Sukses Diet di Akhir Pekan | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - ARTIKEL KESEHATAN - Apa pun rencana Anda di akhir minggu, nikmatilah. Namun, jangan sampai Anda kehilangan kebahagiaan karena bobot tubuh Anda naik setelah akhir pekan. Tidak mudah memang tetap disiplin menjaga pola makan pada hari Sabtu dan Minggu. Hal itu terasa lebih karena begitu banyak undangan makan yang menyajikan menu-menu yang tidak bersahabat dengan lingkar pinggang.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Quinnipiac University di Amerika  menunjukkan, liburan mampu merusak diet yang sudah dilakukan selama berminggu-minggu hanya karena mereka yang sedang berdiet cenderung tidak bisa mengendalikan makanannya. Tapi tenang, ada trik agar Anda tidak kebablasan makan di akhir pekan.

* Home sweet home
Rencana akhir pekan di rumah? Berhati-hatilah karena godaan menikmati camilan di rumah cukup tinggi. Ketika Anda bermalas-malasan sambil menonton film yang baru dibeli, Anda bisa menghabiskan satu bungkus besar keripik kentang dan kacang goreng dalam sekejap. Hasilnya, kalori yang masuk tak seimbang dengan pembakarannya. Bobot Anda pun naik secara perlahan tapi pasti. Mulailah ubah kebiasaan ini dan nikmati hasilnya.

Do's: Makanlah pada jamnya. Makan teratur bisa membuat perut Anda kenyang dan mengurangi keinginan untuk menikmati camilan. Jika tak kuat untuk tidak mengunyah, sepotong apel atau tiga genggam popcorn bisa menjadi pengganti keripik kentang. Ada baiknya jika setengah porsi nasi pada menu makan siang dan malam diganti dengan sayuran dan buah. Lakukanlah kegiatan seperti bermain game, chatting, atau membaca buku karena bisa mengalihkan perhatian Anda terhadap makanan. Lebih seru lagi jika Anda memutuskan untuk membersihkan rumah dan kamar. Selain bersih, tak terasa Anda telah sukses berolahraga saat liburan.

* Ngopi di kafe
Menyenangkan memang jika bisa menenangkan pikiran di akhir minggu dengan segelas kopi favorit sambil membaca buku, mengobrol, atau browsing di kafe langganan. Tapi hati-hati karena obrolan ringan bersama seorang teman selama beberapa jam ternyata mampu menghabiskan satu gelas caramel frapuccino, sepotong tiramisu, dan satu porsi kue cokelat yang lezat.

Do's: Jika memungkinkan, mintalah pelayan untuk mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori untuk minuman Anda. Pilihlah minuman yang tidak mengandung whipped cream. Jika ada, maka pilih kue yang terbuat dari sayuran. Usahakan untuk tidak memilih makanan yang manis jika minuman sudah manis. Terakhir, jangan lupakan air putih. Sebotol air putih dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak kue.

* Jalan-jalan di mal
Mal memang menjadi pilihat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Selain banyak yang bisa dilihat, tempat ini juga menyediakan banyak tempat makan dan ngobrol yang asyik. Biasanya, restoran cepat saji kerap menjadi pilihan. Anda pun bisa terbawa suasana untuk mencicip ini dan itu. Waduh!

Do's: Jika mengunjungi restoran burger, pilihlan menu yang terdiri atas ayam dan sayuran. Pilih antara mayones atau keju sebagai pelengkap, jangan keduanya. Untuk piza, tak ada salahnya mencoba menu yang banyak mengandung sayuran dibanding daging. Jika masih ingin mencicipi es krim, maka cobalah frozen yogurt yang tak kalah lezat tetapi juga sehat. Setelah makan, berkelilinglah selama 1 jam sambil melihat-lihat toko favorit. Selain ampuh membakar kalori, siapa tahu Anda menemukan tas lucu yang sedang didiskon.

* Pesta kerabat
Godaan untuk icip-icip makanan pesta yang jarang Anda temui merupakan tantangan terberat di akhir pekan. Ada cara jitu agar diet Anda tak rusak, yaitu jangan berlebihan!

Do's: Jika Anda tertarik untuk mencoba setiap makanan utama, ambillah sebanyak satu sendok makan untuk setiap menu, begitu juga dengan nasinya. Bila ingin menikmati kue yang sangat menggiurkan, ajak teman untuk berbagi. Gantilah minuman manis atau coke dengan air putih. Pakailah gaun yang seukuran tubuh sehingga Anda bisa merasakan perut Anda membesar saat sudah terlalu banyak makan. Dijamin, Anda pun akan berhenti.

* Out of town
Mencoba berbagai makanan khas merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat berkunjung ke luar kota. Dengan langkah tepat, semua makanan bisa dicoba tanpa merusak diet Anda.

Do's: Jika ingin berwisata kuliner, usahakan Anda memiliki teman. Pilihlah menu-menu yang Anda inginkan, berbagilah dengan rekan. Dengan cara ini, walau banyak makanan yang Anda coba, porsi tetap terjaga. Jika sendiri, maka mintalah setengah porsi dari biasanya. Jangan lupa untuk mengimbangi wisata kuliner dengan jalan-jalan santai sambil menikmati kota baru. Jika ada penyewaan sepeda, maka tak ada salahnya Anda berkeliling menaiki sepeda.(MB-1)
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
(46) Hidup Sehat, Rezeki & Karir Melesat...!
(45) Tips Agar Bisa Tidur Dengan Lelap Dalam Empat Tahap
(44) Tips Agar Bugar Dan Berenergi Dalam 10 Menit ...!
(43) Ayo...Lakukanlah Perubahan Kecil Karena Bisa Berdampak Besar
(42) Optimislah...Karena Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda...!
(41) Alat Yang Bisa Mendeteksi Autisme Dari Suara
(40) Waxing' Organ Intim Tingkatkan Gairah
(39) Cara Aman Bersihkan Kotoran Telinga
(38) Makan Lebih Sedikit Tapi Berkualitas
(37) Penyakit Kurang Gizi Orang Modern
(36) Olahraga Bikin Masa Tua Lebih Bahagia
(35) Produk Lebah Penangkal Kanker
(34) Atasi Sakit Ginjal Dengan Herbal
(33) Kiat Hilangkan Kesepian Pada Lansia
(32) Kegemukan Sebabkan Kegagalan KB
(31) 5 Tanda Jantung Sehat
(30) Diet Untuk Penderita Gagal Ginjal
(29) 10 Kerugian Akibat Kurang Tidur
(28) Ayo Cari Tahu...Mengapa Rambut Cepat Ubanan
(27) Mengapa Ingatan Wanita Lebih Kuat Dari Pria
(26) Mewaspadai Gangguan Pola Makan
(25) 7 Rahasia Otak Pria
(24) Perlukah Kepala Bayi Digunduli sampai Plontos ?
(23) 11 Tips Cegah Disfungsi Ereksi
(22) Aturan Olahraga Saat Menstruasi
(21) Berinvestasi Dengan Sarapan
(20) Mentimun Yang Multiguna
(19) Rahasia Manusia Panjang Umur
(18) Makan Buahpun Ada Caranya
(17) Kulit Wanita Aktif Berpotensi Alami Penuaan Dini
(16) Meredam Berbagai Keluhan Dengan Kayu Putih
(15) Mengenal Kelainan Jantung Bawaan
(14) Mencegah Cacat Pada Janin
(13) Selaput Darah Bukan Ukuran Virginitas
(12) Tips Alami Membunuh Rasa Kantuk
(11) Keuangan Keluarga, Berhenti Merokok Dan Masa Depan
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar