MALANG_BISNIS.COM - ARTIKEL KESEHATAN - Mungkin Anda termasuk orang yang merasa sangat sibuk, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Tetapi apakah 10 menit saja tidak tersisa dari waktu Anda yang 24 jam? Enggak, kan?


Jika Anda ingin tubuh lebih segar, bugar, dan berenergi, banyak hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan dalam waktu 10 menit. Brandi Koskie, redaktur senior DietsInReview.com punya beberapa ide yang bisa Anda jalankan sehari-hari.

1. Berjalan kaki
Siapa bilang berjalan kaki harus dilakukan selama 30 menit hingga 60 menit? Sepuluh menit pun berarti, asal dilakukan secara teratur. Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit sebelum bekerja, makan siang, ataupun pada malam hari, untuk menggantikan waktu 30 menit tersebut. Dengan demikian, Anda akan dapat menghargai beberapa menit tambahan waktu Anda untuk menyegarkan pikiran, menggerakkan tubuh, dan menjauh dari meja kerja untuk sementara.

2. Sarapan
Sambil menunggu mesin mobil panas, atau menunggu pakaian Anda rampung disetrika si mbak, gunakan waktu untuk sarapan. Membuat omelet berisi sayur dan daging cincang tidak memakan waktu lebih dari 10 menit. Satu cup yogurt juga dapat disantap kurang dari 10 menit. Pilihan menu sarapan lainnya: oatmeal, sereal, roti gandum dengan selai kacang, atau empat keping crackers. Akhiri dengan segelas susu rendah lemak.

3. Tidur lebih awal
Merasa kurang tidur selama ini? Anda tidak perlu "membayarnya" dengan tidur berjam-jam sesudahnya. Biasakan saja untuk tidur 10 menit lebih cepat. Tak usah membawa buku, majalah, atau menonton TV di kamar. Pastikan tubuh Anda mendapatkan waktu istirahatnya sekitar tujuh sampai delapan jam.

4. Bangun lebih cepat
Jika Anda tidur 10 menit lebih awal, maka Anda juga akan bangun 10 menit lebih cepat. Dengan tambahan waktu 10 menit tersebut, Anda dapat mengisinya dengan olahraga ringan seperti latihan peregangan atau berlari. Atau, tentu saja, memiliki waktu lebih untuk bersiap-siap.

5. Bawa buah-buahan untuk snack
Potong buah-buahan, dan simpan ke dalam wadah makanan untuk dibawa ke kantor. Anda juga bisa menyiapkan malam sebelumnya, dan menyimpannya di lemari es. Pilihan lain, memotong wortel, tomat, atau selada, untuk campuran salad atau sandwich. Tambahkan potongan paprika, mentimun, dan seledri untuk makan siang. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari makan berlebihan pada minggu ini.

6. Tertawa
Tertawa sangat baik untuk pikiran dan jiwa Anda. Bahkan tertawa juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan! Dengan tertawa 10 menit, Anda dapat membakar 50 kalori. Gunakan 10 menit waktu istirahat Anda untuk chatting bersama teman, atau menonton video lucu di YouTube. Jika ada yang bertanya, katakan Anda sedang menggunakan waktu istirahat untuk menjaga kesehatan mental. Hal ini lebih baik daripada berkumpul dengan teman-teman yang sedang merokok.

7. Membaca
Anda dapat mencari bacaan-bacaan tentang kesehatan, dan mempelajari tentang kebugaran, kesehatan wanita, metabolisme, atau bahkan beberapa resep makanan sehat dari pakar kuliner. Majalah tentang kesehatan, nutrisi, dan kebugaran, kini juga semakin banyak dan dikemas dengan cara yang menarik. Anda dapat belajar sesuatu yang baru, dan menerapkan kebiasaan sehat untuk diri anda.

8. Membuat jadwal makan
Gunakan papan yang dapat dihapus, kalender, atau post-it untuk membuat jadwal makanan dalam satu minggu. Dimulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Kemudian, pergilah ke toko untuk membeli bahan makanan yang ada dalam daftar. Dengan demikian, Anda akan selalu diingatkan untuk berpegang pada menu makan yang sudah disusun, dan tidak mudah tergoda ajakan untuk makan di luar.(MB-12)
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
(43) Ayo...Lakukanlah Perubahan Kecil Karena Bisa Berdampak Besar
(42) Optimislah...Karena Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda...!
(41) Alat Yang Bisa Mendeteksi Autisme Dari Suara
(40) Waxing' Organ Intim Tingkatkan Gairah
(39) Cara Aman Bersihkan Kotoran Telinga
(38) Makan Lebih Sedikit Tapi Berkualitas
(37) Penyakit Kurang Gizi Orang Modern
(36) Olahraga Bikin Masa Tua Lebih Bahagia
(35) Produk Lebah Penangkal Kanker
(34) Atasi Sakit Ginjal Dengan Herbal
(33) Kiat Hilangkan Kesepian Pada Lansia
(32) Kegemukan Sebabkan Kegagalan KB
(31) 5 Tanda Jantung Sehat
(30) Diet Untuk Penderita Gagal Ginjal
(29) 10 Kerugian Akibat Kurang Tidur
(28) Ayo Cari Tahu...Mengapa Rambut Cepat Ubanan
(27) Mengapa Ingatan Wanita Lebih Kuat Dari Pria
(26) Mewaspadai Gangguan Pola Makan
(25) 7 Rahasia Otak Pria
(24) Perlukah Kepala Bayi Digunduli sampai Plontos ?
(23) 11 Tips Cegah Disfungsi Ereksi
(22) Aturan Olahraga Saat Menstruasi
(21) Berinvestasi Dengan Sarapan
(20) Mentimun Yang Multiguna
(19) Rahasia Manusia Panjang Umur
(18) Makan Buahpun Ada Caranya
(17) Kulit Wanita Aktif Berpotensi Alami Penuaan Dini
(16) Meredam Berbagai Keluhan Dengan Kayu Putih
(15) Mengenal Kelainan Jantung Bawaan
(14) Mencegah Cacat Pada Janin
(13) Selaput Darah Bukan Ukuran Virginitas
(12) Tips Alami Membunuh Rasa Kantuk
(11) Keuangan Keluarga, Berhenti Merokok Dan Masa Depan
***

1 komentar:

hafidz joker mengatakan...

thanks ya ats info nya.. bsa lngsng dipraktekan nh.. hehhehe

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM