Survey membuktikan bahwa Ngemil Buah-buahan Buat Gigi Rusak | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MalangBisnis.com – Kebiasaan ngemil makanan kecil di sela-sela waktu makan, seringkali mendatangkan rasa bersalah, setelah melakukannya. Untuk itu, sebagian orang cenderung mengganti camilan keripik dan biskuit dengan buah-buahan. 

Tetapi, tahukah Anda, kebiasaan ngemil buah ternyata tidak baik untuk kesehatan mulut dan gigi Anda?


Hasil mengejutkan itu diungkapkan 458 pakar kesehatan gigi yang menjadi peserta survei dari Dentyl Active, lembaga survei makanan di Inggris. Sebanyak 90 persen pakar tersebut, menyatakan bahwa kebiasaan ngemil buah-buahan dengan kadar gula tinggi dapat memicu keropos pada gigi, bertambahnya plak, dan berkurangnya email gigi.

Survei tersebut, juga membuktikan bahwa konsumsi buah apel sebagai menu camilan dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada gigi dan gusi, dampak yang sama dengan yang disebabkan oleh konsumsi cokelat dan biskuit.


Pendapat yang sama juga dikemukakan Profesor David Bartllet, yang berasal dari King’s Dental Intitutes. Bartllet mengatakan bahwa dampak kerusakan gigi yang ditimbulkan oleh konsumsi buah, sama buruknya dengan dampak yang ditimbulkan oleh minuman bersoda. 

Dilansir dari laman Female First, hal ini juga berlaku pada buah dengan rasa asam yang pekat. 

Kontras dengan survei tersebut, buah-buahan dipercaya bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang tertinggal. Untuk itu, buah-buahan kerap disajikan setelah makan. 

Tetapi, Profesor Robin Seymor dari Newcastle University menyatakan bahwa paradigma tersebut keliru.

Dia menjelaskan, paradigma itu berujung pada kurangnya kesadaran masyarakat dalam membersihkan gigi. Imbasnya, banyak orang justru mengalami sakit gigi akibat ngemil buah-buahan. 

“Setelah makan, terutama makanan yang mengandung gula, sebaiknya menggosok gigi dan berkumur agar tidak menimbulkan plak dan meningkatkan populasi bakteri penyebab gigi keropos,” terang Profesor Seymor.[MB-1]




Dilihat sebanyak :
Follow Twitter @MalangBisnisCom










Tidak ada komentar:

Posting Komentar