TIPS UNTUK PECINTA KULINER & HOBBY MAKAN | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
(Malang-Bisnis.com) Hobi makan kenapa tidak ? Untuk hobi makan ada baiknya anda memperhatikan aturan – aturan yang ada sehingga anda tidak perlu takut akan kolesterol atau diabetes, nah pak bondan memberikan tips bagi anda yang hobi makan.

Begini tips makan secara smart ala Bondan:

1. Setelah makan makanan berlemak dan bersantan, minum 1 gelas campuran air jeruk nipis dan daun mint. Air jeruk nipis memiliki sifat alkaline atau zat asam yang bisa melunturkan lemak dan juga melancarkan kerja lambung yang berat akibat makanan berlemak.

2. Jika hobi makan seafood, terutama udang, batasi maksimal 8 ekor per hari. Seafood aman dikonsumsi jika jumlahnya tidak berlebih, karena kita tidak setiap hari makan seafood. Jika sudah melampaui jumlah ini akan buruk untuk tubuh.
”Dibandingkan makan kuning telur 1 biji atau sepotong hati, akan lebih baik makan 8 buah udang. Kolesterolnya tidak sampai seperempat dari jumlah satu potong kecil hati ayam, atau setengah butir kuning telur,” papar Bondan.

3. Harus tahu apa yang dimakan. Saat akan menyantap makanan kalengan atau makanan kemasan harus melihat label informasi gizi pada kemasannya. ”Ini yang belum dibiasakan oleh orang Indonesia. Padahal cara ini sangat baik untuk menilai banyaknya kalori yang masuk ke tubuh,” imbuhnya.

4. Mengunyah makanan 30 – 40 kali. Hal ini juga sering diabaikan. Padahal cara ini baik untuk produksi enzim dalam pankreas kita. Enzim ini akan makin banyak diproduksi kalau makanan yang kita kunyah lebih halus. Dengan demikian kita terhindar dari rasa sebah, kembung, atau sakit perut setelah makan (MB-6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar