MalangBisnis.com - Aktivitas orang menggunakan ponsel berinternet masih didominasi browsing dibandingkan kegiatan lainnya, seperti e-mailsocial networking. ataupun

"Sepertiga pengguna smartphone dunia masih untuk browsing," kata CEO Vodafone Vittorio Colao saat
berbicara dalam acara Nokia World di London, Inggris.

Menurut Colao, kegiatan browsing di smartphone ini masih di atas kegiatan bisnis (30 persen), games (25 persen), e-mail (20 persen), dan social networking (15 persen). Persentase ini, menurut Calao, harus diadopsi oleh vendor ponsel mana pun, termasuk Nokia.


"Jangan lupa, musik dan video tumbuh dengan cepat. Vendor smartphone harus menciptakan aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone menikmati layanan musik dan video," katanya.

Colao menjelaskan, tren smartphone ke depan adalah "demokratisasi" bagi penggunanya sehingga setiap orang punya hak yang sama dalam memanfaatkan setiap fitur dan aplikasi di dalamnya. Untuk itulah, Nokia dan Vodafone menjalin kerja sama bisnis untuk menyongsong preferensi para pengguna smartphone yang beragam.

Harus murah
Dalam bagian lain kupasannya, Colao menekankan pentingnya kerja sama bisnis di antara vendor smartphone terkait kegiatan orang berinternet secara mobile. Colao kemudian memaparkan lima konsep bisnis yang harus dilakukan bagi produsen smartphone, yakni kecepatan jaringan, alat dan sistem operasi, konten dan layanan, kemudahan bagi konsumen, serta keuntungan dari ekosistem bisnis yang berkembang.

"Untuk itu, sangat penting membuat smartphone murah yang mudah dimiliki konsumen, tetapi tetap dengan menambah kecepatan operasionalnya," pesan Colao yang kali ini ditujukan kepada produsen ponsel Finlandia, Nokia.(MB-8)

***

Sumber : http://kompas.com/


Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom







Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia versi mobile (otomatis), Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Membuat Web Langsung Jadi ? INDO9.COM