Ponsel bisa untuk Buka Kunci dan Nyalakan Mesin Mobil | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

MalangBisnis.com - Nissan Motor, NTT Docomo, dan Sharp mengumumkan kerjasama mereka dalam membuat ponsel yang memiliki fungsi sebagai kunci serbaguna untuk kendaraan. Ponsel tersebut menggunakan teknologi Intelligent Key yang sudah diimplementasikan pada beberapa seri mobil buatan Nissan.

Sudah sekitar 950 ribu sampai 1 juta unit kendaraan yang memiliki sistem Intelligent Key terjual di pasaran
Jepang. Adapun sistem tersebut menggunakan teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang mampu secara otomatis mengunci ataupun membuka kunci pintu serta menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Tentunya cara manual seperti menggunakan kunci otomatis konvensional masih bisa digunakan.

Meski bukan barang baru, tetapi menurut riset yang dilakukan oleh Nissan, belum ada ponsel yang dilengkapi dengan kemampuan tersebut. Dengan berbekal semakin maraknya penggunaan telepon seluler, maka Nissan dan Sharp memutuskan untuk bekerjasama menggabungkan teknologi tersebut dalam sebuah perangkat. Tugas NTT Docomo sendiri adalah memastikan semua bekerja dengan bantuan jaringan nirkabel yang dimiliki.

Cara kerjanya, ketika mobil yang dilengkapi dengan sistem Intelligent Key mendeteksi bahwa ada kunci yang tepat berada di sekitarnya, maka sistem akan secara otomatis membuka kunci pintu dan memungkinkan mesin untuk dinyalakan. Mesin mobil sendiri tidak akan menyala sebelum ponselnya dibawa masuk oleh pemiliknya ke dalam mobil. Dengan bantuan sinyal NTT Docomo, ponsel tersebut tidak harus berada dalam genggaman pengguna. Sistem dapat bekerja secara otomatis meskipun ponsel ada di kantong atau tas pengguna. Jika penggunanya menginginkan, ponsel itu juga bisa berfungsi seperti remote key biasa.

Nissan, Docomo, dan Sharp akan mendemonstrasikan ponsel yang memiliki fitur Intelligent Key ini di pameran CEATEC (Combined Exhibition of Advanced Technologies) Japan, yang akan dibuka pada 30 September ini. Ketiga perusahaan yang bekerjasama itu berharap dapat meluncurkan produk inovasinya.(MB-8)

***


Sumber : KOMPAS


Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar