7 Langkah Sederhana Agar Pekerjaan Kantor Lebih Cepat Selesai | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com - Tak sedikit karyawan yang mengeluh tentang pekerjaan yang mereka anggap terlalu banyak sehingga belum selesai walau sudah waktunya pulang. Namun terkadang masalah sebenarnya bukan terletak pada jumlah tugas namun pada konsentrasi si karyawan dalam mengerjakannya. Buyarnya konsentrasi memang tak jarang terjadi karena pengaruh lingkungan kantor yang terlalu berisik. Tapi ada beberapa karyawan yang jadi lama dalam menyelesaikan tugas karena tergoda dengan gangguan-gangguan seperti terlalu sering mengobrol atau main internet. Agar pekerjaan lebih cepat selesai
sehingga Anda lebih cepat bertemu keluarga di rumah, simaklah tujuh tips berikut ini yang dikutip dari beberapa sumber: 

1. Batasi Cek Email
Untuk mempersingkat waktu dan lebih berkonsentrasi mengerjakan tugas, hindari terlalu banyak mengecek email. Meski berurusan dengan pekerjaan, memeriksa email terlalu sering akan menyita waktu dan tak jarang memecah konsentrasi. Terlebih ketika Anda tengah sangat sibuk, aturlah waktu tersendiri untuk cek email, misalnya dua jam sekali atau ketika satu tugas sudah selesai. Email masuk memang kerap membuat penasaran namun tahanlah godaan untuk membacanya.

2. Tulis Tugas di Post-it
Agar Anda selalu ingat apa yang harus cepat dikerjakan, tulislah tugas-tugas itu di lembar post it. Taruh post it di posisi yang mudah terlihat sehingga Anda akan selalu ingat. Kata-kata dalam kertas post-it akan menjaga Anda untuk tetap berkonsentrasi menyelesaikan tugas sehingga tidak membuang waktu dengan banyak cek media sosial atau mengobrol dengan rekan.

3. Batasi Cek Media Sosial
Akses internet yang semakin mudah ternyata memiliki dampak negatif bagi para pekerja. Mereka jadi lebih mudah terganggu dengan godaan untuk mengecek sejumlah akun media sosial. Terlebih dengan tersedianya fasilitas internet untuk gadget pribadi yang terkadang membuat sebagian pekerja jadi asyik sendiri dan melupakan tugas kerja.

Untuk mengatasinya, Anda tentu saja perlu kontrol diri yang kuat. Selalulah mengingat jika hal itu dilakukan karena ingin pekerjaan cepat selesai agar cepat pulang untuk bertemu keluarga di rumah. 

4. Cari Tahu Batas Waktu 
Umumnya setiap orang memiliki batas waktu di mana ia sudah tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan lagi. Masing-masing karyawan memiliki waktu yang berbeda-beda namun biasanya hal itu terjadi beberapa saat sebelum jam pulang kerja. Entah karena memang sudah lelah atau sudah merasa waktunya pulang, sebagian dari mereka sulit berkonsentrasi sehingga tugas terselesaikan lebih lama.

Untuk itu, cari tahulah jam berapa biasanya Anda tak bisa konsentrasi pernuh lagi. Kemudian usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan sebelum jam itu. Anda bisa datang lebih pagi atau lebih disiplin dalam mengerjakan tugas di siang hari. 

5. Cari Tahu Si Pengganggu
Selain mengetahui batas waktu konsentrasi, ketahui pula apa yang biasanya menggangu Anda ketika tengah bekerja. Misalnya Anda sering menghubungi atau dihubungi pasangan saat jam kantor yang membuat pekerjaan terhenti. Mulai sekarang jika tidak ada yang terlalu mendesak, hubungilah pasangan hanya pada jam istirahat atau ketika tugas sedang sangat tidak menumpuk. Begitu juga dengan terlalu sering cek media sosial atau mengobrol dengan rekan tentang hal yang kurang penting.

6. Jangan Mau Diganggu
Saat sedang berkonsentrasi penuh terhadap pekerjaan karena ingin cepat menyelesaikannya, jangan mau digoda oleh para pengganggu. Para pengganggu di sini bisa berbentuk macam-macam, mulai dari rekan yang mengajak makan di luar, telepon dari pasangan, sampai notifikasi media sosial. Begitu juga ketika Anda sedang berlibur atau cuti. Hindari tetap terlibat pada pekerjaan saat berekreasi terutama dengan keluarga. Karena mereka bisa bersikap kesal atau menganggap mereka telah mengganggu karir Anda.

7. Ciptakan Deadline Sendiri
Agar cepat selesai, tetapkanlah waktu atau dateline tersendiri untuk tugas-tugas yang menumpuk. Meski ada dateline, jangan terlalu terburu-buru dalam mengerjakan tugas. Karena jika tidak teliti, pekerjaan Anda malah bisa jadi berantakan bahkan bisa terjadi kesalahan fatal yang bisa merugikan Anda dan rekan-rekan.[MB-2]

Sumber : http://wolipop.detik.com/


Dilihat sebanyak :
Lihat Artikel Lainnya
Lihat Informasi & Promosi Bisnis
Follow Twitter @MalangBisnisCom







Baca MalangBisnis.com dari mana aja, tersedia VERSI MOBILE, Buka dari HP mu...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar