Pengobatan Alternatif BEKAM Bagi Para Artis | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com - TERAPI pengobatan dengan cara bekam marak dibicarakan. Beberapa selebriti juga memilih terapi ini untuk menyembuhkan penyakit atau menjaga kesehatan. 
Ahmad Dhani (38), misalnya rela mencukur rambutnya agar bisa diterapi dengan cara bekam.  Iwan Fals (48), jika badan mulai pegal-pegal atau masuk angin, kadang memilih jalan bekam kering untuk penyembuhan.


“Saya pernah dibekam tapi tidak dikeluarkan darahnya. Yang penting biar pegal-pegal hilang. Saya biasanya panggil ahli terapinya ke  rumah. Rasanya segar dan badan pulih kembali,” ungkap Iwan Fals.

Artis Baby Zelvia sempat mempromosikan terapi bekam sebagai terapi kesehatan yang baik.“Bekam itu sehat dan baik. Nabi (Muhammad SAW-red) menganjurkan supaya melakukan pengobatan dengan cara bekam. Saya juga beberapa kali bekam. Rasanya enteng, peredaran darah lancar kembali,” ungkap Baby Zelvia.


Menurut Dhani, bekam lebih efektif kalau tahu apa keluhan atau penyakit yang dirasakan. Agar langsung dilakukan bekam di titik yang dikeluhkan.

“Saya dapat informasi bekam tukang pijat saya. Saya bekam kalau pas salah minum, minum kopi atau minum soda. Saya bekam karena saya tahu banyak oksigen di dalam darah saya,” ungkap Dhani.

Apa sebenarnya bekam? Menurut Tabib Sofyan yang ahli bekam dan berpraktek sudah 8 tahun di bilangan Kramat Jati, Jakarta Timur, terapi pengobatan dengan cara bekam itu telah dilakukan beberapa ribu tahun sebelum Masehi di China. Lantas dipopulerkan Nabi Muhammad SAW.

“Bekam Al Hijamah atau Oxidant Drainage Therapy adalah cara pengobatan sunnah Rasulullah SAW yang bertujuan mengeluarkan darah yang mengandung racun/toksin, angin jahat, darah statis, kolesterol, asam urat, dan insya Allah limbah energi negatif,” ungkap Tabib Sofyan.

Bekam adalah istilah Melayu yang berarti "membuang darah" atau "membuang angin", dalam bahasa Inggris disebut "cupping".

Terapi bekam berdasarkan penelitian ilmiah banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, karena darah dalam tubuh kita tidak akan pernah mengalami regenerasi, selama tidak ada darah yang keluar.

“Bisa kita bayangkan betapa kotornya darah kita semenjak kecil hingga dewasa. Darah yang mengalir dalam tubuh kita, ya itu-itu saja. Ibarat oli dalam kendaraan, apabila tidak pernah diganti maka lambat-laun mesinnya akan cepat rusak. Begitu pula dengan tubuh kita, apabila kita melakukan terapi bekam maka darah yang kotor akan keluar dan secara otomatis tubuh akan memproduksi darah baru yang lebih segar,” ungkap Tabib Sofyan.

Ada beberapa jenis terapi bekam yang dikenal. Bekam kering (dry cupping), bekam basah (wet cupping), bekam seluncur, dan bekam tarik. “Kalau bekam kering, hanya dilakukan penarikan tanpa mengeluarkan darah. Jadi tubuh diolesi minyak zaitun, terus dilakukan pemompaan,” ungkap Tabib Sofyan.

Jika Anda tertarik dan memilih bekam sebagai salah satu terapi pengobatan, Anda bisa datangi klinik-klinik yang berpraktek  di Jakarta atau di kota terdekat. Di Jakarta, klinik yang membuka praktek bekam bisa ditemui hampir di setiap wilayah. Jika Anda malas keluar, Anda juga bisa mengundang ahli bekam untuk datang ke rumah.

“Kami juga bisa melayani di rumah. Dan kami keliling ke mana-mana untuk memenuhi undangan orang yang akan dibekam,” kata salah seorang ahli bekam yang sengaja berpraktek dengan cara keliling ini.
Keistimewaan bekam, bisa juga digunakan untuk pengobatan penyakit nonmedis seperti santet/guna-guna atau kesurupan. “Bagi yang terkena penyakit nonmedis, biasanya dilakukan rukiah lebih dulu. Kita obati dulu penyakit nonmedisnya lebih dulu, baru penyakit medis. Sebab penyakit nonmedis jika tidak segera diobati akan menjadi penyakit medis,” ungkap Tabib Sofyan.

Sebelum dilakukan pembekaman, biasanya ahli bekam akan mendiagnosis penyakit Anda. Ahli bekam juga akan bertanya, apakah Anda sudah pernah dibekam atau belum. Ini penting sekali. Bagi pasien yang belum pernah dibekam, proses pembekaman hanya boleh dilakukan di 3 titik.
Kemudian, setelah diketahui keluhan yang dirasakan, ahli bekam akan mengukur tekanan darah. Jika tekanan darah rendah, tidak boleh dilakukan proses pembekaman. Jika normal atau tinggi, tidak apa-apa.

Setelah semua aman, titik-titik di mana akan dilakukan pembekaman dibersihkan. Lalu ahli bekam memasang cup, lalu menyedot dengan pompa sehingga kulit kita terasa tertarik. Tujuan pemompaan udara di dalam cup, untuk menciptakan sensasi kebal.

Setelah 3 sampai 5 menit, cup itu menempel di titik yang akan dibekam, udara lalu dikeluarkan lagi. Ahli bekam akan segera mengolesi alkohol/desinfektan atau minyak zaitun. Kemudian menyayat titik yang telah dibuat kebal dengan jarum steril atau pisau bedah atau lanset.

Setelah didilakukan penusukan atau sayatan, sehingga keluar darah, cup dipasang lagi kemudian pompa lagi dengan piston penarik udara. Cup itu belum boleh dilepas sebelum darah kotor dari dalam tubuh keluar semua. Atau bisa dilihat dengan keluarnya cairan putih. Selesai proses pembekaman, biasanya ahli bekam akan mengolesi dengan minyak jintan hitam atau minyak zaitun.

Terdengar seram, sesungguhnya bekam tidak terasa sakit. Tapi kalaupun Anda masih takut, bisa memilih cara bekam kering atau bekam seluncur, bekam tanpa mengeluarkan darah. Anda hanya merasakan sensasi pijatan ahli bekam, kemudian cup-cup itu dipasang di titik yang telah ditentukan dan si terapis akan memompa cup/gelas bekam  dengan piston pada posisi yang dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.

Ada sekitar 72 macam penyakit yang bisa diobati dengan bekam. Di antaranya penyakit-penyakit seperti hipertensi, konstipasi (sulit buang air besar), stroke, asam urat, kolesterol tinggi, sakit pinggang, trauma, batuk 100 hari, dan pusing.

Tak ada salahnya Anda mencooba terapi ini. Yang pasti dari segi finansial sangat terjangkau. Sekali hadir Anda tak harus mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah. Cukup 50 ribu sampai 200 ribu sekali bekam. Selamat mencoba.(MB-9)

***

Sumber : KOMPAS


Dilihat sebanyak :
Follow Twitter @MalangBisnisCom















Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile, Buka dari HP mu...




3 komentar:

Yuswardi mengatakan...

alamat praktek bekam di malang dimana y??
terima kasih

Bekam Pages mengatakan...

Bila ingin mengetahui alamat pengobatan bekam terdekat dengan rumah anda, kunjungi

www.bekampages.blogspot.com

Damanhoeri mengatakan...

alamat bekam di malang yg dekat dengan Kepanjen dimana.... mhn jawaban


Posting Komentar