Tarian Okokan Memukau Wisatawan | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MALANG-BISNIS.COM - ARTIKEL TRAVELING - Tarian Okokan yang ditampilkan oleh para seniman dari Desa Pekraman, Kediri, Kabupaten Tabanan, menjadi salah satu atraksi yang memikat wisatawan dalam rangkaian Tanah Lot Art Festival  (TLAF).
Pada hari ketiga festival, digelar berbagai atraksi kesenian yang dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 wita, seperti Slonding Duta dari Banjar Batugaing Kaja, Desa Beraban, yang beraksi pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 wita.

"Yang menarik perhatian pengunjung adalah atraksi Okokan yang merupakan instrumen semacam bel berukuran raksasa terbuat dari kayu yang dijadikan alat komunikasi oleh kelompok masyarakat di desa-desa terpencil," kata Manager Operasional Objek Wisata Tanah Lot, I Made Sujana.

Atraksi Okokan ini mengambil start di Wantilan Pekendungan dan berparade menuju depan Pura Penyawang. Sebagaimana diketahui tarian Okokan ini merupakan kesenian khas Tabanan yang banyak dipentaskan untuk menyambut tamu undangan.

Alat instrumen yang dipakai ukuran yang lebih kecil disebut kroncongan yang biasa dipasang di atas pohon untuk mengusir binatang-binatang perusak tanaman kelapa atau sebagai kalung ternak sapi dan kerbau.

Kesenian Okokan ini membuat semua wisatawan berhamburan menonton ke lokasi terlebih setelah melihat bentuk dan bunyinya sangat khas dan menarik perhatian mereka yang ingin menyaksikan atraksi tersebut.

Sesampainya di depan Pura Penyawang, Okokan kembali melakukan atraksi disertai dengan fragmentari yang ditarikan oleh beberapa penari wanita.

Tidak jarang wisatawan mengabadikan momen tersebut baik dengan kamera mereka maupun video. Selain itu, penampilan Salju Grup juga membuat penonton tertawa mendengar lawakannya.

Setelah Okokan, kegiatan yang menyemarakkan festival tahunan tersebut berupa penampilan Angklung Kebyar dari Desa Pekraman Abian Tuwung dan Bebarongan yang merupakan atraksi dari Desa Pekraman Suralaga.

Selain diadakan pagelaran seni dalam event tersebut selama tujuh hari, acara ini juga diisi kegiatan pameran produksi unggulan Kabupaten Tabanan. Pameran tersebut diikuti oleh para perajin usaha kecil menengah di Kabupaten Tabanan.

Sesuai jadwal kegiatan maka bertempat di Wantilan Tanah Lot, Enjung Galuh dan Surya Mandala,  menggelar atraksi tarian Prembun, Joged Bumbung, dan Arja Muani. (MB-19)

ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
(1) Melukis Diatas Langit

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar