MALANG-BISNIS.COM - PELUIT PANJANG. SPANYOL JUARA DUNIA. (Tebakan Paul si Gurita Peramal lagi-lagi benar : Spanyol membuktikan diri sebagai yang terbaik - meski pertandingan babak final bukan yang terbaik. Pertarungan berjalan keras, 14 kartu kuning dikeluarkan wasit).


Akhirnya sampai juga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini pada puncaknya, partai final. Kedua tim yang bertemu di final ini merupakan tim-tim unggulan yang namanya sering didengungkan sebelum Piala Dunia ini bergulir, Belanda dan Spanyol. Keduanya akan bertemu di Stadion Soccer City, Johannesburg untuk mencatatkan sejarah baru dalam Piala Dunia. Sebab, kedua tim belum pernah menjadi juara Piala Dunia.

Babak Pertama
Spanyol tetap memainkan agresifitas permainan mereka seperti yang mereka tunjukkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dan itu terbukti baru 4 menit berjalan tandukan Sergio Ramos menyambut umpan Xavi Hernandes sudah membuat pendukung Oranje ketir-ketir. Maarten Stekelenburg tampil menjadi pahlawan dengan penyelamatan gemilangnya menahan tandukan Ramos tersebut.

Belanda juga membuka peluang melalui Dirk Kuyt, ia mencoba menendang dari luar kotak penalti, tapi tendangannya masih tepat dalam dekapan Iker Casillas.

Menit 10 Spanyol melalui Sergio Ramos mengancam gawang Belanda lagi, penetrasi yang ia lakukan ia akhiri dengan tendangan keras ke gawang, namun tendangannya tersebut masih bisa diblok pemain Belanda. Dua menit kemudian giliran David Villa yang mengancam, tapi tendangan volleynya masih melebar di gawang Belanda.

Pertandingan ini berlangsung keras, sampai menit 30 saja sudah tercatat wasit Webb asal Inggris terpaksa mengeluarkan 4 kartu kuning. Masing masing untuk Robin van Persie (15), Carles Puyol (17), Mark van Bommel (22), Sergio Ramos (23) dan Nigel De Jong (28). Tendangan keras Wesley Sneijder saat mengeksekusi set piece karena pelanggaran yang dilakukan oleh Carlos Puyol di menit ke 17 tadi menyisir deras ke gawang Spanyol, namun masih bisa di tangkap dengan baik oleh Casillas.

Memasuki menit ke 33 terjadi kejadian menarik, tendangan bola fair play dari tengah lapangan yang dilakukan pemain Belanda gagal diantisipasi oleh Casillas dan menyebabkan tendangan sudut. Pemain Belanda pun memberikan tendangan sudut ke arah Casillas, dengan maksud meneruskan bola fair play tadi.

Memasuki penghujung babak pertama, Robben mencoba melakukan tendangan spesialnya ke arah kiri gawang Spanyol. Penyelamatan gemilang Casillas mengurungkan bola itu masuk ke gawang Spanyol. Hingga babak pertama usai belum ada gol yang tercipta 0-0.

Berikut statistik untuk babak pertama.Belanda vs Spanyol
shots on target : 3 - 1
shots off target : 0 - 3
possession (%) : 44 - 56
corner kicks : 4 - 1
offsides : 2 - 4
fouls : 12 - 8
yellow cards : 3 - 2
red cards : 0 - 0

Babak Kedua
Kedua tim sama-sama mencoba membuka peluang. Robben mencoba tendangan menyisir tanah dari luar kotak penalti, Casillas lebih sigap mengantisipasi tendangan di menit 51 itu. Dua pemain Belanda dihadiahi kartu kuning di menit ke 54 dan 57, yaitu Giovanni v. Bronckhorst dan Johnny Heitinga atas ulah mereka dalam menghadang pemain Spanyol.

La Roja berusaha memasukkan darah segar dengan menarik keluar Pedro Rodriguez dan memasukkan Jesus Navas di menit 59. Semenit kemudian umpan terobosan Sneijder kepada Robben, Robben yang lepas dari jebakan offside tinggal berhadapan dengan Casillas. Namun sayang tendangannya masih membentur kaki kiper Real Madrid tersebut.

Kedua tim tetap saling serang untuk mencetak gol. Spanyol melalui Navas mengirim bola ke kotak penalti Belanda. Heitinga yang mencoba menghalau sedikit terpeleset, bola pun jatuh ke Villa yang langsung menyambar bola tersebut. Bola gagal masuk karena Heitinga berhasil memblok bola tersebut untuk menebus kesalahannya.

Di menit ke 71 Belanda menarik keluar Dirk Kuyt yang terlihat kelelahan dan menggantinya dengan Eljero Elia. Sesaat kemudian malah Spanyol yang mendapatkan peluang emas, jika saja tandukan Sergio Ramos yang untuk kedua kalinya ini tidak melebar, mungkin kedudukan akan berubah. Robben mendapatkan kartu kuning di menit ke 84 atas protes kerasnya terhadap wasit.

Cesc Fabregas dimasukkan oleh Del Bosque di menit 85 untuk menggantikan Xabi Alonso dengan harapan akan memberi perubahan di lini tengah Spanyol. Namun sampai babak kedua usai skor tetap 0-0 untuk kedua tim.

Perpanjangan Waktu Babak Pertama
Ravael van der Vaart masuk di menit 99, de Jong keluar. Hal ini demi menambah daya serang lini tengah Belanda. Spanyol mendapatkan 2 peluang beruntun melalui Iniesta dan Navas di menit ke 99 dan 100, tapi berkat kesigapan bek Belanda gol pun urung tercipta.

Perpanjangan Waktu Babak Kedua
Fernando Torres dimasukkan untuk menggantikan David Villa. Di menit 109 Spanyol mendapatkan peluang melalui Iniesta, usahanya dihentikan oleh Heitinga. Heitinga pun terpaksa dikartu merah oleh wasit karena sudah mengantongi kartu kuning sebelumnya. Belanda dalam tekanan karena harus bermain dengan 10 orang.

Unggul jumlah pemain, Spanyol terus memborbardir pertahanan Belanda. Melalui Andres Iniesta mereka berhasil mencetak gol di menit 116. Spanyol jadi juara untuk pertama kalinya di tanah Afrika.

INILAH REVIEW MENIT-PER MENIT JALANNYA PERTANDINDINGAN ...
(DARI MENIT TERAKHIR, MUNDUR)

MENIT 30

PELUIT PANJANG. SPANYOL JUARA DUNIA. (Tebakan Paul si Gurita Peramal lagi-lagi benar : Spanyol membuktikan diri sebagai yang terbaik - meski pertandingan babak final bukan yang terbaik. Pertarungan berjalan keras, 14 kartu kuning dikeluarkan wasit).

Ditambah 2 menit. Saat-saat menengangkan untuk Spanyol. Torres terkapar di lapangan...

MENIT 29

Permainan Spanyol melambat. Beberapa menit lalu, ada dua kartu kuning untuk pemain Belanda kartu memprotes wasit dan satu untuk Iniesta karena lepas kaos usai cetak gol.

MENIT 25

GOLLLL UNTUK SPANYOL. 1-0 UNTUK SPANYOL. Dicetak oleh Iniesta yang lesakkan bola setelah dapat bola dari Fabregas.

MENIT 21

Kartu kuning lagi-lagi untuk Belanda, untuk Van der Wiel. Kini ada delapan pemain Belanda yang terkena kartu kuning.

MENIT 20

Tendangan bebas untuk Spanyo hanya 21m dari gawang Belanda. Xavi sang algojo gagal goyang gawang Belanda.

MENIT 18

Heitinga jatuhkan Iniesta. Kartu kuning kedua, Heitinga harus tinggalkan lapangan.

MENIT 16

Babak kedua perpanjangan waktu telah dimulai. Torres akhirnya dipasang juga... menggantikan Villa.

MENIT 15

BABAK PERTAMA PERPANJANGAN WAKTU SELESAI. Masih juga 0-0.

MENIT 14

Komentator BBC Chris Waddle : "Spanyol lebih layak juara. Mereka makin dekat ke predikat tersebut, bermain lebih positif dibandingkan Belanda."

MENIT 12

Masih 0-0. Akan tragis bila upaya selama dua tahun harus ditentukan dengan adu penalti.

MENIT 10

Spanyol terus tekan Belanda. Villa di sektor kiri Belanda, kiper sudah salah langkah tapi tendangan tak tepat sasaran. Mana Torres?

MENIT 8

Spanyol sia-siakan peluang. Komentator BBC Chris Waddle : "Pemain belakang Belanda terlihat tak punya energi."

MENIT 7

Tendangan sudut untuk Spanyol, seperti biasa diambil oleh Xavi, Puyol sundul bola, melebar.

MENIT 4

Fabregas sendirian berlari ke jantung pertahanan Belanda, tembak bola dengan kaki kiri, bisa dihalau oleh kiper Belanda Stekelenburg ...

MENIT 2

Kemelut di depan gawang Belanda, beberapa pemain Spanyol terjatuh. Penalti? Tidak. Hanya tendangan sudut untuk Spanyol yang (lagi-lagi) tak bisa berbuah gol. Masih 0-0.

MENIT 1 BABAK PERTAMA PERPANJANGAN WAKTU


Kick off lagi... Komentator BBC Alan Hansen : "Seharusnya Spanyol menang. Mereka bermain lebih bersih dan lebih bagus."

MENIT 90

Para pemain Belanda kelilingi Robben yang sepertinya kecewa tak bisa ambil peluang.

Komentator BBC Graham Taylor : "Villa tak bermain bagus, tapi kenapa Torres tak dipasang? Apakah ada sesuatu di kam Spanyol. Ayo pasang Torres."

BABAK KEDUA BERAKHIR. Komentator BBC Chris Waddle : "Belanda terlihat letih, tapi toh Spanyol yang kuasai pertandingan tak bisa cetak gol."

Pertandingan ditambah 3 menit. Para pemain sepertinya bersiap ke babak perpanjangan waktu, tak lagi ngotot kejar bola.

MENIT 87

Mulai tegang. Apa karena kedua tim sama-sama belum pernah menjuarai Piala Dunia?

MENIT 85

Alonso diganti kapten Arsenal Cesc Fabregas. Kesempatan bagi Fabregas untuk bersinar. Darah bagi Spanyol bila laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Masih 0-0.

MENIT 82

Robben berlari sendirian ke pertahanan Spanyol, bisa lewati Puyol... gagal tembak bola, Casillas lebih sigap.

MENIT 80

Spanyol tekan Belanda. Alonso kirim bola ke Iniesta yang menusuk jantung Belanda. Terjatuh. Gawang Belanda masih aman.

MENIT 76

Tendangan sudut untuk Spanyol. Ramos sundul bola....... melambung ke atas mistar. Bisa 1-0 untuk Spanyol...

MENIT 75

Lima belas menit lagi babak kedua berakhir. Belum ada serangan yang benar-benar ancam gawang Belanda atau Spanyol. Akankah harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu?

MENIT 73

Tendangan bebas dari luar kotak penalti Belanda, diambil oleh Villa, yang sejauh ini sudah cetak lima gol. Salah sasaran.

MENIT 71

Fabregas terlihat melakukan pemanasan di pinggir lapangan.

MENIT 69

Peluang emas bagi Spanyol. Navas kirim bola dari sektor kiri, Villa berdiri bebas, tembak, bisa dihalau oleh kiper Belanda. Masih 0-0.

MENIT 66

Capdevilla terkena kartu kuning karena jatuhkan Van Persie. Ini kartu yang ke-8 dalam laga final.

MENIT 64

Peluang Robben = peringatan bagi Spanyol. Di mana kehandalan Xavi dan Iniesta? Spanyol lakukan pergantian permain beberapa menit lalu, Navas masuk gantikan Pedro.

MENIT 61

Peluang emas bagi Belanda. Sneijder kirim bola ke Robben yang berlari kencang, dibuntuti dua pemain Spanyol. Casillas menjadi pahlawan Spanyol, ia mampu tepis tendangan Robben. Harusnya 1-0 untuk Belanda.

MENIT 60

Masih 0-0. Kerja Webb makin lama makin sulit karena pertandingan berjalan keras.

MENIT 58

Tendangan bebas untuk Belanda, Heitinga siap menyundul bola di depan gawang Casillas, off side...

MENIT 54

Tendangan bebas untuk Spanyol. Tendangan Xavi tidak tepat sasaran. Papan skor belum berubah. Sebelumnya kapten Belanda Van Bronckhorst terkena kartu kuning.

MENIT 51

Belanda coba keluar dari tekanan Spanyol. Bangun serangan melalui Robben, tembak bola, bisa ditahan dengan baik oleh Casillas.

MENIT 50

Spanyol memulai babak kedua persis seperti di babak pertama. Tekan dan tekan Belanda.

MENIT 47

Tendangan sudut untuk Spanyol. Puyol umpan bola ke Capdevilla, sayang tak bisa ditembak dengan baik. Masih 0-0.

MENIT 45

Babak kedua telah dimulai...

BABAK PERTAMA BERAKHIR

Pembaca BBC Mark di Berlin : "Taktik Belanda sebenarnya sederhana. Rusak irama Spanyol. Hasilnya, Belanda terkena banyak kartu. Jelek tapi efektif untuk redam Spanyol."

Komentator BBC Graham Taylor : "Hhm, pertandingan 45 menit yang membosankan."

Komentator BBC Alan Shearer : "Harusnya Belanda bermain dengan sembilan orang..." Ya, Belanda memang bermain keras. Ingat insiden De Jong terhadap Alonso? Harusnya langsung kartu merah.

Wartawan BBC Paul Fletcher : "Pertahanan Belanda sebenarnya tidak begitu solid. Namun belum ada ujian berat bagi mereka dalam 45 menit."

Masih 0-0. Komentator BBC Chris Waddle : "Babak pertama yang sama sekali tidak cantik." Alan Hansen : "Total football? Ah lupakan saja..." Bila pertandingan masih saja seperti ini, rasanya sulit untuk menjadi pertandingan klasik.

MENIT 45

Belanda gempur Spanyol. Pertahanan Spanyol tidak bisa halau bola. Masih belum berbuah gol. Pertandingan ditambah dua menit. Masih 0-0.

MENIT 41

Pertandingan makin keras. Para pemain Belanda dan Spanyol saling menjatuhkan satu sama lain. Tendangan bebas kali ini untuk Spanyol. Diambil Alonso. Tendangan Alonso tidak tepat sasaran. Masih 0-0.

MENIT 37

Tendangan sudut untuk Belanda. Robben kirim bola ke pertahanan Spanyol. Lagi-lagi gagal berbuah gol. Spanyol membalas dengan serangan balik. Tendangan Pedro melebar.

MENIT 35

Sepuluh menit lagi babak pertama berakhir. Belum seru. Irama permainan terganggu dengan beberapa pelanggaran yang berujung pada terlalu banyak tendangan bebas.

MENIT 32

Andalan Belanda Robben selalu ditempel dua pemain Spanyol. Perlahan-lahan namun Belanda mulai unjuk gigi.

MENIT 30

Setengah jam berlalu. Belum ada peluang emas dari kedua tim. Masih 0-0. Spanyol menguasai permainan tapi belum bisa jebol gawang Belanda.

MENIT 27

De Jong dengan tendangan ala Kung Fu menghantam Alonso yang langsung terkapar. Webb keluarkan kartu kuning. Harusnya kartu merah. Lima kartu kuning sejauh ini. Komentator BBC Graham Taylor : "Jelas kartu merah."

MENIT 25

Belanda masih gugup. Terlalu banyak kehilangan bola. Masih 0-0 di Soccer City. Suara vuvuzela juga tidak begitu keras terdengar.

MENIT 22

Ramos juga mendapat kartu kuning. Sudah empat kartu kuning dikeluarkan oleh wasit Webb dari Inggris. Webb sehari-hari adalah polisi. Dia sedang cuti di luar tanggungan selama lima tahun untuk menekuni 'pekerjaan sampingan' sebagai wasit...

MENIT 21

Kartu kuning untuk pemain Belanda, Van Bommel, yang jatuhkan Iniesta.

MENIT 17

Tendangan bebas untuk Belanda, tendangan langsung Sneijder bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Spanyol, Casillas. Komentator BBC Chris Waddle : "Belanda boleh kalahkan Brasil, namun sejauh ini belum memiliki taktik jitu untuk jinakkan Spanyol."

MENIT 16

Puyol dikartu kuning oleh wasit Webb karena jatuhkan Robben.

MENIT 14

Van Persie terkena kartu kuning akibat pelanggaran terhadap Capdevilla. Komentator BBC Graham Taylor : "Lima belas menit pertama Spanyol lebih baik."

MENIT 12

Komentator BBC Chris Waddle : "Belanda harus kuasai lapangan tengah untuk bisa tekan balik Spanyol." 61% bola memang dikuasai Spanyol. Umpan satu-dua Spanyol masih efektif tekan Belanda.

MENIT 10

Ramos di pertahanan Belanda, tembak... Bisa dihalau.

MENIT 9

Komentator BBC Mark Lawrenson : "Belanda masih gugup. Mereka belum bermain lepas."

MENIT 7

Tendangan spekulatif pertama Belanda, namun tendangan Kuyt di luar kotak penalti Spanyol terlalu lemah.

Pembaca BBC Mohammed di Zambia, melalui SMS menulis : Bulan lalu saya taruhan dan menaruh uang $2000 untuk Belanda. Tapi Paul, si gurita peramal mengatakan Spanyol akan juara..."

MENIT 4

Tendangan bebas untuk Spanyol. Diambil Xavi, langsung ke jantung pertahanan Belanda. Tembak ke gawang, bisa ditepi kiper Belanda. Masih 0-0.

MENIT 2

Spanyol ambil inisiatif serangan. Robben harus diberi bola agar Belanda bisa keluar dari tekanan awal.

MENIT 1

Kick off. Laga final resmi dimulai...

4 MENIT SEBELUM KICK OFF

Lagu kebangsaan Belanda dan Spanyol telah diperdengarkan. Kebanyakan komentator BBC menjagokan Spanyol. Demikian juga dengan Paul si Gurita Peramal... Bagaimana dengan Anda? Kirim prediksi Anda melalui SMS ke +44 7786 20 0050.

6 MENIT SEBELUM KICK OFF

Komentator BBC Graham Taylor : "Van Persie belum menunjukkan permainan terbaik. Di Arsenal dia selalu mendapat bola. Di sini, ia jarang disodori umpan. Dia harus bersaing dengan Robben dan Sneijder."

12 MENIT SEBELUM KICK OFF

Trofi Piala Dunia telah berada di stadion, dibawa oleh Cannavaro, kapten Italia, yang merebut trofi ini empat tahun lalu dengan mengalahkan Prancis di babak final.

17 MENIT SEBELUM KICK OFF

Pengamat sepak bola BBC Lee Dixon : "Sulit bagi Belanda untuk kalahkan Spanyol. Passing Spanyol tiada duanya." Jumlah umpan di antara pemain Spanyol lebih dari 3000 selama Piala Dunia sementara Belanda 'hanya' 2000 umpan.

20 MENIT SEBELUM KICK OFF

Wartawan Daily Telegraph Henry Winter melalui Twitter : "Torres memasuki stadion. Dia tidak ikut pemanasan..."

24 MENIT SEBELUM KICK OFF

Pengamat sepak bola Spanyol Guillem Balague di Radio BBC Radio 5 live : "Aneh memasang Pedro untuk menggantikan Torres. Pedro adalah pemain sayap. Torres bisa membantu Villa dengan ruang dan bola. Bila Villa dipasang sebagai penyerang tunggal, dia tidak akan efektif."

30 MENIT SEBELUM KICK OFF

Pengamat sepak bola BBC Alan Hansen : "Tidak mengherankan bila Torres dicoret dari daftar pemain inti. Di Piala Dunia ini dia bukan seperti Torres yang kita kenal."

Torres dilaporkan cedera dan posisinya mungkin akan disi pemain Barcelona, Pedro.

32 MENIT SEBELUM KICK OFF

Dari anil1589 melalui twitter : "Baggio, Ronaldo, Kahn dan Zidane. Siapa korban kutukan final Piala Dunia? Mungkin Villa."

35 MENIT SEBELUM KICK OFF

Kapten Belanda Giovanni van Bronckhorst : "Piala Dunia ini milik kami. Feeling saya, Belanda tidak kalah. Kami memang tidak selalu tampil cantik, tapi kami mencetak gol di saat-saat penting. Dua kali kami hampir juara dan saya akan puas bila saya bisa tersenyum di akhir pertandingan."

Pemain Spanyol Andres Iniesta: "Ini adalah saat-saat yang bersejarah. Membayangkan pertandingan final Piala Dunia membuat bulu kuduk saya berdiri. Kami semua memimpiikan pertandingan ini. Mimpi ini harus kita wujudkan menjadi kenyataan. Kami berada di tahapan terakhir, tahapan terpenting sekaligus paling indah."

60 MENIT SEBELUM KICK OFF

Hanya akan ada satu juara. Dan siapapun nanti yang menang, ini adalah capaian pertama. Belanda belum pernah menjuarai Piala Dunia, demikian juga dengan Spanyol.

Belanda mencapai babak final Piala Dunia 1974 dan 1978, namun trofi Piala Dunia gagal dibawa pulang. Akankah sukses dalam upaya ketiga? Spanyol berpeluang samai prestasi Prancis, dengan menjurai Piala Dunia dan Piala Eropa dalam selang waktu dua tahun.(MB-12)
***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM