Sukses Satu Cara, Gagal Satu Alasan | MalangBisnis | Media Partner Bisnis Anda
MALANG-BISNIS.COM - (ARTIKEL ENTREPRENEUR)Dalam setiap episode kehidupan yang kita jalani, pastilah ada masa di mana kita menghadapi berbagai halangan dan rintangan, Besar maupun kecil, ringan maupun berat. Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang sangat lumrah terjadi, bahkan dalam setiap perjuangan yang kita lalui, pada saat kita sedang berencana untuk mewujudkan semua impian, jalan terjal pastilah kita lewati.

Tak ada satupun hal semudah kita kira, bahkan meskipun semua sudah kita rencanakan dengan sangat sempurna. Hambatan, kesulitan, gangguan, kekeliruan, ketidakberhasilan, bahkan tak sedikit yang berujung pada kegagalan, mau tidak mau harus kita terima.

Lantas harus bagaimanakah kita bersikap dalam menghadapi semua hal tersebut? Hanya ada dua pilihan yang bisa kita ambil, Dua pilihan yang akan menghasilkan dua hal yang bisa terjadi sangat bertolak belakang.

"Orang Sukses Selalu Kelebihan Satu Cara , Orang Gagal Selalu Kelebihan Satu Alasan"

Berpikir menjadi Orang Sukses

Orang seperti ini akan selalu memiliki kelebihan satu cara dalam setiap rintangan yang menghadang,"Orang Sukses Selalu Kelebihan Satu Cara".

Berpikir menjadi Orang Gagal

Orang seperti ini akan selalu memiliki kelebihan satu alasan dalam setiap tantangan yang menerjang,"Orang Gagal Selalu Kelebihan Satu Alasan".

Kedua sikap tersebut mempunyai dampak yang sangat berbeda Sebab, meski mungkin problematika yang di hadapi sama,tetapi penyikapan yang di pilih akan membawa perbedaan dalam bersikap dan bertindak. Perbedaan ini akan terlihat dari sikap mental dalam menghadapi setiap masalah. Bagi yang bermental sebagai pemenang pastilah akan jauh lebih siap dari pada mereka yang bermental miskin.

Mereka yang bermental miskin atau yang berjiwa the looser akan selalu mempunyai dalih dan seribu satu alasan mengapa ia gagal dalam mewujudkan impian. Parahnya dalih itu bisa datang silih berganti seolah tiada habisnya. Satu masalah selalu di sikapi dengan satu atau bahkan lebih alasan tanpa ada solusi yang di tawarkan.

Satu problem yang muncul akan di jawab dengan seribu satu alasan yang hanya akan membawa diri pada problem lain yang seolah takkan terselesaikan. Seorang bermental miskin dan berjiwa kerdil akan selalu menemukan alasan mengapa dirinya bisa gagal. Dan parahnya hampir semua dalih yang di kemukakan bahkan dengan alasan yang masuk akal menunjuk pada pihak atau kondisi di luar dirinya. Inilah mental pecundang! Jelas mental seperti ini adalah mental yang akan mengantar seseorang terjerumus ke jurang kegagalan lebih dalam.

Sebaliknya,orang yang berjiwa pemenang dan bermental kaya, saat menghadapi rintangan, halangan bahkan kegagalan, mereka akan melihat kedalam diri terlebih dahulu. Mereka selalu mengutamakan instrospeksi dan evaluasi diri dengan mencari penyebab dari dalam diri.

Seseorang yang berjiwa the winner akan menilai segala sesuatu dengan selalu mencari kekurangan dan kesalahan dari sumber penyebab apa yang terjadi. Mereka akan dengan senang hati akan selalu berusaha mencari dan kemudian memperbaiki penyebab tumbuhnya masalah dan kegagalan.

Dengan begitu,mereka selalu muncul dengan solusi-solusi terbaik untuk mengatasi semua halangan dan rintangan. Hebatnya orang berjiwa pemenang ini seolah-olah bisa mengatasi semua masalah yang di hadapi,bahkan dalam kondisi apapun. Sebab,mereka selalu muncul dengan semangat mencari solusi.

Inilah yang membuat orang sukses akan semakin sukses karena ia selalu mempunyai kelebihan satu atau bahkan lebih cara untuk mencapai sukses sebenarnya. Kedua hal tersebut sejalan dengan pepatah barat yang berbunyi,

"The Winner sees answer for every problem,The looser sees problem is every answer"

seorang pemenang selalu melihat jawaban di setiap masalah. Sedangkan seorang pecundang selalu melihat masalah di setiap jawaban.Tentu, ini adalah sebuah pilihan sikap yang menentukasn akan menjadi bagaimana kita nanti.

Jika yang kita biasakan adalah memiliki satu alasan di setiaprintangan,pastilah kita akan semakin tenggelam dalam kesulitanan.Sebaliknya,jika kita selalu memiliki satu cara untuk mencari solusi di setiap halangan pastilah kita akan muncul sebagai seorang pemenang.

Bagi saya sendiri melalui proses perjuangan yang saya alami,semua itu mengantarkan pada pengertian bahwa sukses sejati sebenarnya adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan yang mampu kita atasi. Setiap halangan, rintangan, ujian dan cobaan berupa kesulitan dan kegagalan sebenarnya merupakan sarana terbaik dalam melatih dan mematangkan mental kita untuk menjadi pemenang sesungguhnya.

Maka, mari kita pastikan bahwa diri kita menjadi insan yang selalu kelebihan satu cara bukan kelebihan satu alasan(MB-98)-ARTIKEL ENTREPRENEUR, ARTIKEL MOTIVASI SUKSES...
ARTIKEL LAINNYA DIKATEGORI INI :
***

3 komentar:

Akoey mengatakan...

artikel yg bagus, smoga bs mnjadi motivator buat saya...
makasih atas shared-nya...

sang khalifah mengatakan...

hmmm thank banget kawan atas nasehatnya....mudah2an kita termasuk orng yng sellu kelebihan cara. amien

=====>>>[[sukses selalu]]<<<=====

Allien 99 mengatakan...

nice article.. sebenarnya tidak ada kata gagal cuma sejauh mana kita berusaha dan sejauhmana kita bersyukur atas hasil yang kita dapat. salam kenal sob.. :)

Posting Komentar