Agar Menjadi Teman yang Selalu Dicari | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MALANG-BISNIS.com - Semua orang tentu ingin menjadi teman yang menyenangkan bagi lingkungannya. Ingin menjadi sosok yang menghidupkan suasana, orang yang selalu dicari ketika teman menghadapi masalah, dan pihak yang diandalkan ketika orang lain membutuhkan informasi mengenai apapun.
Tidak semua orang memiliki kualitas semacam ini, tetapi bukannya tidak dapat dipelajari. Andapun bisa menjadi teman favorit siapa saja. Simak caranya:

1. Meluangkan waktu untuk persahabatan
Suatu persahabatan tidak akan memudar apabila Anda dapat meluangkan sedikit waktu Anda untuk bertemu satu sama lain. Luangkan sedikit waktu untuk menghargai seorang sahabat dengan sesekali menelepon atau SMS untuk menanyakan kabarnya, mengirimkan e-mail berisi jokes-jokes atau gambar-gambar indah, atau mengajaknya pergi bersama. Anda bisa membuat catatan tentang tanggal ulang tahunnya di ponsel atau di komputer, dan mengirimkan pesan berisi ucapan selamat untuknya.

Pastikan Anda juga tetap meneleponnya ketika ia tersandung masalah. Ingat, teman sejati tidak akan melarikan diri ketika terjadi suatu perubahan. Teman yang baik tetap bersama dalam memberikan dukungan kepada temannya dalam keadaan apapun.

2. Pastikan Anda tidak menjadi beban
Persahabatan dapat berangsur menghilang jika tidak ada keseimbangan antara memberi dan menerima. Pekalah terhadap banyak teman, mungkin Anda dapat menawarkan sesuatu, baik itu waktu atau tenaga untuk membantunya. Persahabatan dapat mengalir apabila dapat berjalan dengan seimbang.

3. Jadilah pendengar yang baik
Kebanyakan orang lebih suka berbicara daripada mendengarkan. Ketika Anda harus mendengarkan curhat seorang sahabat, Anda sering menjadi bosan dan ingin memberikan beberapa pendapat. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik, karena itu akan dihargai oleh lawan bicara Anda:
* Mempertahankan kontak mata
Anda dapat mengangguk atau sedikit bergumam untuk menunjukkan bahwa Anda memahami maksud dari cerita sahabat.
* Jangan memotong atau menyelesaikan kalimat teman Anda
Ada baiknya apabila Anda fokus dan tidak memotong ketika teman sedang berbicara. Tahan diri Anda ketika ingin memberikan respons yang dapat memotong pembicaraan.
* Minimalkan gangguan
Ketika ada teman yang sedang bercerita dengan Anda, lebih baik Anda tidak melakukan pekerjaan lain. Hal tersebut dapat memperlihatkan bahwa Anda tidak serius menanggapinya, atau kurang berminat untuk mendengarkan cerita teman Anda.
* Berhati-hatilah jika memberi saran
Seorang perempuan biasanya curhat hanya karena ingin mengeluarkan uneg-uneg, atau ingin didengarkan, bukan untuk mencari solusi. Maka, berhematlah dengan segala saran yang Anda miliki. Ia toh akan tetap membuat keputusannya sendiri.

4. Jadilah orang yang membelanya ketika dibutuhkan
Ketika Anda berada pada suatu pertemuan dengan teman Anda di mana orang-orang sedang membicarakan keburukan teman Anda, Anda dapat berdiri dan membelanya. Tidak berarti Anda harus membelanya meskipun ia bersalah. Katakan bahwa teman Anda tidak  seperti yang mereka katakan, setidaknya bagi Anda, dan Anda merasa tidak enak mendengarkan percakapan seperti itu. Dengan demikian, Anda dapat memperdalam persahabatan dengan teman Anda.(MB-3)

***

3 komentar:

Kian Coi mengatakan...

siiipppp setuju mbak...infonya bermanfaat bgt...!!! ya lbh terbuka jauh lbh bijaksana dari pada harus perfeksionis..!!!!

procms mengatakan...

Saya sangat setuju... persahabatan memang harus selalu dijaga dan dirawat...
Artikelnya mantap mbak....
salam satu jiwa...

Bintang mengatakan...

Tips nya bagus banget..aku akan coba seperti yang ada di tips ini semuanya..thanks yahh

Posting Komentar