Rahasia Keharmonisan Katon - Ira Wibowo | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - JAKARTA – Komunikasi salah satu unsur yang sangat penting bagi pasangan suami istri selebritis Katon Bagaskara dan Ira Wibowo. Menurut mereka komunikasi dapat menjadikan keluarga yang harmonis. "Komunikasi amat penting dalam sebuah keluarga. Komunikasi harus ikut dinamis. Makanya kita nggak boleh bersikap saya tahu kok.
Jangan lengah, harus memperhatikan misalnya suami punya hobi baru," ucap Ira Wibowo. "Kami sedang cari komitmen, kalau lagi ngobrol taruh dulu BB-nya. Quality time itu penting. Kalau pekerjaan itu masih bisa didapat, tapi kalau keluarga sudah hancur susah memperbaikinya," sambut Katon.

Tak jarang pula dalam sebuah keluarga mengalami perbedaan antara suami-istri, begitu pula dengan Katon dan Ira. Mereka pun mempunyai pengalaman selisih paham. "Pengaturan kamar, Katon sukanya yang super rapi. Katon sudah tidur, lihat buku miring sedikit dia langsung bangun untuk membenarkannya. Kalau saya dalam suasana agak berantakan pun saya tahu apa ada dimana. Jadi kita bagi area. Tapi kadang cara itu nggak efektif jadi saya harus mengalah. Walaupun saya mengalah dari sisi ego, tapi saya menang untuk keluarga,"kata Ira.

Menurut Ira, keluarga harmonis dapat diwujudkan dengan menyelesaikan masalah lewat berkomunikasi. "Kalau semuanya serba sempurna engga ada perbedaan pendapat itu engga mungkin. Asalkan ada komunikasi, semua masalah bisa diselesaikan. Memang klise tapi memang komunikasi adalah kunci keharmonisan keluarga. Punya kesepakatan kalau ada masalah enggak dipendam biar engga booming. Pokoknya kalau ada yang mengganjal diselesaikan hari itu juga. Kesepakatan dari awal menikah kalau ada masalah langsung diselesaikan. Batas waktu malam setelah kejadian. Kadang kita engga sadar kalau sudah menyinggung perasaan. Kalau engga dbicarain nggak tahu," terang Ira.

Banyaknya pasangan suami istri yang berpisah karena kasus perselingkuhan, Katon memungkinkan karena kurangnya komunikasi. "Pasti berbeda dari satu keluarga ke keluarga. Sangat individual dari satu pasangan ke pasangan. Sisi pandang perempuan memandang kebutuhan laki-laki sangat berbeda dengan laki-laki memandang kebutuhan perempuan. Kalau sudah saling mengerti kebutuhan pasti harmonis. Seorang perempuan sangat ingin financial security. Tapi seorang istri kalau tahu suaminya seperti apa dia pasti tahu cara ngomong. Suami yang diomongin bukan uang tapi achivement/ apresiasi. Kadang istri lupa untuk melakukannya," papar Katon.

Seringnya melakukan komunikasi, membuat pasangan Ira Wibawo dan Katon Bagaskara memperkecil permasalahan yang sedang dihadapinya bersama. "Komunikasi nggak ada putusnya. Kalau engga bisa ketemu muka, sekarang kan teknologi udah canggih banget. Jadi nggak ada alasan jarang ketemu, enggak sempat," kata Ira.

Nah, kapan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi?. "Malam, ketika anak-anak sudah tidur. Rumah sudah tenang. Cara memulainya, colek saja," tandas Ira dibumbui canda. (MB34).
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar