Paduan Suara Malang Raih Penghargaan di Spanyol | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - [ BERITA KOTA  MALANG ] - Paduan Suara Gracioso Sonora Choir dari Kota Malang, berhasil meraih dua penghargaan dalam Festival Cantonigros yang diselenggarakan di Cantonigros, Catalunya, Spanyol.

Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri dalam keterangan persnya, Jumat mengatakan bahwa paduan suara dari Malang itu meraih juara ketiga untuk kategori Paduan Suara Campuran Klasik (Mix Choir Classic) dan juara tiga kategori Paduan Suara Campuran Musik Populer (Mix Choir in Popular Music).

Sementara peringkat pertama pada kedua kategori itu dimenangkan Filipina, sedangkan posisi kedua untuk kedua kategori itu diraih Slovenia, ujarnya.

Festival Musik Internasional Cantonigros yang pada tahun ini diikuti oleh 23 negara, adalah kompetisi dan pagelaran paduan suara dan tari, yang secara keseluruhan terbagi dalam lima kategori.

Kategori pertama adalah Paduan Suara Campuran (Klasik), kategori kedua adalah Paduan Suara Anak-anak, kategori ketiga adalah Paduan Suara Vokal Wanita, sedangkan kategori ke-empat dan kelima adalah Paduan Suara Campuran Lagu Populer, dan Kategori Tarian Tradisional.

Kelompok paduan suara dan tari dari berbagai negara berpartisipasi dalam festival ini dalam kontes yang diadakan setiap hari, dan beberapa akan terpilih untuk tampil dalam konser malam harinya.

Selama kehadirannya di Spanyol, selain mengikuti Festival Cantonigros, PS Gracioso Sonora juga tampil dalam acara penyerahan penghargaan sosial yang diadakan Bancaja, suatu bank swasta di Spanyol, di Palau de la Musica de Catalunya, Barcelona.

Acara ini mempunyai kekhususan mengingat Bancaja adalah bank di Spanyol yang mempunyai program pemberian kesempatan kerja bagi para penyandang cacat.

Pada acara yang diadakan merupakan penyerahan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi dengan Bancaja untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada para penyandang cacat tersebut.

Dalam penampilannya di acara yang terbilang elit tersebut, PS Gracioso Sonora menampilkan delapan lagu dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Lajengan (Madura), Soleram (Riau), Bubuy Bulan (Jawa Barat), Wor (Papua), Ahtoi Porosh (Kalimantan), Sudah Berlayar (Maluku), Montor-Montor Cilik (Jawa), dan Luk-Luk Lumbu (Banyuwangi).

Sebelum tiba di Spanyol, grup yang terdiri dari 16 vokalis perempuan dan 12 pria dengan konduktor Budi Susanto dan manajer Amanda Hasibuan ini juga baru saja menyelesaikan beberapa festival yang diikutinya di Jerman dan Belanda. (MB-21)

***

3 komentar:

Helmy mengatakan...

Wah...hebat bro...
sungguh...aku merasa bangga.....
semoga ini bisa membuat semangat yang lain untuk terus berkarya....

suwune mengatakan...

selamat ya ... semoga indonesia tetap jaya, biarpun korupsi tetap merajalela!!!!!!!! suwun

triksitus mengatakan...

memang sebernarnya orang-orang kita hebat-hebat... maju terus Indonesia!! :D

Posting Komentar