Beberapa Tips Jitu Agar Tidak Boros Jelang Lebaran | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com - Menjelang lebaran, biasanya kebutuhan belanja keluarga cenderung meningkat. Pengeluarannya antara lain dari persiapan hidangan hari raya, busana baru, hingga pernik lebaran lainnya. Hati-hati, jika tidak cerdas mengatur pengeluaran, bisa jadi tabungan Anda ikut terkuras.

Sebenarnya, merayakan hari raya bukan berarti Anda harus jor-joran


Berikut tips sederhana mengatasi pemborosan dengan mengenali mana 'kebutuhan' dan mana 'keinginan'.

Kebutuhan, merupakan hal-hal dasar yang harus dipenuhi seseorang guna kelangsungan hidupnya. Contohnya: seperti sandang, pangan, papan dan lain sebagainya. Setiap manusia memerlukan hal-hal dasar ini.


Karena sifatnya berupa pemenuhan hal-hal dasar, kebutuhan itu itu bersifat terbatas. Seperti jika lapar maka otomatis kebutuhan kita adalah ingin makan. Oleh karena itu, ada pepatah “Makanlah kamu ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang”. Artinya, jika kebutuhan sudah terpenuhi, Anda tidak perlu membuang uang dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sedangkan keinginan merupakan hal-hal yang kita dambakan, atau cita-citakan. Jika kebutuhan adalah standar terendah atau mutlak, maka keinginan adalah standar ideal atau cenderung tinggi.

Karena itulah keinginan bersifat tak terbatas sehingga muncul peribahasa yang mengatakan “Dunia ini mampu mencukupi semua kebutuhan manusia, tetapi bumi dan seluruh isinya tidak dapat memenuhi keinginan satu manusia pun”.

Kesimpulannya, tidak ada yang salah jika seseorang memiliki keinginan tinggi. Tapi, yang menjadi petaka adalah jika tidak bisa mengenali perbedaannya. Seberapa pun besarnya pendapatan yang Anda miliki saat ini akan mudah sekali untuk menghambur-hamburkannya hingga habis.

Agar bisa mengendalikan pengeluaran, cobalah Anda kenali yang apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda.
berbelanja. Karena itu, agar bisa menikmati lebaran lebih afdol Anda perlu mengelola keuangan untuk menghidari pengeluaran yang tidak perlu.(MB-4)

***


Dilihat sebanyak :
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar