PIALA DUNIA 2010 : SPANYOL LOLOS KE FINAL | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - Semifinal Piala Dunia 2010 yang mempertemukan Spanyol vs Jerman, Pada Babak I Spanyol memulai pertandingan dengan sedikit perubahandalam susunan pemainnya. Torres yang gagal menunjukkan performa terbaiknya selama piala dunia, digantikan oleh Pedro.

Pertandingan sedikit terganggu dengan adanya seorang penonton yang berhasil memasuki lapangan. Beruntung pihak berwenang segera bisa mengusirnya dari arena permainan.

Spanyol membuka peluang dengan umpan terobosan Pedro kepada Villa di menit enam. Sayang keburu dihalau kiper yang berlari menghampiri bola.

Sepuluh menit berjalan, matador terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. Mereka memegang kendali bola lebih banyak dari Jerman.

Menit 13 sebuah umpan silang dari kiri Iniesta membuka peluang matador. Sayang Puyol menyundul bola sedikit di atas mistar gawang.

Sebuah umpan terobosan lambung Xabi Alonso dari sisi kiri di menit 19 berhasil mencapai Ramos yang berada di sisi kanan barisan depan Spanyol. Namun Tembakan Ramos masih jauh dari target.

Jerman mencoba menjawab lewat sebuah serangan balik yang berujung pada umpan silang dari sayap kiri kepada Klose di menit 22. Klose yang berada di dalam kotak pibnalti tidak mampu berbuat banyak meski berhasil menerima bola karena empat pemain bertahan matador langsung menghadang dan membuang bola.

Menit 29 Xabi Alonso mencoba melakukan tembakan dari jarak jauh. Namun tendangannya masih melebar di sisi kanan gawang tim panser.

Dua menit kemudian Jerman membalas lewat tendangan jarak jauh Piotr Trochowski dari sisi kanan. Sayangnya Casillas masih mampu menepis bola keluar lapangan.

Arah permainan mulai terlihat berubah. Jerman mulai mengimbangi Spanyol dalam hal penguasaan bola.

Pertandingan lebih banyak menyajikan perbutan bola di area tengah lapangan. Kedua tim sepertinya masih belum bisa menembus pertahanan lawan.

Di menit-menit akhir Jerman mendapat peluang saat Oezil menerima umpan terobosan dan membawa bola ke dalam kotak pinalti. Namun sayang dia terjatuh akibat tekanan yang dilakukan Ramos.

Meski demikian wasit tidak memberikan hadiah pinalti kepada tim panser.

Wasit pun menyudahi babak pertama dengan kedudukan masih berimbang bagi kedua tim. Skor masih tetap 0-0

Pada Babak II, Jerman memulai pertandingan sedikit berbeda dengan babak pertama. Mereka kini bermain lebih terbuka dan menekan pertahanan matador.

Namun Spanyol yang lebih dulu membuka peluang di menit 48 lewat aksi Pedro di sayap kanan yang mengecoh dua penjaganya sebelum memberikan umpan kepada Xabi yang berada sedikit diluar kotak pinalti. Sayangnya tendangan Xabi masih melebar di sisi kiri gawang.

Semenit kemudian Xabi kembali melakukan tembakan dari luar kotak pinalti. Kali ini tendangannya melebar ke sisi kanan gawang.

Menit 52 Jerman mencoba merubah gaya permainan dengan melakukan pergantian pemain. Pemain bertahan Jerome Boateng keluar untuk digantikan oleh pemain tengah, Marcell Jansen.

Spanyol terus menekan pertahanan panser dengan serangan bergelombang. Namun mereka tetap belum mampu membobol gawang Jerman.

Matador membuka dua peluang sekaligus pada menit 58. Peluang pertama dilakukan oleh Pedro dengan tembakan kerasnya dari luar kotak pinalti yang masih ditepis kiper.

Bola tepisan bergerak jatuh ke kaki pemain Spanyol. Bola berhasil diteroboskan ke Iniesta yang berlari memasuki sisi kanan gawang.

Iniesta kemudian memberikan umpan silang datar tepat di muka gawang ke arah sebaliknya. Sayang Villa gagal menyambut bola yang sudah menari indah di batas tiang gawang Jerman.

Tim panser kembali melakukan pergantian pemain di menit 62. Toni Kroos masuk menggantikan Trochowski.

Menit 63 sebuah umpan terobosan lambung Xabi dari sisi kiri ke sisi kanan kotak pinalti hampir berbuah gol. Namun Ramos yang berlari menyambut bola gagal memaksimalkan eluang karena telah lebih dulu dijatuhkan oleh Podolski.

Malang bagi Matador, wasit tidak memberi mereka hadiah pinalti atas pelanggaran yang dilakukan Podolski.

Jerman memperoleh peluang emas saat Kroos berada dalam posisi bebas di kotak pinalti pada menit 69. Sayang ia gagal menaklukkan Casillas.

Spanyol akhirnya berhasil membobol gawang jerman di menit 72.

Sebuah umpan dari tendangan sudut oleh Xavi membuka peluang mereka. Puyol yang tidak terkawal langsung menyundul bola ke dalam gawang.

Goollll!!! Spanyol akhirnya memimpin atas tim panser. Kedudukan kini menjadi 1-0 untuk keunggulan anak-anak matador.

Menit 81 kedua tim melakukan pergantian pemain.

Spanyol memasukkan Torres menggantikan Villa. Sementara Jerman Mengganti Khedira dengan Mario Gomez.

Spanyol memperoleh peluang emas di menit 82 saat Pedro melakukan serangan balik cepat terhadap barisan pertahanan Jerman yang hanya tersisa satu orang. Meski memiliki Torres yang siap membantu, Pedro memutuskan untuk membawa bola sendirian.

Hasilnya dia gagal memaksimalkan peluang karena bola keburu dihalau pemain bertahan Jerman.

Jerman terus menekan di sisa pertandingan. Namun mereka tidak mampu menembus pertahanan Matador.

Hingga wasit menutup pertandingan skor masih tetap tidak berubah di 1-0 untuk keunggulan Spanyol. Dengan ini anak matador akan bertemu tim oranye di pertandingan final ajang tertinggi sepak bola di dunia. [MB-21]
**
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
- Belanda Melenggang ke final

**

4 komentar:

Putu_Permadi mengatakan...

Goooooal...
Spain apa Holand??
tunggu aja.. hee heee

Warna Tulisan mengatakan...

akhir sesuai juga dengan prediksi warna bahwa partai puncak akan bertemu Belanda vs Spanyol ....

Ipin mengatakan...

Tidak sia sia spain menyerang tim panser ..hidup spain

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Belanda yang bakalan menjadi juara tahun ini

Posting Komentar