Menata Ulang Rumah Jelang Hari Raya | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - MENJELANG Lebaran, Anda ingin mengubah tampilan rumah dengan mudah? Maka persiapkan perubahan tatanan ruang, warna cat dinding, atau menambah furnitur serta aksesori baru pada ruangan Anda, maka rumah tampak baru kembali.
Desainer interior Khairul Amal menjelaskan, jelang hari raya biasanya perubahan pada desain rumah tidak terlalu banyak. Hanya, lebih berfokus pada perubahan aksesori ruangan seperti gorden, sofa, dan penambahan aksesori saja. Kalaupun ada yang mengubah warna cat dinding itu juga tidak semuanya dicat ulang, tapi hanya di bagian tertentu yang sudah tampak kusam. 
Tak dipungkiri, warna merupakan salah satu faktor yang memengaruhi desain ruang tamu. Terbukti, sejumlah penghuni rela mengeluarkan sedikit isi kantongnya untuk mengubah tampilan rumahnya agar lebih berbeda. Salah satunya dengan mengecat ulang dinding rumah. Nah, supaya cat bisa sesuai dan bagus dipandang, perhatikan beberapa hal berikut. Menurut Khairul, warna cat dinding sebaiknya diseimbangkan dengan furnitur dan aksesori yang berada di dalam ruangan supaya hasilnya lebih seimbang dan selaras. Sebaiknya pilih warna yang netral seperti cat warna putih karena akan memudahkan Anda untuk menambah aksen warna lain yang lebih berwarna.


Selain itu, ruangan menjadi tampak lebih luas.
Alternatif lain, Anda juga bisa mengecat tembok dengan warna abu-abu atau abu kebiruan. Jika warna abu-abu dirasakan membosankan, bisa mencari warna yang lebih menyegarkan seperti hijau atau biru untuk mendapatkan suasana yang diinginkan.

Selebihnya yang Anda lakukan adalah mengubah interior supaya lebih cantik lagi, mulai dengan mengganti gorden berikut aksesorinya. Pemilihan warna gorden bisa Anda padupadankan dengan warna yang sepadan dengan furnitur atau warna sekitar rumah agar hasilnya apik. Ubah juga sarung bantal atau cover tempat duduk, dengan catatan tempat duduk tersebut memang sudah tampak usang.
Jangan lupa, tetap sesuaikan dengan budget Anda. Jangan sampai, karena ingin mengubah agar tampak baru, Anda malah jadi bangkrut karena biaya yang dikeluarkan terlalu berlebihan.

Sedangkan untuk eksterior seperti taman, Anda bisa mengubah sedikit area taman dengan menambahkan tempat duduk dan meja taman untuk sementara. Biasanya jika ada acara keluarga, untuk menampung semua tamu Anda bisa menata taman agar tampak lebih manis.

Sementara itu, untuk Anda yang terbentur masalah lahan sempit, jangan khawatir. Menyatukan dua ruang menjadi satu bukanlah solusi yang buruk. Tak ada salahnya juga jika menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga. Caranya, seimbangkan antara fungsi, konsep, serta elemen pendukungnya sehingga ruang yang dibentuk terlihat apik dan nyaman. Begitu pun dalam menerapkan furnitur, menghias atau menambah aksesori dalam ruang tersebut sebaiknya lebih berhati-hati karena peletakan furnitur bergantung pada kenyamanan ruang.

Selain itu, buat juga perbandingan proporsi antara furnitur dan sirkulasi udara serta cahaya yang masuk dalam ruangan tersebut. Apalagi ruang tersebut akan ditempati tamu.

Alternatif lain, Anda dapat meminimalisasi furnitur yang memakan banyak tempat. Caranya, memindahkan furnitur yang besar ke ruang lain. Lalu menggantinya dengan aksesori yang lebih unik dan kecil.(MB-43)
 
*** 

1 komentar:

sandi mengatakan...

makasih, insfiratif BGT

Posting Komentar