Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Penuaan Dini | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Tim peneliti dari Inggris yang dikepalai oleh Elisabeth Kvaavik menemukan bahwa kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa membuat seseorang terlihat 12 tahun lebih tua. Kebiasaan buruk tersebut adalah;

* Pelit Senyum

Jarang mengeluarkan uang mungkin bisa membuat Anda kaya, tetapi pelit
senyum, bisa
memunculkan keriput sebelum waktunya.
Bila Anda sering tersenyum, tak perlu lagi perawatan kulit yang mengeluarkan banyak biaya. Saat tersenyum, banyak otot wajah yang berhasil Anda gerakkan, dan itu adalah kunci untuk mendapatkan kulit kencang. Dalam bukunya yang berjudul Image Matter! First Steps on the Journey to Your Best Self, Lauren Solomon mengatakan ada kaitan antara perilaku jarang senyum dengan penuaan. Jadi, sering-seringlah tersenyum, tapi jangan berlebihan, ya.

* Dikit-dikit Marah
"Jangan marah-marah terus, dong, nanti cepat tua, lho." Anda mungkin sering mendengar nasihat ini. Memang benar, tak seperti senyum yang bisa mengencangkan otot wajah, marah bisa membuat otot Anda kendur. Ekspresi marah, cemberut, atau merengut, bisa memicu timbulnya garis-garis halus pada wajah yang berakhir dengan pengeriputan. Marah akan menjadi luapan emosi yang wajar jika sesuai dengan porsinya, namun berakibat buruk jika Anda sering melakukannya. Selain membuat cepat tua, marah bisa memicu stres dan menurunkan kesehatan tubuh. Terlihat tua, sakit-sakitan, dan suka marah-marah? Ih, tidak, deh.

* Minim Gizi
Tubuh kita memiliki banyak jaringan penting yang memerlukan asupan gizi untuk bisa bekerja maksimal. Jangan biarkan penampilan Anda terlihat tua karena tubuh yang lesu serta kulit tak bercahaya. Sayur dan buah yang kaya vitamin, daging, atau susu yang merupakan sumber protein, serta karbohidrat sebagai sumber energi adalah unsur penting yang sebaiknya Anda konsumsi. Plus delapan gelas air setiap hari. Selain itu, otak juga butuh nutrisi. Jangan dibuat lemot dan pikun karena kurang gizi. Ingat, tampil muda tak cukup mengandalkan penampilan, tapi juga otak yang encer.

* Postur Tubuh Tak Indah
Tak hanya kulit, keindahan penampilan juga dipengaruhi oleh postur tubuh. Kebiasaan duduk yang kurang baik, seperti sering bersandar atau membungkuk, secara tidak langsung akan memengaruhi bentuk postur tubuh Anda kelak. Punggung dan bahu yang bungkuk serta dada turun akan membuat penampilan jauh lebih tua. Jika memungkinkan, duduk dan jalanlah dengan tegap (tak perlu membusungkan dada, ya). Selain atur posisi, aturlah kekuatan tulang Anda dengan asupan kalsium dan olahraga yang cukup.

* Merokok dan Minum Alkohol
Dampak buruk dari merokok dan minum alkohol ialah gangguan kesehatan. Terlebih jika tak diimbangi dengan asupan gizi yang baik. Racun dan radikal bebas yang terkandung dalam keduanya bisa menyerang sel-sel kulit, membuat kulit sedikit lambat untuk mengganti selnya yang mati. Ini membuat kulit cepat kering, keriput, dan kusam. Selain itu, rokok dan alkohol yang berlebih bisa berakibat serangan jantung, kanker, dan gangguan rahim. Teknologi pengobatan memang sudah canggih, namun kesehatan tubuh tetap menjadi hal terpenting untuk selalu tampil segar. 


* Susah Tidur
Kesibukan dan masalah yang menyita pikiran, seringkali membuat kualitas tidur menurun. Tak hanya kurang tidur, saat tidur pun Anda sering terbangun lantaran dihantui mimpi buruk. Jika ini yang Anda alami, coba cari tahu penyebab gangguan tidur Anda. Selesaikan setiap persoalan satu per satu. Hindari membawa urusan kantor ke rumah, karena rumah adalah tempat Anda untuk beristirahat. Saat Anda tertidur, tubuh melakukan perbaikan sel kulit dan sel otak. Sebaliknya, kurang tidur akan membuat Anda tampak lesu, mudah lelah, tak bisa fokus, dan sakit. Tidurlah minimal 7 jam sehari. (MB-87)
***


1 komentar:

akoey mengatakan...

kebetulan aku sering susah tidur gitu..
makasih nih tipsnya.. sangat bermanfaat.

Posting Komentar