KANTOR GOOGLE DIRANCANG BAGAI TEMPAT BERMAIN | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - Ok, semua orang tahu Anda bosan dengan kantor konvensional Anda yang penuh dengan benda mati, monoton, dan membuat Anda sulit bekerja dengan efisien. Meja kerja Anda penuh tumpukan kertas, kabel, dan alat tulis yang saling bercampur hingga kapal pecah pun rasanya terlihat sedikit lebih rapi. Anda keluar dari cubicle Anda dan hanya menemukan dinding beton, langit-langit, dan ubin keras dengan warna pucat yang membuat Anda tidak jauh lebih baik.

Pernahkah Anda masuk ke sebuah kantor perusahaan bonafide dan mendapati seorang pimpinan utama bermain rollerblade atau melompat-lompat bak anak kecil dengan sebuah physio ball ? Jika belum , berarti Anda belum pernah mengunjungi markas besar Google.



Inilah pelataran kantor Google yang bernama Google Flex di California, AS. Anda bisa melihat payung berwarna-warni seperti ini hanya di Google Flex , sebuah kantor yang ‘hanya’ seluas 1 juta kaki persegi, memiliki 16 gedung dan ruang terbuka. Benar-benar berwarna -warni seperti homepage Google, bukan? Ceria dan berenergi. Namun, sebenarnya untuk apa payung-payung ini? Jika Anda karyawan Google, Anda bisa menikmati makanan Anda di halaman kantor bersama-sama dengan ratusan karyawan lainnya.

Dan jika Anda adalah orang pelupa yang sering tidak membayar setelah makan, makan di Google adalah solusi sempurna untuk Anda. Semua makanan bagi karyawan Google dibagi menjadi 10 kantin lebih yang menyajikan berbagai jenis makanan dari seluruh dunia, dengan gaya penyajian yang bervariasi pula.

Bagi Anda yang keranjingan dengan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan, Anda bisa temukan ratusan jenis makanan organik di salah satu kantin Google. Makanan-makanan tersebut juga didatangkan hanya dalam radius 150 kilometer dari kantor Google. Ini dilakukan untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan untuk mengangkut makanan. Bahkan Google menanam sendiri beberapa jenis tanaman buah dan sayur organik dalam lahan kantor mereka.

Setelah terlalu banyak makan dan merasa bertambah gemuk, mungkin Anda harus keluar kantor untuk menuju gym terdekat. Itu belum ditambah dengan biaya langganan gym dan personal trainer setiap bulannya. Bagi karyawan Google, urusan menjaga kebugaran tidak perlu dilakukan jauh-jauh dari kantor. Dalam Google Flex sudah terbangun sebuah gym lengkap dengan berbagai peralatannya dan personal trainer yang siap sedia memandu setiap sesi latihan yang Anda jalani.

Bagi Googlers (sebutan untuk karyawan Google) yang ingin dimanjakan dengan sentuhan masseuse alias tukang pijat profesional, mereka bisa menunggu untuk dipijat gratis setiap hari ulang tahun mereka. Mungkin dengan ini banyak yang akan berharap berulang tahun saat merasa penat saja. ^_^



Untuk urusan istirahat, Google juga sangat peduli. Google menyediakan ‘tempat tidur’ super nyaman bernama sleeping pot. Sambil berbaring dalam benda bulat putih ini, Anda dapat memutar musik yang membuat syaraf-syaraf tegang Anda mengendur seketika. Zzzzzz………..



Untuk urusan cuci-mencuci pakaian, Anda tidak harus mencuci sendiri di rumah. Google menyediakan laundry-mat yang siap menampung semua cucian kotor Anda. Bawa cucian kotor Anda dari rumah, masukkan ke mesin cuci otomatis di sana dan saat pulang kerja, semua pakaian itu sudah menjadi bersih dan wangi.

Saat seorang Googler harus bepergian keluar untuk menyegarkan pikiran atau tugas kantor, ia tak harus menunggu taksi di pinggir jalan, atau mengendarai kendaraan pribadi, cukup ke garasi kantor dan ada ratusan mobil hybrid bertenaga listrik yang siap dipilih untuk dikendarai. Hmm, mobil hybrid? Tak usah khawatir karena mobil hybrid ini terlihat bergaya, bukan mobil dengan desain ’ajaib’ bin aneh yang membuat setiap orang di jalan mengernyit saat mobil Anda melintas. Mobil-mobil itu berdesain futuristik dan stylish, layaknya sebuah mobil balap di Nascar.

Sungguh menyenangkan bukan bekerja di sana? Tunggu..tunggu..Biar saya luruskan. Ini bukan provokasi supaya Anda resign dari perusahaan Anda sekarang dan beramai-ramai melamar posisi di Google (Larry Page dan Sergey Brin bisa ‘membunuh’ saya karena posting ini). Ini hanya untuk memberikan Anda inspirasi bagaimana supaya Anda bisa menciptakan suasana kerja seperti ini (meski tidak sesempurna itu) di kantor Anda, dan saya. Adalah suatu keniscayaan bahwa memiliki pekerja dengan fisik dan jiwa yang sehat adalah sebuah aset yang tak ternilai bagi sebuah korporasi. Dan itulah yang dilakukan Google.

Work hard, play harder, will we? (MB-9)
Artikel Lainnya Di Kategori Ini :
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar