Turunkan Stress Dengan Rekreasi | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Sumarni, menemukan rekreasi humor dan kegiatan alam terbuka bisa menurunkan tingkat stres pekerja. Sumarni memaparkan temuannya itu dalam ujian promosi Doktor di depan Senat Fakultas Kedokteran UGM.

Sumarni menemukan, kombinasi kegiatan rekreasi humor di dalam perusahaan dan di alam terbuka mampu menurunkan derajat depresi serta meningkatkan kemampuan tenaga kerja wanita dalam mengelola stressor psikososial. Hal tersebut terungkap dalam penelitian terhadap 992 tenaga kerja wanita di sebuah industri tekstil di Sleman.


Proporsi tenaga kerja wanita yang mengalami depresi dengan derajat ringan hingga berat berjumlah 70,3 persen. Setelah pemberian perlakuan rekreasi dengan humor di alam terbuka terbukti menurunkan derajat depresi sebesar 17,88 persen.

“Rekreasi dengan humor di alam terbuka merupakan yang paling berpengaruh efektif,” kata Sumarni dalam ujian, seperti dirilis laman resmi UGM.

Sumarni menyampaikan pemberian perlakuan rekreasi dengan humor di dalam perusahaan mampu menurunkan 11,85persen  derajat depresi. Sementara rekreasi tanpa humor di alam terbuka menurunkan 6,51 persen dan rekreasi tanpa humor di dalam perusahaan menurunkan 5,75 persen.

“Rekreasi berpengaruh terhadap penurunan sensitifitas hubungan antara depresi dengan stressor psikososial pada tenaga kerja wanita industri tekstil di Kabupaten Sleman,” kata wanita kelahiran Ngawi, 1 Mei 1952 ini.

Temuan Sumarni menunjukkan setelah diberi perlakuan rekreasi, tenaga kerja wanita pada industri tekstil di Sleman lebih mampu mengelola stressor psikososial yang dialami atau dihadapinya. Hal itu ternyata dapat memperkecil kemungkinan untuk terpengaruh atau terdorong memasuki kondisi depresi.(MB-8)
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar