Tips Agar Anak Hobi Membaca | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com - Mari ajak anak berpetualang dalam dunia tanpa batas dengan membacakan buku minimal 20 menit sebelum tidur. Agar anak tertarik, triknya sederhana, kok!

Buku tak hanya lembaran kertas dipenuhi teks dan gambar, ia adalah pintu menuju ilmu baru, transportasi ke berbagai tempat, dan pengoleksi imajinasi yang mumpuni. Rasanya tak
ada salahnya membiasakan buah hati membaca buku. Agar ia terbiasa, ikuti saja tips berikut ini:

Pilih Buku yang Tepat
Di antara sekian banyak buku yang ditawarkan, untuk anak lebih baik pilih buku dengan muatan gambar atau foto yang lebih banyak daripada tulisannya.
Perhatikan juga bahasanya, karena anak kecil membutuhkan bahasa yang bisa dihubungkan dengan kesehariannya. Tak usah khawatir, saat ini, sudah tersedia buku anak yang menjelaskan kejadian ilmiah dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak kecil!


Yang Penting Rutin
Buku sudah di tangan, jangan lupa membacakannya secara rutin dan sering untuk anak. Lebih bagus jika Anda mempunyai jadwal membaca bersamanya. 20 menit sehari, cukup, lho!
Di sela-sela membacakan buku, ambil kesempatan untuk mengenalkan alfabet atau angka secara spontan. Jika dilakukan dengan rutin seperti ini, anak akan belajar kosa kata baru semakin banyak setiap harinya sehingga mereka percaya diri dan yakin bisa belajar membaca buku sendiri.

Buat Suasana Menyenangkan
Ketika membacakan buku, gunakan berbagai macam ekspresi, nada bicara, suara-suara yang berbeda untuk tiap tokohnya. Lalu ajak anak untuk “menyuarakan“ tokohnya dengan menirukan Anda. Jika dia meminta sebuah kalimat dibaca ulang, jangan ragu mengikutinya. Yang penting, anak senang, kan? Pun ketika anak belum mengerti jalan cerita, jangan bosan menjelaskannya, ya!
Oh ya, anak kecil juka suka menyanyi dan bisa mempelajari aneka cerita lewat hobinya ini. Jadi tak ada salahnya membacakan buku dengan nyanyian yang ia sukai. 

Pilih Bersama
Ketika ia sudah mulai besar dan bisa memilih, tak ada salahnya berbelanja buku bersamanya. Dengan buku pilihannya sendiri, pasti anak lebih bersemangat untuk membaca buku.

Selalu Tersedia
Selalu sediakan dan simpan buku di tempat yang mudah diraih. Malah ketika anak bermain, simpan buku di dekatnya namun dengan pengawasan Anda. Manfaatkan rasa penasaran anak dengan buku untuk mengenalkannya lebih dalam.

Tunjukkan bagian-bagian buku mulai dari jilidnya, cara membaca dari kanan ke kiri, sehingga pelan tapi pasti Si Kecil tahu bagaimana cara membaca buku.(MB-9)

***


Dilihat sebanyak :
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




2 komentar:

aryati-banjarnegara mengatakan...

ARTIKEL seperti ini sangat dibutuhkan sekali bagi keluarga. agar kita dapat lebih paham mengenai cara mendidik anak agar gemar membaca, tetapi mungkin akan lebih lengkap bila ditambahkan dengan "orangtua juga menjadi contoh bagi anak, yaitu orangtua membiasakan diri pula untuk membaca"
terimakasih.

asmanu mengatakan...

tips yang bagu selaki..sangat membantu..terima kasih atas sharenya.....

Posting Komentar