Legenda Wisata Kuliner Malang Raya "TOKO OEN" | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com – Banyak bangunan rumah dan toko berusia tua yang masih beroperasi di Malang, salah satunya yaitu Toko Oen. Toko yang dibangun sejak tahun 1930-an ini terletak jantung Kota Malang, tepatnya di Jln. Basuki Rahmad no.5 Kota Malang.

Toko yang merupakan ikon Kota Malang ini awalnya didirikan di daerah Yogyakarta oleh ibu
Liem Gien Nio. Karena masakannya populer dikalangan masyarakat, sehingga membuat wanita tionghoa ini memutuskan untuk membuka cabang di beberapa kota yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu Kota Malang. Nama Oen sendiri diambil dari nama suami dari ibu Liem yaitu bapak Oen Tjok Hok.

Dari segi penataan, toko Oen terkesan klasik sehingga membuat para pengunjung terbawa suasana pada tahun silam. Interior yang digunakan pada Toko Oen sampai sekarang ini masih sama dengan interior pertama kali toko ini dibuka. Bahkan pelayan yang ada di toko ini juga berpakaian seperti jaman tempo dulu dengan baju warna putih dan celana bewarna hitam, penampilan pelayan ini terlihat seperti pelayan di Eropa zaman dulu. Di dalam Toko Oen terdapat beberapa foto dokumentasi Malang tempo dulu dengan perpaduan tulisan yang berbahasa Belanda.

Pada awalnya Toko Oen hanya menjual roti saja, kemudian toko tersebut mulai merambah jual ice cream, dan menyediakan makanan menu Belanda, China, dan Indonesia. Masakan yang disediakan di Toko Oen masih menggunakan resep kuno yang telah diwariskan secara turun temurun.


Namun yang paling dikenal dari Toko Oen ialah ice creamnya, varian rasa eskrimnya seperti Tutti Cassata yang dibuat dari buah-buahan, Morkus yang bercita rasa kopi, Sparkling Delight yaitu eskrim buah cocktail, dan masih banyak lagi. Anda dapat menikmati eskrim tersebut dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 20.000.

Selain ice creamnya yang terkenal, Toko Oen juga memiliki menu andalan lainnya seperti beberapa jenis es tradisional, menu makanan dari steak. Macam-macam es tradisionalnya antara lain es dawet selasih, es campur, es sirop, dan es kolang-kaling. Sedangkan menu makanannya ialah cake dan tart, nasi goreng, chicken salad hingga aneka kue kering khas tempoe doeloe.

***


Iklan ini sudah di Promosikan di Twitter melalui @MalangBisnisCom

Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar