Generasi Terbaik VS Generasi Terburuk | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda

بسم الله الرحمن الرحيم


الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :


MALANG-BISNIS.COM - Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ خَيْرَكُمْ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ قَالَ عِمْرَانُ فَلَا أَدْرِي أَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ قَرْنِهِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثَةً ثُمَّ يَكُونُ بَعْدَهُمْ قَوْمٌ يَشْهَدُونَ وَلَا يُسْتَشْهَدُونَ وَيَخُونُونَ وَلَا يُؤْتَمَنُونَ وَيَنْذِرُونَ وَلَا يُوفُونَ وَيَظْهَرُ فِيهِمْ السِّمَنُ

Artinya : "Sesungguhnya sebaik-baik dari kalian adalah (umat) jamanku, kemudian yang setelahnya, kemudian setelahnya (lagi),

kemudian setelahnya (lagi). berkata Imran (periwayat hadist) saya ragu-ragu apakah Rosulullah -shollahu 'alaihi wasallam- mengatakan setelah (umat) jamanku 2 (dua) atau 3 (tiga) kali. kemudian setelah itu bersabda : sekelompok orang yang mengumbar sumpah akan tetapi tidak bisa dipegang sumpahnya, mereka berkhianat dan tidak dapat diberi amanat, dan mereka memerintahkan hal-hal akan tetapi mereka tidak melaksanakannya, dan mereka terlihat gemuk."


Generasi terbaik.

Generasi terbaik sepanjang zaman adalah generasi yang hidup dan beriman kepada Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- yang disebut sahabat Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam-.

Mereka disebut generasi terbaik karena bermula dari tangan-tangan merekalah Islam tersebar keseluruh dunia. dan menjadi agama yang paling banyak pengikutnya didunia. mereka adalah penolong Rosulullah -sholallah 'alaihi wasallam- dan pelindung beliau. Kemudian adalah para Tabi'in sebagai generasi penerus para sahabat. dan kemudian adalah Tabi'ut Tabi'in yaitu generasi setelah para Tabi'in.

Generasi Terburuk.

Generasi terburuk adalah generasi yang datang setelah generasi terbaik. sebagaimana yang disebutkan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- pada hadist diatas. yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

- Suka mengumbar sumpah akan tetapi tidak bisa dipegang sumpahnya.

- Berkhianat dan sama sekali tidak pantas diberi amanat.

- Memerintahkan suatu hal akan tetapi mereka tidak melaksanakannya.

- Terlihat gemuk.

Maksud dari kalimat terlihat gemuk adalah sebagaimana yang dikatakan oleh As-Suyuti yang artinya :

(maksud) Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- berkata pada akhir hadistnya adalah orang-orang yang suka mengumpulkan apa yang bukan hak mereka, mengklaim apa yang bukan milik mereka dari sebuah kemuliaan, dan dikatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang rajin mengumpulkan harta, banyak makan dan minum dan itulah sebabnya (mereka gemuk).
(MB-2)
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
***

1 komentar:

vini vidi vucinic mengatakan...

Tanda2 generasi terburuk ko' pas ya dg negri saya (he...he...he).

Posting Komentar