Jaga Pelanggan dengan Layanan WiFi | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - ARTIKEL ENTREPRENEUR, Saat ini, rumah makan atau coffee shop yang menawarkan area hotspot gratis sudah banyak ditemukan. Tempat-tempat seperti ini juga selalu dipenuhi pengunjung, dari yang sekadar iseng mengecek e-mail, hingga yang ingin memanfaatkan internet gratis dan nongkrong sepanjang hari.

Nah, bila Anda pun menikmati momen berinternet gratis sambil menyantap hidangan, kenapa tak mencoba memberikan layanan tersebut untuk pengunjung restoran Anda? Apalagi bila Anda mampu memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi. Hal ini pasti dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda untuk target pelanggan Anda. Orang yang berencana makan siang atau sekadar ngopi, tentu lebih memilih kafe yang menawarkan internet gratis daripada yang tidak.

Kebutuhan untuk mengakses internet memang semakin meningkat. Orang tidak hanya menggunakannya untuk memenuhi kesenangan browsing berita-berita hiburan atau meng-update status di situs jejaring sosial. Saat tidak sedang berada di kantor, bisnis tetap berjalan berkat komunikasi melalui internet. Bagi pekerja di bidang kreatif, menggunakan internet di kafe juga dianggap lebih merangsang kreativitas mereka.

Kafe atau restoran bukan satu-satunya bisnis yang membangun jaringan WiFi. Beberapa pemilik bisnis lain kini juga menyadari pentingnya mewadahi kebutuhan pelanggan, seperti toko-toko buku independen, apartemen, pusat-pusat kebugaran, bahkan minimarket yang buka 24 jam. Boleh dibilang, layanan WiFi-lah yang membuat sebagian pengunjung tertarik mendatanginya.

Bukan hanya orang yang gemar traveling, atau mobile, yang membutuhkan koneksi WiFi. Orang yang tak punya kepentingan apa-apa pun seringkali ingin memastikan pemilik bisnis menawarkan layanan ini, sehingga mereka bisa keluar dari rumah, dan bersantai menikmati layanan internet secepat kilat. Beberapa perumahan besar pun kini menyediakan layanan WiFi, dan siapa lagi yang merasa diuntungkan bila bukan pelajar dan mahasiswa yang butuh mengakses internet untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, dan para freelancer yang ingin bisa bekerja dari rumah?

Memang ada biaya khusus untuk melakukan instalasi WiFi atau LAN ini, tetapi jika cara ini bisa mendekatkan hubungan Anda dengan pelanggan, tentu layak dicoba. Menyediakan area hotspot juga membuka peluang bagi Anda untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Yang Anda butuhkan untuk berinvestasi dalam layanan ini adalah perangkat seperti router, koneksi Broadband, dan mesin EDC (electronic data capture, atau alat penggesek kartu kredit), kalau-kalau Anda ingin menawarkan layanan WiFi berbayar. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari pengunjung yang hanya ingin memanfaatkan internet gratis sepanjang hari tanpa memesan makanan atau minuman. Anda tinggal menghubungi operator telepon atau ponsel untuk melakukan instalasi.

Apapun metode instalasi yang Anda pilih, pastikan hal itu mampu berjalan dengan efektif sebelum Anda mempromosikannya untuk publik. Setelah itu, Anda tinggal mengamati bagaimana kesetiaan pelanggan akan bertumbuh, dan bisnis Anda pun berkembang sesuai harapan. (MB-1)

ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
*** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar