Tips Menambah Networking via Online | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.com - Bagi para pekerja yang sibuk, mencari waktu untuk bersosialisasi memang agak menyulitkan. Itu sebabnya, membangun jejaring secara online menjadi cara paling mudah dan efisien untuk dilakukan. Dengan cara ini, para pekerja dapat menemukan teman-teman dan kolega baru tanpa harus beranjak dari meja kerja. Bahkan dengan cara ini, kita bisa menemukan ratusan profesional yang bergelut di bidang serupa.

Coba saja buka sejumlah situs seperti LinkedIn.com dan MeetUp.com, serta forum diskusi dan chat room. situs-situs ini akan membuat kita lebih mudah memperluas jaringan profesional. Anda bisa menemukan orang-orang dengan profesi sama dari berbagai negara di penjuru dunia sehingga menambah jumlah teman dan kolega. Asyik, kan?

Meskipun begitu, ada hal-hal yang tetap perlu diperhatikan. Pasalnya, jika tidak menggunakan jejaring online ini secara bijak, Anda bisa membuat kesalahan yang malah akan menyusutkan jumlah kontak Anda.

Lalu, bagaimana cara membangun online networking yang efektif? Ini Tipsnya:


1. Pilih forum tepat
Seperti apa forum yang bagus? Forum terbaik untuk jaringan profesional adalah yang memiliki moderator yang baik dan sering dikunjungi papra peserta dengan banyak ilmu yang dapat dibagi. Dengan bergabung di forum ini, Anda tak hanya menambah teman tapi juga menambah ilmu yang berguna untuk profesi.

2. Pelajari aturan mainnya
Setelah bergabung, jangan langsung berpartisipasi dalam sebuah diskusi online. Pelajari dulu aturan yang berlaku di forum tersebut. Luangkan waktu Anda untuk juga memeriksa arsip atau FAQ (Frequently Asked Questions), sehingga Anda mendapat wawasan tambahan tentang grup tersebut. Pastikan Anda membaca pedomannya karena beebrapa forum mungkin tidak mengizinkan peserta untuk mempromosikan layanan mereka. Sementara yang lain mungkin memiliki ruang chatting yang ditujukan hanya untuk melakukan bisnis.

3. Selektif berkomentar
Perlu diingat, ini adalah forum profesional. Jadi, Anda tak perlu memberikan tanggapan atas setiap topik. Apalagi jika tanggapan Anda hanya berupa lelucon yang tidak banyak berguna. Anda akan mendapatkan kredibilitas yang lebih jika memberikan komentar mengenai topik yang Anda ketahui secara baik. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mengirimkan pesan kepada peserta secara langsung (istilahnya jalur pribadi) daripada mengirimnya untuk seluruh anggota grup, terutama jika topik yang ingin Anda diskusikan hanya berkaitan dengan beberapa orang tertentu.

4. Jangan asal melucu
Hindari mengeluarkan kata-kata kasar, meski sebenarnya tujuan Anda hanya untuk melucu. Pasalnya, apa yang Anda anggap sebagai humor bisa ditangkap sebagai humor bisa ditangnkap sebagai kritik yang membakar dalam sebuah postingan. Usahakan selalu bersikap hormat dan toleran terhadap ide dan pendapat orang lain. Mungkin saja Anda tersinggung dengan komentar salah satu anggota yang tidak setuju dengan Anda. Namun, tahan godaan untuk menulis pesan berupa respon keras. Komentar bernada negatif atau defensif hanya akan membuat situasi menjadi panas.

5. Koreksi isi posting
Hindari membicarakan masalah pribadi di forum online meski itu petualangan akhir pekan yang gila-gilaan. Baca pesan kembali untuk memastikan Anda tidak mengungkap informasi rahasia, misalnya tentang diri Anda atau perusahaan tempat bekerja. Atau menulis sesuatu yang terkesan kasar atau sombong. Salah ketik atau kesalahan tata bahasa juga dapat membuat Anda terlihat tidak profesional.

6. Siapkan signature line
Anda tentu ingin identitas diri diketahui anggota forum lainnya saat memberikan komentar atau bantuan. Identitas di sini bukan sekadar nama dan alamat email saja, melainkan juga informasi singkat tentang diri Anda. Untuk itu, Anda perlu menyertakan signature line di setiap akhir komentar. Signature line adalah teks pendek yang dapat dipasang melekat pada akhir pesan elektronik secara otomatis. Cara ini berguna untuk membantu mengidentifikasi diri Anda. Sebuah signature line biasanya berisi nama, perusahaan, atau afiliasi profesional, serta informasi kontak.

7. "Jual Diri"
Memang, Anda bergabung dengan forum untuk memperluas jejaring profesional. Namun, janganlah muncul hanya untuk berkonsultasi. Kirimlah email kepada kontak bisnis secara teratur dan tawarkan bantuan atau sekadar berbagi artikel berita untuk kemajuan bisnis Anda.(MB-54)


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar