MALANG-BISNIS.com - Setitik dua titik tahi lalat di wajah justru akan menjadi pemanis bagi wajah Anda. Tapi sebuah jerawat saja muncul, bisa mendatangkan kepanikan! KENAPA MUNCUL TERUS?
Jerawat muncul akibat membengkaknya kelenjar minyak pada kulit karena produksi minyak kulit (sebum) berlebih. Kondisi ini membuat bakteri P.Acnes leluasa berkembang biak sehingga timbul bintil-bintil merah di kulit. Pada wanita dewasa, usia yang rentan jerawat antara 20-40 tahun dengan kadar ringan hingga sangat berat.

Menurut dr. Dian Pratiwi Sp.KK dari Erha Clinic, Jakarta, ada 2 faktor yang berkaitan dengan kemunculan jerawat pada wanita dewasa, antara lain:
1. Faktor pradisposisi (pre-disposition), yaitu bawaan sejak lahir atau faktor keturunan.

2. Faktor pencetus, yakni faktor yang dipengaruhi oleh hal-hal di luar bawaan genetis, seperti:

  • Stres. Mengakibatkan perubahan hormonal yang tidak seimbang, sehingga berpengaruh pada penyempitan saluran kelenjar minyak.
  • Hormon. Biasa terjadi sebelum dan sesudah periode menstruasi. Tak jarang juga terjadi pada masa menjelang menopause dan saat mengonsumsi pil KB.
  • Lingkungan yang membuat seseorang berkeringat secara berlebih.
  • Kesehatan. Pada individu tertentu, jerawat dapat timbul setelah menderita sakit, seperti demam tinggi, misalnya.
  • Pola hidup tidak sehat. Jadwal tidur dan pola makan yang berantakan akan memperburuk kesehatan kulit Anda.
  • Produk make up dan perawatan kulit yang tidak tepat.

ATASI SEKARANG JUGA!
Pengobatan yang tepat menjadi penentu keberhasilan Anda memerangi jerawat. Ikuti 3 langkah berikut:

  • Menggunakan over-the-counter product, yakni obat jerawat yang dijual bebas di pasaran tanpa resep dokter. Perhatikan kadar komposisi bahan aktifnya. Apakah telah sesuai dengan persentase yang telah ditetapkan pemerintah.
  • Resep dokter, terbagi menjadi dua, yaitu pengobatan topikal (dari luar), seperti sabun, krim, gel, lotion, dan toner, serta pengobatan oral (dari dalam), seperti mengonsumsi vitamin A, antibiotik, zinc, dan pil hormon.
  • Perawatan/terapi. Dari suntik jerawat hingga terobosan terbaru, yaitu acne light treatment dengan sinar biru yang mampu mematikan bakteri P.Acnes sehingga jerawat tetap terkontrol.(MB-90)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM