Mempromosikan Diri Bukan "Kejahatan" | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda


Inti dari mempromosikan diri ialah Anda harus nyaman dengan diri Anda sendiri. (Foto: Google)
SAAT seseorang mempromosikan diri atau membanggakan prestasinya, orang lain kerap menganggapnya sebagai orang yang sombong.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar seseorang bisa membanggakan dirinya tanpa harus disebut pembual.

Biasakan diri

Inti dari mempromosikan diri ialah Anda harus nyaman dengan diri Anda sendiri. Perlu diketahui bahwa mempromosikan diri bukan berarti Anda harus selalu bercerita tentang diri Anda. Selipkan cerita tentang kredibilitas Anda di sela-sela percakapan, tetap dengan etika yang santun. Semakin sering Anda melakukannya, maka Anda akan semakin terbiasa.





Bawa bukti

Saat wawancara kerja atau bertemu dengan klien yang potensial, jangan lupa untuk membawa resume atau bukti kredibilitas Anda, mulai dari rekomendasi positif, tes IQ, tes potensi, sampai catatan pengalaman kerja.

Persiapan

Lakukan persiapan untuk mempromosikan diri Anda, entah saat Anda akan melakukan wawancara kerja, acara networking, atau pertemuan sebuah acara. Siapkan sebuah cara yang kreatif, pesan yang memorable, atau cerita tentang diri Anda yang menyentuh hati sekaligus menggambarkan kredibilitas Anda sebagai seorang profesional. Latihlah keterampilan ini agar Anda tidak gugup atau lupa dengan kisah yang akan Anda ceritakan.

Rekam dan analisa

Coba rekam kata-kata yang akan Anda ucapkan, entah saat Anda akan presentasi, bertemu orang di sebuah acara, atau saat wawancara kerja. Setelah itu putar ulang video tersebut dan lihatlah apakah kata-kata yang Anda ucapkan tersebut terdengar menarik, menyenangkan, atau membuat orang bosan. Jika jawaban terakhir yang lebih mengemuka, saatnya Anda mencari kata-kata promosi diri yang lain.

Penuh semangat

Kata-kata yang menarik tak akan berguna jika Anda tak mengucapkannya dengan penuh semangat dan rasa percaya diri. Antusiasme saat Anda bercerita tentang diri Anda tentunya akan membawa semangat dan aura positif pada orang lain.(MB-4)


*** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar