KOTA WISATA BATU PENUH PESONA | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - Keindahan panorama Kota Wisata Batu dengan kesejukan udara yang senantiasa terjaga serta hamparan hijau sayur mayur dan perkebunan apel yang membentang luas di kaki pegunungan Panderman, Arjuno & gunung Banyak menjadikan surga yang tak ternilai bagi bagi buminya. Sehingga Kota Batu dikenal sebagai pemasok sayur mayur & buah apel berkualitas di Jawa Timur & propinsi lainnya di Indonesia. Kekayaan hasil bumi ini masih dilengkapi pula dengan keindahan bunga anggrek & flora asli Kota Batu yang banyak diminati para wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Kota Batu memiliki panorama yang indah & sejuk dengan suhu udara minimal 15 derajat C dan maksimal 24 derajat C serta mempunyai spesifikasi khusus yaitu dikelilingi Gunung Panderman, Gunung Banyak, Gunung Welirang, Gunung Bokong dengan potensi daya tarik wisata yang beraneka ragam.

 
Kota Batu terkenal identik dengan Agro Wisatanya yang antara lain Bunga, Apel, Strowberi, & Sayur Mayur.
Wisata petik apel langsung dari pohon sebagai salah satu andalan wisata Agro di Kota Batu dapat ditemui di wilayah Desa Punten, Desa Bumiaji, & kawasan wisata Kusuma Agro. Di daerah Kecamatan Bumiaji dapat juga kita temui wisata bunga Mawar, sedangkan desa Sumberbrantas kawasan Cangar dapat kita temui hasil pertanian dan perkebunan sayur mayur seperti wortel, kentang, sawi, dll. Dari hasil pertanian telah diolah menjadi makanan ringan yaitu keripik Kentang dan juga keripik Apel yang menjadi makanan cemilan khas Kota Batu.

 
Kondisi geografis Kota Batu yang dikelilingi dengan pegunungan sangat cocok untuk berwisata alam. Bagi wisatawan yang ingin melepaskan kepenatan ataupun berefreshing dapat melakukan aktifitas berkemah sekaligus mengunjungi air terjun Coban Rais ataupun Coban Talun yang setiap saat memiliki perkemahan sendiri-sendiri. Bagi yang ingin merasakan aliran air panas alami yang bersumber dari Gunung Arjuna dapat bermandi di Pemandian Air Panas Cangar ataupun Pemandian Air Panas Songgoriti.

 
Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari kehidupan manusia. Di Kota Batu kebudayaan tradisional tumbuh dan berkembang dengan baik sebagai suatu tradisi budaya yang dipegang teguh masyarakatnya. Keindahan tradisi budaya Batu dapat dilihat pada pentas tari-tarian khas Batu, pada Sedekah Bumi dan kegiatan bersih desa serta pentas Ludruk & campursari.

Wisata Rekreasi
Seiring dengan perkembangan Kota Batu telah dibangun tempat-tempat rekreasi wisata pendidikan dan keluarga untuk menambah daya tarik wisata di Kota Batu, seperti Jawa Timur Park dengan konsep "Belajar sambil Rekreasi Wisata" sangat cocok untuk wisata keluarga selain rekreasi wisata keluarga lainnya seperti Selecta.

 
Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu dan ingin menguji adrenalin, Kota Batu memiliki obyek wisata yang mendukung untuk itu antara lain Paralayang, Arung Jeram, Mountain Bike. Kondisi alam Kota Batu memiliki daya tarik tersendiri jika dilihat dari atas langit melalui paralayang akan begitu indah panoramanya, juga aliran sungai Brantas yang melalui hutan dapat dinikmati dengan olah raga Arung Jeram. Begitu pula dengan Mountain Bike yang mempunyai track di lereng Gunung Panderman.

Wisata Sejarah
Di Kota Batu terkenal juga dengan wisata sejarahnya, antara lain Candi Songgoriti, Patung Ganesha yang merupakan situs peninggalan sejarah jaman kerajaan Singosari.
Peninggalan-peninggalan jaman Belanda seperti rumah-rumah peristirahatan, Hotel Kartika Wijaya, Makam tuan Denger. Di Selecta-pun ada peninggalan sejarah dari Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Beliau memberi bukti suatu pernyataan yang tak ternilai harganya berupa kenang-kenangan kata-kata dari beliau yang berisi tentang keindahan yang ada di Kota Batu. Tidak ketinggalan juga peninggalan sejarah berupa Goa-goa jaman Jepang.

 
Wisata Religi merupakan salah satu obyek daya tarik wisata mengenai Seni arsitektur bangunan tempat peribadatan agama di Kota Batu. Hal ini menggambarkan kerukunan hidup & toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Batu begitu harmonis masyarakatnya dalam kehidupan. Keberadaan bangunan dan tempat beribadah begitu terawat dan terjaga. Agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu maupun Konghucu begitu erat hidup berdampingan antara satu dengan yang lainnya.

Wisata Ziarah
Masyarakat Kota Batu sangat menghormati leluhur mereka dulu, sehingga makam mereka sangat terjaga dengan bersih. Makam mbah Wastu yang terletak di Bumiaji merupakan cikal bakal nama Kota Batu. Ada juga Pesarean Mbah Pathok yang konon merupakan orang yang membuka jalan di daerah Songgoriti.
Wisata Kuliner

 
Beraneka ragam makanan khas Kota Batu dapat kita jumpai di Kota Batu. Bagi para peminat wisata kuliner tersedia makanan dan minuman khas Kota Batu seperti : Sop Buntut, Gurame Bakar, Sate Kelinci, Bebek Kuali, Ayam Goreng, Rawon, dsb. Sedangkan untuk jajan malam kawasan kaki lima dapat dijumpai menu masakan : Pecel lele, Ayam goreng, Bebek goreng, usus goreng, Wader goreng, yang begitu khas & menggugah selera.
Wisata Souvenir Handycraft

 
Kota Batu juga terkenal dengan industri kerajinan. Bermacam-macam kerajinan telah dihasilkan oleh para pengrajin Kota Batu. Kerajinan ini kebanyakan terdapat di Kecamatan Junrejo seperti Onix, Entong, Irus, Gerabah, dan souvenir lainnya dan ini merupakan Obyek Daya Tarik Wisata tersendiri bagi para peminat Souvenir khas Kota Batu. 
 
Wisata Husada merupakan wisata yang sangat diminati bagi para wisatawan khususnya bagi mereka yang sangat mengagumi tanaman obat herbal seperti Kunir, Jahe, Temu Lawak, dll (Tanaman Toga). Wisata tersebut dapat dijumpai di Balai Metria Medika Jl. Lahor Panglima Sudirman Bat. (MB-3) 

*** 

1 komentar:

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 mengatakan...

Emang mantap kalo jalan jalan ke tempat wisata alam hihi asyik sekali :D salam kenal gan, saya lagi ingin mempromosikan wisata magetan

Posting Komentar