BELANDA MELENGGANG KE FINAL | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - Uruguay dan Belanda bertemu di babak semifinal Piala Dunia Afrika Selatan 2010 untuk memperebutkan satu tempat di final. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Green Point, Cape Town dan dipimpin oleh wasit asal Usbekiztan, Ravshan Irmatov.

Babak Pertama:
Kedua tim memakai kostum utama mereka. Uruguay mengenakan jersey berwarna biru langit dan Belanda mengenakan warna kebesaran mereka, oranye. Pertandingan baru memasuki menit ke tiga umpan lambung Robben berhasil dimentahkan oleh kiper Uruguay, Nestor Muslera namun bola hasil tepisannya itu menuju kepada Dirk Kuyt. Kuyt pun langsung menyambar bola itu, tapi bola masih tinggi di atas gawang Uruguay.

Belanda terus menyerang pertahanan Uruguay, Kuyt mengirimkan umpan silang dari sebelah kanan pertahanan Albiceleste menuju ke kotak penalti, namun sayang Robben kalah cepat dengan Muslera. Uruguay bukannya tak menyerang sama sekali, namun setiap kali mereka membangun serangan, jebakan offside bek Belanda menghalang alur serangan mereka.

15 menit pertandingan berjalan, namun masih belum ada serangan yang bisa mengancam gawang kedua tim. Giovanni van Bronckhorst mencoba ikut membantu serangan, dia melakukan tendangan berbau spekulasi di menit ke 18. Bola tendangannya menuju ke sisi kiri gawang Muslera dan masuk ke gawang setelah sempat membentur mistar gawang, 1-0 untuk Belanda.

Robben mulai ikut melancarkan penetrasi untuk menambah gol Belanda, tapi aksinya terpaksa dihentikan oleh Maximiliano Pereira di menit 22. Pereira pun mendapatkan kartu kuning atas tekel kerasnya tersebut.

Terjadi insiden kecil saat Martin Caceres akan melakukan tendangan salto ke arah gawang Belanda, Demy de Zeeuw yang mencoba menanduk bola tersebut malah menerima tendangan Caceres tersebut, Zeeuw pun terkapar di tengah lapangan. Sneijder yang tidak terima terhadap aksi Caceres mendorongnya hingga jatuh, akhirnya Caceres dan Sneijder keduanya dihadiahi kartu kuning oleh si pengadil.

Unggul 1-0 tetap tidak mengendurkan serangan Belanda, di menit ke 39 Kuyt menendang ke arah gawang Uruguay, namun tembakannya masih bisa ditangkap kiper Albiceleste tersebut. Uruguay juga tak tinggal diam. Sadar penetrasinya selalu dihentikan pemain Belanda, Forlan mencoba tendangan spekulasi jarak jauh. Tendangan ini tak bisa diantisipasi oleh kiper Belanda, Maarten Stekelenburg bola pun melesat keras ke gawangnya. Gol! Uruguay berhasil menyamakan kedudukan 1-1 untuk Uruguay.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama usai kedudukan tetap bertahan 1-1 untuk kedua tim.

Babak Kedua:
Terjadi pergantian pemain dalam babak kedua ini. Rafael van der Vaaart masuk menggantikan Demy de Zeeuw yang menderita cedera setelah insiden di babak pertama tadi. Uruguay langsung mendapat peluang saat 5 menit babak kedua berjalan. Bola pantulan dari Stekelenburg yang mencoba keluar menghadang pemain Uruguay jatuh di dekat Alvaro Pereira, ia menendang ke arah gawang yang sudah ditinggal sang kiper, namun masih ada van Bronckhorst, selamatlah gawang Belanda.

Menit ke 66, Uruguay mendapatkan peluang melalui tendangan bebas yang dilesakkan oleh Forlan. Stekelenburg masih bisa membaca kemana arah bola tersebut, bola pun dengan mudah ia tepis. Belanda langsung tersentak, semenit kemudian mereka menyerang. Van der Vaart mendapatkan peluang, tetapi Muslera masih bisa mengantisipasi tendangan pemain Real Madrid tersebut.

Belanda akhirnya mencetak gol kali ini melalui kaki Sneijder di menit ke 70, tendangan keras mendatarnya membentur kaki pemain belakang Uruguay sehingga mengubah arah bola. Muslera pun tak bisa menggapai bola tersebut.

Unggul 2-1 tak menyurutkan para Meneer untuk menambah gol mereka. Umpan silang terarah Dirk Kuyt disambut tandukan Robben, bola pun meluncur deras ke gawang. Belanda memimpin 3-1.Uruguay dapat memperkecil ketertinggalan mereka di injury time, berawal dari set piece Maxi Pereira berhasil memasukkan bola ke gawang Blanda. 3-2 untuk Belanda dan mereka melenggang ke final. (MB-5)
 
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
(03) Arjen Robben Dipastikan Gabung Tim Orange, Pirlo Tak Jadi Pulang
(02) Kemenangan Pertama Piala Dunia 2010
(01) Imbang Di Laga Pembukaan



***

2 komentar:

Warna Tulisan mengatakan...

selain Brazil yang sudah tersingkir tim favorit saya adalah Belanda dan Spanyol, semoga saja bertemu di parta puncak.

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Ayo balanda maju terus pantang mundur, wesley sneider is the best lah

Posting Komentar