(Malang-Bisnis.com) AMSTERDAM - Penggemar tim Belanda boleh bernapas lega. Sebab, Arjen Robben sudah bisa dipastikan menyusul tim Oranje di Afsel sejak Minggu lalu (6/6). Tim dokter menyatakan bahwa cedera hamstring winger Bayern Munchen itu tidak separah yang diduga sebelumnya.

Pelatih Belanda Bert van Marwijk memutuskan untuk tidak mencari pengganti Robben. ''Saya memanggil dia untuk bergabung dengan tim pekan ini,'' ungkap Marwijk sebagaimana dilansir kantor berita Belanda NOS. ''Saya ingin memberi dia kesempatan di Piala Dunia, meski mungkin tidak bermain penuh. Saya akan selalu memantau kondisinya,'' imbuhnya.

Sebelumnya, Robben mengalami cedera hamstring kala Belanda membantai Hungaria 6-1 pada laga uji coba pada Sabtu malam (5/6). Saat itu, dia tidak sempat diganti lantaran laga hampir selesai. Robben mengaku sangat kesakitan ketika kali pertama mendapat cedera tersebut. Sebab, itu adalah cedera baru.

Namun, setelah di-scan, tidak ada yang berbahaya. Dia juga diprediksi bisa kembali ke lapangan dalam waktu singkat. ''Hanya ada robek kecil di otot hamstring saya. Selama 24 jam pertama, saya mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat saya dan itu membawa efek penyembuhan yang bagus,'' ungkap Robben kepada Radio Voetbal.

Winger 26 tahun tersebut siap menjalani porsi latihan ekstra agar bisa mencapai kondisi terbaik secepat mungkin. Menurut diagnosis dokter, pemulihan Robben membutuhkan waktu sedikitnya empat pekan. Jika harus menuruti anjuran tersebut, berarti dia baru bisa bermain dalam babak knockout. Tentu saja itu dengan asumsi Belanda mampu lolos dari fase grup.

''Saya tidak mungkin menempuh waktu selama itu. Saya akan menjalani terapi khusus dengan fisioterapis pribadi saya, Dick van Toorn. Terapi itu dimulai besok (hari ini, Red) dan saya akan berjuang keras sampai sembuh,'' tegas Robben.

Di sisi lain, pelatih Italia Marcello Lippi juga tidak memulangkan gelandang serang Andrea Pirlo. Meski sudah menyiapkan Andrea Cossu sebagai pengganti, kubu Gli Azzurri -sebutan Italia- yakin Pirlo bakal sembuh. Setidaknya, itulah yang disampaikan Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Giancarlo Abete setelah mengunjungi latihan timnas di Sestriere kemarin.

''Kami sangat mengerti arti penting Pirlo buat tim. Dia selalu membuat perbedaan bagi Italia dan dia sangat ingin bermain di turnamen. Pirlo sendiri saat ini sedang berjuang untuk sembuh,'' papar Abete kepada Radio Anchi'o lo Sport.

Pirlo membutuhkan waktu tiga pekan untuk pulih. Lippi sudah siap mental jika gelandang AC Milan itu baru bisa diterjunkan dalam laga terakhir fase grup. (malang-bisnis.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM