Yuk, Mulai Berinternet Sehat! | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MALANG-BISNIS.com — Di era ketika akses informasi menjadi sedemikian mudah, cepat, dan banyak karena internet, masyarakat diminta untuk tetap bisa melek internet. Hal ini karena semakin meningkatnya korban kejahatan akibat internet. Internet ini bisa menyempitkan ruang privasi, meningkatkan jumlah konten yang kurang tepat, sosialisasi masyarakat secara nyata yang jadi berkurang, kecanduan akses internet, dan tingginya korban kejahatan di internet. Inilah yang memprihatinkan.

Hal tersebut dengan mudah dan cepat terjadi di masyarakat Indonesia karena internet sudah menjadi suatu gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari. "Penggunaan internet pada anak bermula dari rasa iseng. Semua orang merasa internet telah menjadi bagian hidup mereka.


Adapun bahaya penyalahgunaan internet ini justru berpeluang terjadi pada anak remaja. Berdasarkan data Kemenkominfo, golongan remaja merupakan golongan pengakses internet terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 64 persen. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan melek internet untuk mencegah tindak kriminalitas yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan internet.

Peran orangtua pun menjadi vital dalam upaya pencegahan ini. Peran yang dapat dilakukan orangtua yakni dengan menempatkan komputer di ruang publik, menegosiasikan aturan main penggunaan internet, dan menemani anak saat menggunakan internet. Jangan gengsi bagi orangtua untuk belajar internet. Tekankan kepada anak untuk menentukan tujuan sebelum menggunakan internet.(MB-67)


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar