Griya : Memanfaatkan Unsur Batu | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - KEEKSOTISAN gaya Bali yang coba diterapkan pada rumah ini memang terpancar kuat dari segi eksterior dan interiornya. Apalagi dipadu dengan konsep tropis yang tampak pada pemilihan jenis tanaman tropis yang beragam.

Kurang lebih tujuh jenis batu yang dipilih Eddy, pemilik rumah di Metro Alam, Pondok Indah, Jakarta Selatan ini untuk melengkapi desain rumahnya tersebut, seperti batu paras, batu bali, batu kebumen, batu purwakarta, batu lantai pakai paras jogja,batu candi, dan teraso untuk pagar. Tak ayal, kesan rumah terlihat alami dan nyaman.

“Saya ini memiliki keinginan bisa bersantai di rumah sendiri setelah bekerja,” ujar Eddy. Ambil contoh area di lantai satu.

Lantai di area ini menggunakan batu paras khas Yogyakarta. Pemilihan paras Yogyakarta ini pun berdasarkan kualitas dan taste yang bagus. Alhasil, kesan yang didapat pun lebih bernilai dan eksotis.

“Terus terang, inspirasi ini saya dapat dari sebuah hotel yang ada di Bali. Saya pikir, pasti bisa diterapkan di rumah. Akhirnya jadilah seperti ini,” ujarnya seraya tersenyum.

Begitu pun dengan kolam renang, semua material yang digunakan menggunakan batu. Menurut Eddy, kesan yang didapat adalah airnya menjadi lebih dingin. Berbeda ketika menggunakan lantai keramik, jika terkena matahari air menjadi hangat. Sementara kalau menggunakan batu, air jika terkena matahari atau tidak kondisinya tetap sama, yakni dingin.

Untuk perawatannya, Eddy yang baru-baru ini meluncurkan buku bertajuk There Is No Shortcut to Succes ini mengungkapkan, sebelum digunakan batu tersebut di-coating terlebih dahulu. Namun, namanya coating jika terkena air akan luntur juga. Karena itu, pintarnya si pengguna dalam merawatnya supaya tetap awet.

“Sebenarnya, bukan masalah coating-nya, terkadang perbatasan antara naik dan turunnya air, itulah yang membuat batu rusak,” kata dia.

Sementara untuk perawatan batu lain, Eddy memberi saran meng-coating batu setiap dua tahun sekali dengan menggunakan coating yang halus supaya kesan batunya masih terlihat jelas.(MB-45)


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar