MALANG-BISNIS.com - Jika Anda bisa memperlakukan porselen kesayangan dengan lembut dan hati-hati, maka seharusnya perlakuan yang sama juga diterapkan pada kulit wajah dan tubuh Anda. Kulit membutuhkan penanganan sepenuh hati agar terawat sepanjang waktu. Termasuk perawatan saat pagi untuk menyiapkan wajah dan tubuh tetap segar sepanjang hari.

Dermatologis Kosmetik Marianna Blyumin, MD, dari New York mengatakan, perawatan di pagi hari yang tepat bisa memproteksi kulit dari radikal bebas sepanjang hari. Perawatan kulit yang tepat harus holistik, seperti kiat yang diberikannya berikut ini.


1. Ajak tubuh bergerak
Awali pagi Anda dengan melakukan gerakan sederhana karena olahraga bukan hanya untuk meregangkan otot, kata Blyumin. "Olahraga menurunkan hormon penyebab stres. Stres menyebabkan kerusakan pada organ tubuh termasuk kulit," lanjutnya. Latihan kardio menjadi solusi mengatasi stres. Jadi, lakukan saja gerakan ringan seperti jalan kaki, atau bersepeda selama 30-45 menit setiap harinya. Anda bisa menyempatkan waktu ke gym saat pagi hari bukan? Jika tak bisa, setidaknya luangkan waktu untuk berenang atau olahraga bela diri setiap hari dengan intensitas yang sama dengan jalan kaki.

2. Selalu bersihkan wajah
Membersihkan wajah dengan scrub di pagi hari membantu mempercepat pergantian sel kulit dan menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit lebih segar dan bercahaya, jelas Blyumin. Nah, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan scrub sesuai jenis kulit Anda.

Blyumin memaparkan, untuk kulit kering pilih scrub yang mengandung pelembab dan lakukan sebulan sekali. Untuk kulit normal, lakukan scrub kulit seminggu sekali dengan pembersih tubuh dengan butiran halus. Nah, untuk kulit berminyak, lakukan scrub tiga kali seminggu dengan pembersih berbutiran halus, lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab.

3. Cara mencerahkan wajah
Tinggalkan krim malam yang berat bagi kulit, dan pilihlah pelembab yang ringan agar tak membuat wajah berminyak di pagi hari. Blyumin menyarankan untuk menggunakan pelembab dengan kandungan antioksidan seperti teh hijau, kedelai, vitamin A, C, dan E. Kandungan antioksidan ini bisa memproteksi kulit wajah dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

4. Selalu melembabkan kulit
Menggunakan losion pelembab kulit menjadi ritual perawatan tubuh yang wajib. Namun, iringi juga dengan melembabkan kulit dari dalam tubuh dengan minum banyak air. "Saat mengalami dehidrasi, kulit terlihat kering dan suram," Blyumin.

5. Lindungi kulit Anda
Lindungi kulit untuk mencegah risiko kanker kulit dan penuaan dini dengan SPF. Pilih sunblock yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide. Sebaiknya hindari penggunaan sunblock dengan zat kimia yang mengandung avobenzone karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

6. Lindungi juga bibir Anda
Aplikasikan selalu lip balm untuk memproteksi bibir dari paparan sinar matahari. "Kanker kulit di bibir lebih berbahaya dibandingkan kanker kulit lainnya, karena penyebaran ke seluruh tubuh lebih cepat," jelas Blyumin.

Soal pemilihan level SPF, beberapa waktu lalu pakar dermatologi dr Retno Iswari Tranggono menjelaskan bahwa kondisi iklim tropis di Indonesia tak membutuhkan SPF tinggi. Maksimal, SPF 17 saja. Yang penting, produk perawatan kulit mengandung UVA dan UVB untuk membantu proteksi kulit.(MB-45)

5 komentar:

silvi mengatakan...

ok makasih infonya, sangat bermanfaat

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

ciip deh infonya,,,

Source Code SMS Gateway mengatakan...

info yang bagus,,,, makasih ya

Source Code Penjualan Multi User mengatakan...

langsung di coba nih,, makasih ya

Source Code SMS Akademik mengatakan...

infonya bermanfaat, thanks ya

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM