Apa Saja, 15 Hal yang Tabu Diucapkan kepada Bos | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com- “PIKIR dulu,baru bicara”. Kalimat bijak ini memang layak dipraktikkan kapan saja dan di mana saja,terutama jika berhadapan dengan atasan Anda. Jika tidak,bisa-bisa dia menghambat karier Anda. 

Suka atau tidak, bos adalah orang yang memiliki kekuasaan terhadap karyawan. Sebagai konsekuensinya, Anda sebagai karyawan harus menjaga sikap dan perilaku di hadapannya. Karena itulah, banyak
ahli memberikan tips cara berkomunikasi yang baik dengan atasan. Website karier, monster.com mencoba menanyakan para atasan tentang kalimat apa saja yang tidak mereka sukai yang diungkapkan karyawannya.Berikut lima belas poin yang mereka sebutkan. 

1. Saya melakukan semua ini demi uang Tak ada bos yang ingin mendengar bahwa satusatunya motivasi Anda bekerja atau muncul di kantor hanya karena uang. Pasalnya, ini bisa jadi menimbulkan persepsi bahwa Anda akan bekerja dengan tidak maksimal.Toh,tiap akhir bulan Anda akan tetap digaji.Bos Anda mungkin tahu bahwa Anda hanya bekerja untuk uang, bukan karena minat atau ingin membuat prestasi,tapi sebaiknya hal tersebut tak perlu dikatakan langsung kepada bos Anda. 

2. Saya terjebak utang Masalah keuangan Anda jelas bukan tanggung jawab atasan Anda. Kecuali memang ada masalah pembayaran dari perusahaan yang menyangkut karyawan secara keseluruhan. 

3. Saya akan keluar setelah ….. Jika Anda punya rencana masa depan untuk bekerja di perusahaan multinasional atau membangun usaha sendiri atau sekolah di luar negeri,jangan katakan hal tersebut kepada atasan.Alasan pertama, bos Anda bisa menganggap bahwa Anda tak sungguhsungguh bekerja dengan sepenuh hati di perusahaan tersebut. Kedua, dia bisa saja langsung mencari pengganti Anda sebelum Anda benar-benar mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.Jika Anda tetap ingin mengatakan,katakan secara samar saja,jangan diucapkan dengan lugas. 

4. Ini bukan salah saya Berhenti bertingkah seperti anak kecil dan mulailah mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah. Jika masalah tersebut disebabkan oleh Anda, maka lebih baik untuk mengatakan “apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?” daripada mengatakan,“ini bukan salah saya”. 

5. Saya bosan/pekerjaan ini membosankan Jika Anda bosan, maka sebaiknya Anda mencari jalan keluarnya, bukan dengan curhat kepada bos Anda. Tingkatkan keterampilan Anda, cari jalan bagaimana agar Anda bisa meraih pekerjaan yang Anda inginkan. Intinya, fokus pada solusi, bukan masalah. 

6. Saya berpesta semalaman Berpesta memang tak ada salahnya.Namun jika Anda berpesta sampai pagi atau berpesta hingga mabuk dan muncul di kantor dengan wajah yang tidak segar atau konsentrasi kerja yang minim, maka bos akan menganggap Anda sebagai karyawan yang tidak bisa mengontrol diri sendiri dan tidak bertanggung jawab.Jadi,lebih baik simpan detail cerita pesta Anda untuk Anda sendiri.Tak perlu diceritakan kepada bos. 

7. Pekerjaan saya terlalu mudah Jika Anda mengatakan ini, bisa jadi Anda akan “dipaksa”untuk mengundurkan diri dan mereka akan mencari orang yang bisa digaji lebih murah untuk mengerjakan pekerjaan Anda. 

8. Saya tidak bisa bekerja sama dengan mereka. Saya benci mereka Sebelum Anda mengadu kepada bos, lebih baik, jika Anda benar bermasalah dengan rekan kerja,atasi dulu masalah itu sendiri.Jika cara yang Anda lakukan tak juga berhasil,barulah Anda mengonsultasikannya kepada atasan. 

9. Saya tidak bisa melakukannya karena saya memiliki pekerjaan sampingan Dalam pikiran atasan Anda, jika Anda menolak sebuah tugas karena Anda sibuk dengan pekerjaan sampingan Anda,maka atasan bisa jadi akan mempertanyakan prioritas Anda atau malah memberhentikan Anda dari pekerjaan karena dianggap tidak loyal pada perusahaan. 

10. Bagaimana Anda melakukannya tanpa internet? Walaupun bukanlah sebuah “dosa besar”,namun kalimat ini bisa membuat bos Anda merasa sangat tua atau berada dari generasi yang jauh berbeda dengan Anda. 

11. Menghela napas, menyeringai, mata berputar-putar Bahasa tubuh bisa berarti lebih banyak daripada kata-kata. Jika ada perkataan atau perilaku bos yang tidak menyenangkan Anda,cobalah untuk memasang wajah tanpa emosi atau diam saja demi kebaikan Anda. 

12. Kerjakan saja sendiri Sekali-kali jangan pernah mengatakan hal ini kepada bos Anda. Dia atasan Anda, dan dialah yang “menguasai”Anda,bukan sebaliknya. 

13. Selalu seperti ini cara mengerjakannya Jika bos Anda mengkritik cara Anda mengerjakan tugas, jangan mengatakan kalimat tersebut. Jika Anda yakin bahwa cara Anda adalah yang terbaik, sampaikan dengan argumen yang masuk akal, bukan dengan cara yang memperlihatkan kalau pikiran Anda tidak terbuka terhadap hal-hal baru. 

14. Saya akan jodohkan Anda Hindari campur tangan terhadap urusan pribadi bos Anda. Anda bisa jadi memiliki hubungan yang dekat dengannya. Namun tetaplah bersikap profesional. 15. Maaf, saya sedang mencari inspirasi Jika Anda tertangkap basah sedang memejamkan mata dengan posisi yang mirip orang tidur, akui sajalah bahwa Anda memang tertidur daripada berbohong kepada atasan Anda. (MB-8) 

Sumber : http://kompas.com/


Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom







Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile (otomatis), Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar