meski nilainya tidak terlalu besar, Anda tetap perlu memperhitungkannya.

2. Dana tunai cepat
Jika Anda mendadak butuh uang tunai, kartu debit bisa dijadikan andalan. Saat ini beberapa kartu debit membolehkan kita menarik uang tunai di kasir saat berbelanja di minimarket. Bahkan, pengambilan uang tunai seperti ini umumnya tidak akan dikenai biaya tambahan, baik oleh bank maupun merchant.

Namun, besarnya penarikan uang ditentukan oleh ketersediaan dana merchant tersebut. Umumnya, batas rata-rata penarikan mencapai Rp 500.000. Hal ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan bila Anda melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit yang akan dikenakan bunga 4 persen dari jumlah yang diambil.
(MB-84)

3 komentar:

Posting Komentar