Tekno : Industri percetakan via Internet memasuki babak baru | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com - Industri percetakan memasuki babak baru. Mengawinkan kecanggihan teknologi komputasi awan dan percetakan,kini Anda bisa mencetak foto atau file dokumen,kapan dan dari mana pun.

Diluncurkan di Hong Kong, Hewlett Packard (HP) menawarkan kepada konsumen pengalaman mencetak yang belum pernah terbayang sebelumnya, yakni solusi cetak dengan kemampuan web.Ini adalah yang pertama di Asia-Pasifik. ”Dengan e-All-in-One, kebutuhan mencetak Anda semakin mudah. Kapan dan di mana saja?”kata
Executive Vice President Imaging and Printing Group Hewlett-Packard Company Vyomesh (VJ) Joshi saat memperkenalkannya kepada pasar Asia-Pasifik. 

VJ menuturkan, melalui e-Allin- One,para pengguna dengan mudah mencetak kebutuhannya tanpa harus menunggu balik ke kantor atau pulang ke kantor. Prosesnya juga lebih sederhana, lantaran tidak membutuhkan perangkat dalam personal computer (PC).”Caranya, pengguna tinggal mengirimkan alamat email. Jadi, bisa dari PC, netbook atau smartphone. Syaratnya cuma satu,ada konektivitas dengan internet,”tukasnya. Setelah konsumen membeli salah satu jajaran e-All-in-One, mereka tinggal mengaktifkannya di ePrintCenter. Setelah akunnya aktif,Anda tinggal menginformasikannya kepada orang-orang, kerabat, atau relasi bisnis yang dituju. Jadi, kalau Anda membutuhkan dokumen dari mereka, tinggal memintanya mengirimkannya ke alamat email dari mesin printer Anda.



 ”Melalui e-All-in-One, pengguna juga dapat mengakses konten digital terpopuler dengan cepat dan mudah.Dengan menggunakan platform cetak berbasis web terbaru dengan aplikasi (apps) HP. Menyimpan dokumen atau data di cloud dan mencetaknya,” tambah VJ. Meskipun banyak mengadopsi teknologi terkini dan tercanggih, harga yang ditawarkan HP kepada pasar sangat bersahabat.E-All-in-One sebagai jajaran cloud print pertama di dunia, dilepas mulai harga USD99. 

Menurut VJ, kelahiran cloud print ini tak lepas dari pertumbuhan internet dan smartphone yang sangat pesat di Asia-Pasifik dalam beberapa tahun terakhir. Nah, mesin printer yang terhubung dengan webdiharapkan semakin memudahkan konsumen dan bisnis dalam navigasi konten webdan mencetaknya. Kecanggihan mesin cetak berteknologi komputasi awan itu bukan isapan jempol belaka.Saat demo produk dilakukan dari Amerika Serikat dan Korea Selatan, e- All-in-One merespons pengiriman email hanya dalam waktu kurang dari lima detik dalam mencetak. 

”Ini merupakan terobosan terbaru yang bakal memenuhi kebutuhan pebisnis ke depannya,”puji Jeffrey Katzenberg dari Dreams York,yang mengetes produk dari Los Angeles, AS. Tak ada gading yang tak retak. Begitu pun dengan Plus e-All-in- One. Saat sejumlah orang mengirim email ke akun yang sama, ada beberapa yang harus menunggu sekitar tiga menit karena kesibukan jaringan.Namun terlepas dari itu semua, produk ini merupakan terobosan teknologi yang bakal menjadi tren ke depannya. 

Bahkan, banyak wartawan yang menganalisa langkah HP akan diikuti produsen lainnya. Alasannya sederhana, dengan kemudahan penggunaan dan mobilitas masyarakat yang tinggi, cloud print sudah menjadi kebutuhan riil dari kalangan konsumen yang memerhatikan lifestyle- nya. Riset menunjukkan, pertumbuhan paling pesat di internet dalam rumah tangga dan teknologi 3G. Hingga 2013, diperkirakan lebih dari 700 juta rumah tangga akan terhubung dengan internet, 50% di antaranya berada di Asia- Pasifik. Sementara untuk pengguna smartphone akan mencapai angka satu miliar orang, 35% berada di Asia-Pasifik.

 Artinya, pertumbuhan pesat tersebut akan mendorong permintaan mesin printer yang terhubung dengan web. Director of Product Marketing HP Inkjet Consumer Printer Terrence Ngai mengatakan, melalui koneksi internet, dari device bergerak apa pun dapat mengirim dokumen untuk dicetak di kantor atau di rumah. Untuk mempersingkat waktu, kata dia, pebisnis dapat mencetak terlebih dahulu data-data kerjanya sebelum sampai di kantor. Sebab, caranya tinggal mengirim surat elektronik saja. 

”Seorang anak perempuan yang ingin berbagi momen liburan dengan ibu atau sahabatnya menggunakan HP ePrint untuk mengirim foto instan dirinya di depan Menara Eiffel,Paris.Foto bisa langsung tercetak di rumahnya. Bisa saling share,”papar Ngai. Mengenai jenis dokumen yang bisa dicetak, dia mengatakan bahwa pelanggan dapat mengirim di antaranya dokumen Adobe® PDF Platform app,Microsoft Office,dan JPEG. Melalui printer yang terkoneksi web dari HP, konsumen dapat mencetak gratis berbagai konten online yang telah dikustomisasi langsung dari web tanpa menggunakan PC. Ada tidak kurang 50 apps yang disediakan HP.Dari konten berita hingga hiburan. 

Ngai menjelaskan, pelanggan mendapat mengakses dan mencetak apps yang disediakan seperti web Sudoku, Quick Form, dan DreamWorks melalui layar touchscreen yang cukup lebar sehingga nyaman untuk digunakan. Mengenai keamanan,Ngai mengatakan bahwa di ePrintCenter sudah tersedia pengaman dokumen yang secara otomatis akan menginformasikan bila ada data atau dokumen yang terpapar virus atau keberadaan spam.Hanya, pihaknya tidak bisa menjamin 100%. 

”Kami sarankan agar pengguna mengubah alamat emailnya jika sudah terkena spam.Caranya gampang kok, tinggal mengunjungi ePrintCenter,” sebutnya seraya menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk menyempurnakan kemampuan dari jajaran cloud print tersebut. Untuk melihat apakah yang Anda atau rekan bisnis email sudah tercetak atau belum, ujar dia, pengguna tinggal melihat status yang tersedia di ePrintCenter.”File yang terkirim akan terus mencoba mencari mesin printer yang dimaksud selama 24 jam sampai benarbenar tercetak,”pungkasnya. (MB-1)  

***

Dilihat sebanyak :
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar