PREVIEW PIALA DUNIA 2010: Uruguay vs Jerman | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM : Kali kedua dalam 40 tahun, Jerman dan Uruguay bertemu untuk memperebutkan tempat ketiga Piala Dunia.

Pada pertemuan di Piala Dunia 1970 Meksiko, Jerman menang 1-0. Pertemuan terakhir keduanya di Piala Dunia adalah di Meksiko tahun 1986. Uruguay hanya bisa menahan Jerman 1-1.



Secara keseluruhan Jerman dan Uruguay delapan kali bertemu di semua turnamen sejak 1962. Jerman enam kali menang, Uruguay belum sekali pun.

Pada pertemuan terakhir di Bochum, Oktober 1993, Jerman menang dengan lima gol tanpa balas. Jerman adalah mimpi buruk Uruguay.

Sejarah perebutan tempat ketiga juga tak berpihak ke Uruguay. Sebelum dikalahkan Jerman di perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1970, Uruguay pernah mengenyam kegagalan serupa di Piala Dunia 1954. Mereka dikalahkan Austria -- saudara serumpun Jerman.

Jerman empat kali berebut tempat ketiga, dan hanya sekali gagal, yaitu saat dikalahkan Prancis di Piala Dunia 1958. Terakhir, ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, Die Mannschaft mengalahkan Portugal 3-1.

Seperti empat tahun lalu, Jerman ingin menghibur diri dengan meraih tempat ketiga kali kedua berturutan. Uruguay ingin menghapus sejarah buruk mereka, dan memuaskan pendukungnya dengan mengalahkan Jerman kali pertama dalam 48 tahun.

Oscar Washington Tabarez, pelatih Uruguay, mengatakan timnya akan bermain sepenuh hati untuk mengobati kegagalan mencapai final.

"Kami nyaris mencapai final. Kini kami tidak akan menyesal jika harus pulang sebagai peraih tempat ketiga," ujarnya.

Dua pemain; Thomas Müller di kubu Jerman, dan Luis Suarez di pihak Uruguay, telah bisa bermain setelah menjalani masa hukuman. Keduanya di laga semifinal, saat tim masing-masing dikalahkan lawan-lawannya.

Müller diprediksi akan menjadi starter di lini tengah Jerman. Suarez kemungkinan tidak bisa berduet dengan Diego Forlan, yang mengalami cedera paha saat Uruguay dikalahkan Belanda 3-2.

Müller dan Klose berpeluang menambah koleksi golnya. Keduanya telah mengoleksi empat gol. Forlan, juga mengoleksi empat gol, kemungkinan duduk di bangku penonton.

Namun jika tes kesehatan beberapa jam sebelum laga memperlihatkan Forlan bisa dimainkan, pelatih Oscar Tabarez dipastikan akan menurunkan striker Atletico Madrid itu.

Uruguay
17-06-2010 Afsel 0 - 3 Uruguay
22-06-2010 Meksiko 0 - 1 Uruguay
26-06-2010 Uruguay 2 - 1 Korsel
03-07-2010 Uruguay 1 - 1 Ghana (adu penalti)
07-07-2010 Uruguay 2 - 3 Belanda

Jerman
18-06-2010 Jerman 0 - 1 Serbia
24-06-2010 Ghana 0 - 1 Jerman
27-06-2010 Jerman 4 - 1 Inggris
03-07-2010 Argentina 0 - 4 Jerman
08-07-2010 Jerman 0 - 1 Spanyol


Jerman adalah mimpi buruk bagi Uruguay.">

Situasi Uruguay

Gelandang Walter Gargano absen, tapi striker Luis Suarez kembali dari hukuman. Diego Forlan diragukan bisa bermain akibat cedera. Center-back Diego Lugano kembali memperkokoh lini pertahanan, dan Diego Godin duduk di bangku cadangan.

Prakiraan Susunan Pemain (4-2-3-1): Muslera, M. Pereira, Victorino, Lugano, Caceres; D. Perez, Arevalo; A. Fernandez, Forlan, Cavani; Suarez Gargano, A. Pereira; Forlan, Cavani.


Situasi Jerman

Striker Miroslav Klose cedera punggung, dan kemungkinan tidak bisa bermain. Asisten pelatih Hansi Flick juga mengindikasikan Sami Khedira dan Mesut Özil punya masalah serupa. Marcell Jansen tampaknya akan menjadi starter di posisi left-back, menggantikan Jerome Boateng. Thomas Müller kembali dari masa hukuman, untuk menggantikan Piotr Trochowski.

Prakiraan Susunan Pemain (4-2-3-1): Neuer, Lahm, Friedrich, Mertesacker, Jansen; Khedira, Schweinsteiger; Müller, Özil, Podolski; Klose.


Pemain Layak Diamati

Luis Suarez: Striker Ajax ini akan kembali menjadi pusat perhatian. Tentu saja dia diharapkan tidak lagi membuat ulah kontroversial, seperti ketika menghalau bola yang masuk gawang dengan tangannya saat menghadapi Ghana. Namun sulit bagi Suarez bermain tanpa Diego Forlan. Diego Forlan juga kesulitan ketika harus bermain tanpa Suarez saat menghadapi Belanda.

Thomas Müller: Tanpa Müller di lini tengah, membuat gaya bermain Jerman hilang sama sekali ketika menghadapi Spanyol. Piotr Trochowski tak mampu menggantikannya. Müller kemungkinan tidak akan kesulitan bermain tanpa Sami Khedira dan Klose.


Prediksi

Jerman difavoritkan memenangkan laga ini. Castrol World Cup Predictor memperkirakan kemungkinan Jerman memenangkan laga 62 persen, Uruguay hanya 38 persen. Namun Jerman harus benar-benar mengamankan Suarez jika ingin pulang dengan medali hiburan.


Uruguay 0-2 Jerman (MB-20)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar