NICOLE KIDMAN | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MALANG-BISNIS.COM
Profil

Nama: Nicole Kidman 
Tanggal lahir: 20 Juni 1967
Hubungan: Menikah 
Zodiak: Gemini
Lahir di: Honolulu, Hawaii

Minatnya terhadap dunia akting muncul tanpa sadar. Sebagai anak kutu buku, ia terobsesi untuk mendalami berbagai karakter tokoh dalam sejumlah novel favoritnya.



Popularitas Nicole Mary Kidman, atau lebih dikenal Nicole Kidman, menanjak setelah berakting dalam film Moulin Rouge! (2001). Berbagai apreasi mengalir atas aktingnya dalam film drama musikal garapan Baz Luhrmann itu.

Lewat film itu, Kidman meraih nominasi Oscar pertamanya. Kidman memainkan peran sebagai Satine, seorang pedagang daging mentah yang luar biasa cantik, di kawasan Moulin Rouge. Ia beradu akting dengan sejumlah aktor seperti Ewan McGregor, John Leguizamo, dan Jim Broadbent.

Tak hanya berakting prima. Di film itu, ia memberi kejutan dengan mempertontonkan kemampuannya menyanyi. Tak heran, jika kemudian ia menerima penghargaan sebagai aktris terbaik kategori film musikal dalam ajang Golden Globes.

Kemampuan akting Kidman semakin memikat saat bermain dalam film The Hours (2002). Film arahan Stephen Daldry itu mengantarnya ke panggung Oscar, sebagai aktris pemeran utama terbaik. Film itu juga membawanya berdiri di panggung Golden Globes untuk menerima penghargaan aktris terbaik.

Di film yang diadaptasi dari novel peraih Pulitzer 1998, itu Kidman berperan sebagai Virginia Woolf, seorang sastrawan berotak cemerlang, namun berjiwa rapuh karena tak mampu mengendalikan pikiran-pikirannya yang liar.

Kidman bermain total sampai harus mengenakan hidung palsu. Ia yang kidal juga berlatih keras agar dapat menulis dengan tangan kanan, sesuai kebiasaan tokoh yang diperankannya. Totalitas aktingnya mampu menenggelamkan penampilan Julianne Moore dan Meryl Streep, yang sebenarnya bermain sangat terkontrol.

Aktris berdarah Australia yang lahir di Hawai, 20 Juni 1967, itu meraih tiket masuk ke industri film Hollywood saat bermain dalam film Dead Calm (1989). Aktingnya memukau para kritikus film di Australia dan menjadi perbincangan insan perfilman dunia.

Film produksi perusahaan legendaris Australia, Kennedy-Miller Production, itu berhasil menunjukkan bakat Kidman melakukan permainan watak. Sebagai gadis 19 tahun, ia berhasil memerankan tokoh dengan usia 35 tahun yang memili emosi kompleks.

Ia memerankan sosok ibu yang kehilangan anak dalam sebuah kecelakaan mobil. Bersama suaminya, ia kemudian berlayar ke laut untuk menjalani terapi mental. Namun, di sana ia malah ditinggal suami yang takut melihat orang gila. Tinggallah ia sendiri melawan si orang gila di tengah laut.

Tawaran peran mengalir kepada Kidman. Ia menerima pinangan penulis naskah Hollywood, Robert Towne, yang tengah menggarap film Days of Thunder (1991). Ia sangat antusias karena beradu akting dengan aktor idolanya kala itu, Tom Cruise. Ia berperan sebagai seorang neurolog yang jatuh cinta dengan pasiennya, seorang pembalap mobil yang diperankan Tom Cruise.

Pada tahun yang sama, ia juga muncul dalam film arahan Robert Benton, Billy Bathgate (1991). Dalam film yang diangkat dari novel laris karanngan E.L. Doctorow, itu ia beradu akting dengan Dustin Hoffman. Benton yakin film itu mampu mencuatkan Kidman sebagai bintang besar.

Namun, keyakinan Benton meleset. Meski meraih nominasi aktris pendukung terbaik Golden Globe, permainan akting Kidman belum cukup kuat menyedot perhatian masyarakat. Ia baru mulai mendapat sorotan penikmat film dunia saat tampil dalam film Batman Forever (1995), dan To Die For (1995).

Ia mendulang berbagai apresiasi lewat penampilannya di To Die For. Setidaknya ia meraih predikat sebagai aktris terbaik dalam tiga ajang perfilman yaitu Golden Globe, BAFTA Award, dan Critic Choice Award. Ia juga meraih nominasi aktris paling memikat dalam MTV Movie Award untuk aktingnya di dua film itu.

Berbagai prestasi itulah yang kemudian mengantarnya pada berbagai peran dalam sejumlah film seperti The Peacemaker (1997), Eyes Wide Shut (1999), Moulin Rouge! (2001), The Others (2001), The Hours (2002), Cold Mountain (2003), Birth (2004), The Golden Compass (2007), Australia (2008), dan terakhir Nine (2009).

Kidman berkenalan dengan dunia akting saat usia 6 tahun. Atas dorongan ibunya, ia tampil memerankan seekor domba dalam drama Natal di sekolahnya. Namun, pengalaman itu belum menggugah minatnya terhadap dunia seni peran. Sebagai anak yang tumbuh dari keluarga dengan ekonomi mapan, Kidman kecil justru dikenal sebagai anak kutu buku.

Minatnya terhadap dunia akting mulai muncul setelah ia melahap sejumlah novel favorit. Ia terobsesi mendalami sejumlah karakter seperti Dorothea dalam novel Middlemarch, dan Natasha dalam novel War and Peace. Menginjak usia 12 tahun, ia bergabung dengan Philip Street Theatre di Sidney, untuk belajar memerankan karakter orang lain.

Sekolah akting itu membuatnya jatuh cinta pada dunia seni peran. Ia banyak belajar memerankan sejumlah watak. Menginjak usia 14 tahun, ia mulai tampil membintangi sejumlah film seperti Bush Christmas (1981) yang tayang di televisi Australia, film anak-anak, BMX Bandit (1983), dan film miniseri Vietnam (1986).

Dunia film tak hanya membuatnya menjadi bintang. Dunia seni peran itu juga membuatnya bertemu banyak cinta. Ia bertemu pacar pertamanya, Rom Burlinson, yang memiliki usia 10 tahun lebih tua, saat produksi film Windrider (1986). Namun, hubungan itu berakhir begitu saja.

Keterlibatannya dalam film Day of Thunder juga membuatnya bertemu suami. Ia terlibat cinta lokasi dengan Tom Cruise yang menjadi kekasihnya di film. Kisah cinta yang terajut dalam film pun berlanjut ke dunia nyata. Mereka menikah pada akhir tahun 1990, sesaat setelah Cruise resmi bercerai dari istri pertamanya, Mimi Rogers.

Namun, hubungan harmonis itu akhirnya kandas. Pasangan dengan dua anak adopsi Isabella Jane (kelahiran 1993) and Connor Antony (kelahiran 1995) itu resmi bercerai pada pertengahan 2001. Perceraian itu diwarnai munculnya sosok Penelope Cruz, lawan main Cruise di Vanilla Sky (2001). Meski membantah berselingkuh, Cruise benar-benar jatuh ke pelukan Cruz bercerai dari Kidman.

Sebelum akhirnya bertemu suami keduanya, Keith Urban, Kidman sempat dikabarkan menjalin kasih dengan sejumlah pria seperti Jude Law, lawan mainnya di Cold Mountain (2003), Robbie Williams, Adrien Brody, dan Lenny Kravitz. Pernikahannya dengan Urban pada Juni 2006 dikaruniai satu putri, Sunday Rose Kidman Urban, setahun kemudian.(MB-21)
*** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar