بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

MALANG-BISNIS.COM - Kehidupan dunia adalah ladang untuk akhirat. dikehidupan dunia semua yang likakukan oleh setiap orang akan dihitung dan akan diberikan akibat dan balasannya. jika baik maka baik pula balasan dari Allah baginya. dan jika buruk maka buruk pula balasan dari Allah atasnya kecuali orang-orang yang Allah kehendaki.

Kehidupan di alam kubur adalah sebuah masa yang akan dialami setiap manusia setelah kehidupannya di dunia dan sebelum memasuki kehidupan di akherat. tidak seorang pun yang akan melewatkan kehidupan ini, baik kaya atau miskin, sehat atau sakit, orang baik atau buruk. semua akan mengalami kehidupan kubur ini.

Ada 2 kemungkinan ketika seseorang yang telah meninggal dan telah masuk dalam kehidupan kubur. di siksa atau di beri kenikmatan. dan pada pembahasan saat ini, adalah tentang sebab-sebab siksa kubur. adapun termasuk sebab-sebab seseorang memperoleh siksa kubur adalah sebagai berikut :

1. Adu Domba.

Yaitu perkataan yang memprovokasi antar orang untuk saling membenci dan bermusuhan atau istilah populernya adalah adu domba. dari Ibnu Abbas -Rodhiyallah 'anhu- berkata ketika Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- berjalan melewati 2 kuburan bersabda :

Artinya : "Bahwasanya kedua orang tersebut sedang di siksa. dan meraka di siksa tidak karena dosa besar (menurut manusia), salah satu dari mereka (di siksa) karena adu domba (namimah)." (HR Bukhori dan Muslim)

2. Tidak Cebok Setelah Kencing.

Perkara tidak cebok setelah kencing mungkin telah dianggap biasa oleh kebanyakan orang. dan mungkin itu juga telah dianggap hal yang sepele dan tanpa akibat. akan tetapi aggapan itu sangatlah salah, karena tidak cebok setelah kencing adalah salah satu sebab seseorang mendapatkan siksa kubur. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda pada lanjutan hadist diatas :

وأما الآخر فكان لا يستتر من بوله

Artinya : "...adapun yang lainnya maka dia tidak cebok setelah kencing." (HR Bukhori dan Muslim)

3. Korupsi/Mengambil Sebagian Harta Masyarakat Muslim.

Berbuat korupsi/mengambil harta dari masyarakat muslim walau sedikit tanpa hak adalah salah satu dari penyebab seseorang mendapatkan siksa kubur. Allah berfirman :

وَمَا كَانَ لِنَبِيٍّ أَنْ يَغُلَّ وَمَنْ يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ القِيَامَةِ

Artinya : "Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu.." (QS Ali Imran : 161)

4. Tidak Membaca Al-Qur'an.

Enggan atau tidak mau membaca al-qur'an juga salah satu penyebab mendapat siksa kubur. dan juga barang siapa yang tidak membaca al-qur'an maka termasuk musuh para Nabi. Allah berfirman :

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا # وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ وَكَفَى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا

Artinya : "Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diacuhkan. Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong." (QS Al-Furqan : 30-31)

Diatas adalah beberapa penyebab seseorang mendapatkan siksa kubur. Allah dan Rosul-Nya telah memperingatkan setiap manusia. tinggal diri kita yang sadar atau tidak. Semoga Allah menghindarkan diri kita dari siksa kubur. Amien.
إنهما ليعذبان وما يعذبان في كبير أما أحدهما فكان يمشي بالنميمة
(MB1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM